Omah Baciro Kotabaru, Mengecap Manisnya Nasi Goreng Ala Dapur Pak Beye (Part 2)

June 20, 2018


EAT AND CULINARY

OMAH BACIRO KOTABARU [ PART 2 ]

MENGECAP MANISNYA NASI GORENG ALA DAPUR PAK BEYE

Di artikel sebelumnya, aku sudah cerita tentang suasana dan fasilitas salah satu resto yang lokasinya ada di tengah-tengah Kota Jogja, OMAH BACIRO.
Nah, kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku jajan di Omah Baciro.
Suatu waktu di penghujung bulan dua, saat jam makan siang tiba, aku dan kakak segera melenggang meninggalkan kantor. Kami bergegas menuju Omah Baciro, sudah beberapa menit sejak tiba di sana tapi kami belum memutuskan akan memesan makanan dan minuman apa. Habis gimana, pilihannya banyak banget...
Menu apa saja yang ada di sana?? Yuk, simak ulasanku...

MENGECAP MANISNYA NASI GORENG ALA DAPUR PAK BEYE


DAPUR PAK BEYE di OMAH BACIRO KOTABARU menyajikan hidangan dengan taste Indonesia Banget! << kayak program acara televisi ya, hihihi. Menu main course yang ditawarkan banyak banget, yang special di sini ada tongseng dan gulai ayam kampung, serta kicik dan rica-rica balungan ayam kampung. 

Menu lain ada sop, sate ayam, nasi goreng, bakmi goreng dan godog (rebus), capcay kuah dan goreng, dan masih banyak lagi. Snack lokal juga nggak kalah gayeng, ada lumpia, otak-otak, tahu bakso, chicken wings, tempe mendoan, dan cireng bumbu rujak. Kudapan itu juga bisa dijadikan makanan pembuka lho. Menu main course dibandrol mulai 13K sampai 24K. Harga snack mulai 12K sampai 24K.

Baca Juga :

Sementara beverage alias minumannya, DAPUR PAK BEYE punya satu rekomendasi yang ciamik : Teh Poci Gula Batu! Selain itu ada es/wedang teh, jeruk, dan aneka es campur. Minuman tehnya sendiri juga bervariasi lho, mulai dari lemon tea, ginger tea, lychee tea, vanilla tea, strawberry tea. Minuman yang bernuansa tradisional juga ada, seperti susu jahe, wedang uwuh, kunyit asem, dan beras kencur. Belasan pilihan jus buah dan infused water juga bisa dipilih sesuai selera. Harga minuman mulai dari 5K sampai 20K.
Duh kan jadi bingung milihnyaaa...


Pilihan Kakak jatuh pada nasi goreng ayam kampung untuk main course-nya. Habisnya, Kakak penasaran dengan rasa nasi goreng ala restoran seharga 20K. Dan ini dia review Nasi Goreng Ayam Kampung DAPUR PAK BEYE, menurut aku dan kakak...

Nasi goreng disajikan dalam piring blek jadul yang kemudian diberi alas daun pisang, sayangnya tidak pakai daun pisang segar tapi pakai daun pisang kering yang mulai menguning. Isiannya ada nasi, kol (kubis), dan suwiran daging ayam kampung (tapi cuma dikit). Untuk taste-nya terbilang enak, meski akan terasa lebih mantap lagi kalau pakai bumbu yang lebih berani. Rasa nasi goreng lebih mengarah ke manis ‒yang berasal dari kecap, pun sudah terlihat pula dari tampilannya yang didominasi warna coklat. Rasa tersebut berpadu dengan rasa gurih (mungkin berasal dari daging ayam kampung). Jadi berasa ala jogja banget gitu...

Topping-nya ada irisan tomat dan mentimun, serta krupuk. Masih ditaburi dengan bawang merah goreng dan daun seledri cincang. Poin minusnya mungkin dari besaran porsinya yang nggak terlalu banyak. Dengan harga 20K, rasanya kurang mantap, kurang banyak, kurang kenyang. Mungkin kalau beli di kedai biasa, porsinya jauh lebih banyak. Aku dan kakak sama-sama pesan minuman dari DAPUR PAK BEYE, Kakak pesan es jeruk nipis (10K) dan aku pesan jus jeruk (15K). Dua minuman ini rasanya seger banget dan cocok dengan menu makanan yang kami pesan.

#

PASTA GIO, SAJIAN PASTA ITALIA YANG MENGGODA SELERA


Untuk menu makanan, aku pesan dari PASTA GIO. Memang saat itu aku lagi kepingin makan pasta, dan pilihanku jatuh pada menu Penne and Chese. Seperti tajuk menunya, pasta yang disajikan adalah pasta jenis penne dengan campuran keju yang banyak. Di atasnya diberi topping beberapa lembar smoked beef, biasanya diberi garnish parsley (tapi entah kenapa tidak ada pada kali terakhir aku dan kakak ke sana, mungkin lupa). Bagiku, Penne and Chese yang disajikan di sini taste-nya enak (meski sebenarnya nggak pernah tahu rasa pasta yang otentik itu seperti apa). Pastanya aldente, kejunya menyatu dengan pastanya, porsinya cukup besar dan bikin kenyang, perfect! *Aku aja sampe minta tolong kakak buat bantuin habisin menu ini, hihihi. Bandrol harga Penne and Cheese 22K, dan hanya tersedia dalam satu ukuran.

PASTA GIO menyuguhkan menu aneka pasta dan steak. Untuk appetizer (makanan pembuka) ada soup dan bruschetta, dan aneka side dish. Steak didominasi steak ayam, tapi ada juga steak daging (sapi). Pilihan main course lainnya ada roast chicken dan panfried. Ada puluhan menu pasta yang bisa dipilih, ukuran pasta mulai dari kiddo (kecil), medium (sedang), dan reguler (besar). Pasta Gio juga punya aneka menu minuman squash, mocktail, smoothies, dan italian soda.

Untuk dessertnya, aku pillih dari DOLCE VITA.


Hungry Yakuza
Waffle with matcha ganache, toasted almond sliced, & vanilla ice cream.

#

‒ Teks oleh : Nisya Rifiani / Juni 2018 ‒
‒ Foto oleh : Nisya Rifiani & Wawan Setyawan ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::



You Might Also Like

4 comments

  1. Hmmm, nasi gorwngnya manis yaa. Aku kurang seneng kalo nasgor yg terlalu berasa kecap gitu :D. Lidah sumatra yg udh terbiasa ama gurih dan pedas :p. Jd kalo kesana kayaknya aku juga bakal pesen pasta2nya sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, taste-nya lebih ke manis. Aku pun orang jogja tapi nggak terlalu suka nasi goreng kecap, lebih suka gurih dan pedas (jadi samaan yaaa)

      Delete
  2. Selama di Jogja aku belom pernah mencoba makan di sini hihi... Aku pecinta nasi goreng ala magelangan karena tinggal dan besar di sana dulu. Jadi picky kalau makan nasgor. Kalo ga sesuai ala magelang kaya kurang haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tim Magelangan sebaiknya nggak pesen menu ini deh... ini pun terlalu manis rasa nasi gorengnya...

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe