Sate Kanak, Varian Baru Sate Merah di Sate Ratu Jogja

February 15, 2020

SATE KANAK, VARIAN BARU SATE MERAH DI SATE RATU JOGJA 

SATE RATU JOGJA memperkenalkan menu baru, namanya SATE KANAK.
SATE KANAK ini merupakan Juara Kompetisi Ngulik Rasa yang diselenggarakan oleh Unilever Food Solution pada November 2019. Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh lebih dari 2900 perserta yang bersaing di 3 kategori, yaitu soto, sate, dan nasi goreng. SATE KANAK yang merupakan kreasi dari Febian Budi Seputro, Pemilik Sate Ratu, berhasil keluar sebagai Pemenang Kategori Sate. Usai kompetisi, Sate Kanak diperkenalkan sebagai menu baru di Outlet Sate Ratu Jogja.

Baca Artikel Sebelumnya :

#



Apa yang membedakan Sate Kanak dengan Sate Merah?
SATE RATU begitu populer dengan menu Sate Merah-nya yang melegenda. Sate ayam yang disajikan di SATE RATU JOGJA memang beda dengan jajaran sate ayam lainnya, jenis sate dan cita rasa yang disajikan sangat khas dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Saat masuk ke mulut, rasa manis buru-buru menyerbu indra perasa. Namun, belum sempat ia menguasainya, rasa pedas tiba-tiba menyusulnya dengan cepat. Keduanya berpadu, menyatu, seolah menciptakan harmoni meski karaktertistiknya beda, manis-pedas. 

Daging ayamnya sendiri terasa lembut, empuk, namun tetap juicy dan mudah dikunyah. Bagi sebagian orang, SATE MERAH memiliki rasa yang begitu pedas. Menurut Pak Budi, ada banyak konsumen yang meminta sate merah dalam versi tidak pedas. Permintaan ini lantas menginspirasi Pak Budi, ia pun mengkreasikan sate merah baru. Maka lahirlah sate kanak ini...

Sate Kanak terdiri dari potongan paha ayam yang besar, dibalut dengan bumbu khas Sate Ratu. Racikan bumbunya masih diperkaya dengan kecap, gula jawa, dengan aroma jeruk limau. Bedanya dengan Sate Merah adalah, SATE KANAK level kepedasannya tidak lebih pedas daripada Sate Merah. Rasanya lebih ramah dan dominan rasa manis dan gurih meski tidak menghilangkan rasa pedas yang ada pada Sate Merah. Sate Kanak memang menyasar segmen penggemar kuliner non-pedas, juga anak-anak dan remaja, biasanya mereka tidak atau belum bisa mengonsumsi kuliner pedas.

Tampilan Sate Kanak sendiri hampir sama dengan Sate Merah, dari warna, ukuran daging ayam, hingga tusukan yang digunakannya, serupa! Untuk membedakannya dengan Sate Merah, Pak Budi memberikan tanda pada pangkal tusukan berupa warna hitam legam sepanjang setengah sentimeter. Tapi jika diamati lebih jeli, SATE KANAK berwarna lebih kecoklatan. Sedangkan Sate merah tentu berwarna lebih merah.


#



Pak Budi menyarankan untuk menikmati sate saat masih hangat. Sate yang dinikmati sangat hangat memberikan sensasi "mentul-mentul" saat daging ayamnya digigit. Sebaliknya, sensasi itu akan hilang saat sate sudah dingin. Untuk menikmati SATE RATU, baik itu Sate Merah maupun Sate Kanak, enaknya dinikmati bersama nasi hangat dan sup kaldu hangat. SATE RATU juga punya menu sup kaldu. Isinya kuah kaldu dengan potongan daun bawang dan bawang goreng, dengan rasa yang gurih dan cenderung asin.




HARGA MENU DI SATE RATU JOGJA 

No.
Menu
Harga
1.
Sate Merah
Rp 25.000,- (Isi 6 Sate)
2.
Sate Kanak
Rp 25.000,- (Isi 6 Sate)
3.
Lilit Basah
Rp 25.000,-
4.
Ceker Tugel
Rp 25.000,-
5.
Sup
Rp 5.000,-
6.
Sambal
Rp 5.000,-
7.
Minuman
Rp 5.000,-


SATE RATU JOGJA
JOGJA PARADISE FOODCOURT 
Jl. Magelang Km. 6, Sinduadi, Mlati, Sleman, DIY.

Jam Operasional :
SENIN - SABTU Jam 11.00 - 21.00
( Minggu Libur )

SATE RATU  menempati sebuah outlet di Jogja Paradise Foodcourt, Jl. Magelang Km. 6, Sinduadi, Mlati, Sleman, DIY (Timur Jalan). Sangat mudah untuk menemukannya karena ada papan penunjuk tempat. Letak Outlet Sate Ratu Jogja agak masuk ke dalam, namun mudah ditemukan. Tinggal masuk dan lurus saja ke dalam...

[ Map ]




‒ Teks & Foto oleh : NISYA RIFIANI / Februari 2020 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::


You Might Also Like

20 comments

  1. Nyami... kelihatannya lezat banget satenya.saya kira sate itu cuma satu macam. Ternyata banyak variannya.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya enak sekali ya kak sate kanak , varian baru sate merah di sate ratu jogja . Aku masukin list kulineran ku nie kak kalau ku ke jogja aku mau mampirin.

    ReplyDelete
  3. 25 ribu 6 tusuk cukup mahal juga menurut sepengalaman saya ya mba. Sate padang saja 25 ribu itu dapat 8 tusuk. Tapi kalo memang rasanya benar-benar spektakuler mah, harga berapapun gak masalah, pasti penikmatnya tetap pada mau beli.

    ReplyDelete
  4. Baru denger sate merah dan sate kanak ini. Rasanya kayak manis kecap gitu ya mbak? Saya cukup familiar ama sate madura, tapi blom pernah mencicip sate di daerah lain di pulau Jawa. Kalo ke jogja, kayaknya bisa nih kesini.

    ReplyDelete
  5. eh sy sering ke Yogya tapi baru tau ada sate kanak...wah harus mampir nih..bacanya aja sdh bikin ngiler.. gimn rasanya ya..pasti sedap nih

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ngerasain kuliner sate yg rasanya mentul mentul kayak gini. Kalau ke Yogyakarta harus nyobain nih

    ReplyDelete
  7. Sate kanak, tadi ya langsung ngeh aja kalau satenya nggak pedas.kan buat kanak-kanak (baca anak-anak) hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah...dari manis lalu pedas menyergap. Aku mauuu sate kanak. Kalau merah, engga deh. Suka pedas sih, tapi skrng jadi batuk kalo makan pedas. Bookmark ah kalau ke Yogya...

    ReplyDelete
  9. Ya ampun auto laper baca ini pagi-pagi. Pengen sate merah sama sate kanaknya yummy ih, nanti kalau ke Jogja mau ke sini ah, noted :)

    ReplyDelete
  10. Wah, patut dicoba sih ini kalo pergi ke jogja. Penasaran sih, sebeda apa sama sate-sate lainnya

    ReplyDelete
  11. Foto satenya menggiurkan, lihat foto saja sudah terbayang enaknya. Mudah-mudahan ada kesempatan ke Jogja dan mencoba sate kanak ini nanti. Insyaa Allah.

    ReplyDelete
  12. Jogja... Selalu dan masih bikin kangen. Makanannya pun enak dan dan murah. Pengen nyobain menu sate ini juga kalo ke sana

    ReplyDelete
  13. Jogja banyak kuliner dengan beranekaragam makanan dan minuman khas jogja terutama sate merah ratu dan sate kanak untuk yang tidak terlalu suka pedas banget.

    ReplyDelete
  14. Udah denger nih tentang sate ratu yang melegenda di Yogyakarta, tapi kemarin waktu liburan ke sana, belum sempat mampir. Next mesti coba berarti ya, soalnya katanya memang enak banget

    ReplyDelete
  15. Sate Merah, sate kanak hmnn
    Asli laper bacanya. Banyak skali ya olahan sate, kita emang kaya... Selama ini saya paling suka sate Padang. Moga ksampaian kelak makan sate merah ini

    ReplyDelete
  16. Oh my... saya salah BW pagi2 laper begini melihat postingan ni :)

    Sate kanak dan merah dengan rasa pedas dan manis yg beda ini layak dicoba semuanya.. Gak bisa pesen cuma 1 jenis tampaknya :)

    ReplyDelete
  17. Baru kali ini tahu, makan sate dengan kuah kaldu.

    Kalau pas ke Jogja, harus disempatkan mampir nih

    ReplyDelete
  18. Sateeee.. apapun jenis sate aku suka!! Yg ini kayaknya menggugah selera bgt. Bisa pesen online juga kan??

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe