Mie Kepang Jayakarta, Sensasi Makan Mie dengan Topping Keju Panggang

July 10, 2018


EAT AND CULINARY
 
MIE KEPANG JAYAKARTA
SENSASI MAKAN MIE DENGAN TOPPING KEJU PANGGANG


Belakangan, KOTA JOGJA jadi salah satu jujugan wisata kuliner. Sederet makanan dan minuman, ‒kekinian maupun kekunoan, mampu menarik perhatian para penggemar kuliner, menggoda mereka untuk mencoba mengecapnya. Hidangan mie dengan topping keju panggang kini sangat nge-hits di kalangan pecinta kuliner kekinian. Salah satu gerai yang menjajakan mie dengan topping keju panggang ini adalah MIE KEPANG JAYAKARTA.


Ini dia mie kekinian dengan variasi topping keju panggang di atasnya! Mie yang disajikan di MIE KEPANG JAYAKARTA ukurannya sedang, teksturnya kenyal dan lembut, ‒enggak keras atau lembek. Sayuran tambahannya ada sawi hijau yang direbus, dan sedikit daun bawang. Mie disajikan dengan aneka topping pilihan seperti ayam, daging sapi, atau saus bolognese. Sebelumnya, mie sudah dicampur dengan bumbu (rahasia) berwarna kecoklatan dan sedikit berminyak. Di atas mie dan topping, masih ditambah lagi keju mozarella yang lezat! Keju kemudian “dipanggang” menggunakan api. Kuah kaldu bening bening yang gurih dengan campuran daun loncang segar disajikan terpisah di sebuah mangkuk kecil. Sebaiknya, langsung siram kuahnya begitu mie disajikan. Soalnya kalau kelamaan, mie-nya suka lengket dan nggak mau dipisahin gituh... Kuah kaldu yang bercampur bumbu mie rasanya gurih dan khas.

Baca Juga :

Keju mozarella yang dipanggang meleleh dengan sempurna, memunculkan aroma dan cita rasa gurih, bercampur dengan mie, lezat disantap... Untuk lidah orang Indonesia, rasa kejunya pas dan nggak bikin mual (kan ada tuh, karena kebanyakan keju jadi mual). Kalau Kawan Ransel pengen lauk tambahan,  MIE KEPANG JAYAKARTA menyediakan bakso, pangsit goreng, dan pangsit basah. Oh, ya, pelanggan juga bisa memilih level pedas sesuai dengan selera. Untuk minumannya juga cukup bervariasi. Mulai dari es dan/atau teh dan jeruk (minuman standar yang kayaknya nggak pernah absen dari warung makan), susu, dan lain-lain. Mie Kepang Jayakarta disajikan dalam mangkok yang kayaknya ukurannya kegedean, porsinya jadi kelihatan sedikit. Padahal kalo’ dimakan cukup kenyang juga, ‒bagiku. Enggak tau deh kalo’ porsi cowok, kayaknya kurang deh, hehehe...


Gerai MIE KEPANG JAYAKARTA Cabang Kusumanegara didominasi warna kuning.
Pada bagian atas bangunan terdapat papan penanda yang warnanya juga kuning. Gerainya menempati sebuah tempat “jadoel” yang tidak terlalu luas. Tapi ternyata cukup nyaman karena penataan ruang dan pencahayaan yang tepat. Langit-langit didekorasi dengan kain berwarna putih, yang menambah kesan luas. Ada cukup banyak meja dan kursi yang bisa digunakan.

Kenapa bangunannya kusebut jadoel?
Karena deretan pertokoan di sana sudah ada sejak lama, dan bergaya lama pula. Untuk masuk ke dalam, kita harus melewati beberapa undakan tangga. Pintu depan gerai juga masih terbuat dari kayu. Maaf, OOT... Kembali ke ulasan yuk... Di MIE KEPANG JAYAKARTA cara order menunya langsung pesan di kasir, dan langsung bayar pesanan, ya. *Kayak pesen di restoran fast food itu loh... Pelanggan akan diberi nomor meja, jadi bisa pilih mau duduk dimana saja.

Ayo, habiskan makananmu...

Di KOTA JOGJA, ada dua gerai MIE KEPANG JAYAKARTA. Gerai pertama ada di Jl. DI Pandjaitan, Yogyakarta. Gerai kedua ada di Jl. Kusumanegara No. 29, Yogyakarta (Baru). Saat pembukaan gerai ke-dua, aku dan kawan-kawan dari Komunitas Google Local Guide Yogyakarta datang berombongan dan mengadakan food crawl. Event ini adalah ajang meet up pengguna aplikasi Google Local Guide, kegiatannya berkumpul sembari menyantap makanan dan minuman, kemudian me-review-nya di akun Google Local Guide masing-masing. Saat food crawl, aku sempat mencicipi menu lain yaitu mie saus bolognese, dan juga baksonya. Basic mie dan bumbunya sebenarnya sama saja, yang membedakannya adalah toppingnya. Kalo’ topping saus bolognese ini menurutku tidak terlalu istimewa, bahkan rasa bolognesenya nggak terlalu terasa. Jadi memang menu juaranya adalah Mie Keju Panggang!


Berapa bandrol yang harus direlakan untuk menikmati seporsi Mie Keju Panggang?
Cukup terjangkau, mulai 10K (makanan), dan mulai 3K (minuman).
MIE KEPANG JAYAKARTA buka setiap hari mulai pukul 10 pagi dan tutup jam 10 malam.
Gerai ini menyediakan toilet dan mushola, berikut mukena untuk perempuan. Tapi, berdasar laporan temen-temen yang cowok, di mushola nggak disediakan sarung, bok!

LOKASI MIE KEPANG JAYAKARTA
Jl. Kusumanegara No. 29 Yogyakarta

[ Map ]


Lokasi MIE KEPANG JAYAKARTA Cabang Kusumanegara bisa dibilang cukup strategis. Tak jauh dari pusat kota, berada di pinggir jalan raya kota, dekat dengan kompleks sekolah dan universitas, bahkan perkantoran. Kendalanya mungkin pada lahan parkir yang terbatas. Ngg, bahkan gerai ini nggak punya lahan parkir! karena lokasinya tepat di pinggir jalan raya kota. Lahan parkir motor menggunakan bahu jalan raya, kalau penuh biasanya dinaikkan di trotoar. Buat mobil, kayaknya juga agak susah parkirnya karena pasti parkir di bahu jalan. Padahal, Jalan Kusumanegara yang nggak terlalu lebar, dan selalu ramai kendaraan umum maupun kendaraan privat. Saranku, kalo’ mau ke sini bawanya motor aja yaa...


‒ Teks dan Foto oleh : Nisya Rifiani / Juli 2018 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

9 comments

  1. Duh, enaknya mba. Pagi-pagi baca kuliner kayak gini, bikin ngiler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eitss, jangaann makan dulu, masih pagi, hihihi
      .
      Makasih mba udah mampir blog-ku...

      Delete
  2. Ih, lucu yaaa nuansanya kuning-kuning gitu, kekinian. Di Cimahi belum ada nih Mie Kepang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beda ama kedai makan lainnya, yang kebanyakan didominasi warna merah..
      Semoga segera buka cabang di deket sana, di jogja udah ada beberapa cabang dan laris banget...

      Delete
  3. Duuuh aku langsung ngebayangin gurih2 keju nyaaa.. Keju mah fav ku banget, jd mau diapain aja udh yakin banget pasti enaaak :) . Sayang jauh mba.. Kalo kapan2 ke jogja pasti aku datangin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong mb, aku juga penggemar qeju, tapi kalau menurutku kombinasi makanannya nggak cucok ya nggak aku makan... Di jogja malah udah ada tiga cabang ini...

      Delete
  4. Ada di jalan Panjaitan?
    Kok kayaknya belum pernah liat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan keterangan pengelolanya seperti itu...
      Kalau dilihat di peta google, lokasinya di dekat SD.

      Delete
  5. "Selamat siang Bos ��
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe