Soto Daging Sapi Pak Ngadiran, Warung Soto Legendaris yang Letaknya Tersembunyi

August 15, 2018


EAT AND CULINARY

SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN
WARUNG SOTO LEGENDARIS YANG LETAKNYA TERSEMBUNYI

Pagi-pagi, KAWAN RANSEL sering bingung mau sarapan apa? Atau sarapan dimana?
Warung soto legendaris yang selalu ramai pengunjung ini mungkin bisa jadi alternatifnya, SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN.


SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN menyajikan soto kuah bening dengan topping potongan daging sapi. Rasa kuah kaldu dari daging sapi yang gurih, adalah cita rasa khas yang ditonjolkan sehingga membuat soto ini jadi favorit di kalangan para pelanggannya. Kuahnya sebenernya tidak terlalu bening, bahkan cenderung berwarna kuning dan sedikit berminyak. Untuk isian soto kurang lebih sama dengan warung soto lainnya, ada nasi, kol (kobis), dan tauge kecil, ditaburi sedikit daun seledri cincang dan bawang merah goreng. Potongan daging sapinya bertekstur lembut dan rasanya gurih, jumlah potongan dagingnya pun cukup banyak, lho.

Seporsi SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN yang nikmat dijamin bikin ketagihan. Seporsi soto daging +plus nasi dibandrol mulai Rp. 10.000,-. Kita pun bisa memesan porsi soto yang sesuai dengan selera, mulai dari soto setengah porsi, satu porsi penuh, soto tanpa nasi, soto tanpa daging sapi, soto dan nasi terpisah, dan lain-lain. Jangan lupakan pelengkap makan soto, ada iso goreng dan babat goreng, rasanya gurih dan legit! Harga iso goreng maupun babat goreng dibandrol @ Rp. 10.000,-. Porsinya tidak terlalu besar, dan disajikan menggunakan cawan berukuran tanggung.


Harga soto berikut pelengkapnya memang terbilang agak mahal, apalagi untuk standar harga di Jogja, dan juga untuk sasaran pelanggan mahasiswa di Jogja. Tapi harganya masih terjangkau dan sebanding dengan rasa yang disajikan, enak! Apalagi topping-nya pake daging sapi, Tjoy~ Pesanlah soto berikut iso goreng atau babat gorengnya kalau kalian jajan di Warung SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN, mahal nggak apa-apa daripada menyesal setelah pulang. Yang khas di warung ini, makan sotonya tidak menggunakan sendok biasa melainkan menggunakan sendok bebek.

Jangan lewatkan pula tempe goreng tepung yang rasanya juga gurih mantap, apalagi saat masih hangat. Satu buah tempe goreng tepung dibandrol murah saja, cuma Rp. 500,-. Tempe goreng tepung bisa dinikmati dengan cara dimakan sebagai lauk soto, atau dicocol dengan sambal yang disediakan di setiap meja. Sambal di Warung SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN juga beda dan punya ciri khas lho. Tidak seperti warung soto lainnya yang mayoritas menggunakan cabai merah, sambal di warung ini menggunakan cabai hijau! Tekstur sambalnya masih sedikit kasar dan agak berminyak, rasa pedasnya pun nggak main-main.

Iso Goreng

Babat Goreng

Bagi penggemarnya, SOTO DAGING PAK NGADIRAN ini memang enak dan segar. Tapi saya sedikit berbeda pendapat, rasa kuah dan daging sapi memang gurih, saya suka. Tapi menurut saya kurang mantap, kurang garam, dan ada sesuatu yang kurang, ‒entah apa. Saya biasanya menambahkan garam sampai rasa sotonya cocok dengan selera kuliner saya. Nasi di sini terbilang lembek, tapi ada yang padat dan mengepal-ngepal, *kayak menggumpal-nggumpal gitu lho... Kuah yang disajikan dikit, hhmmm, jadi kalo’ makan soto di sini biasanya saya nambah kuah, hehehe ← Penggemar kuah sejati...

Walaupun demikian saya tidak bilang soto ini tidak enak lho. ENAK! Hanya saja, kurang cocok dengan selera kuliner saya. *Nyatanya saya beberapa kali berkunjung kemari.

Tapi untuk pelengkapnya, ini favorit banget, mulai dari iso goreng, babat goreng, maupun tempe gorengnya, semua enak! Di setiap meja tersedia kecap, sambal, dan potongan jeruk nipis kecil-kecil. Tissue hanya disediakan di samping kasir, itu pun hanya satu kotak saja. Ada satu washtafel, letaknya di sebelah kanan pintu masuk. Uniknya, pelayanan di warung SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN ini semi swalayan. Jadi, kita memesan soto di bagian pemesanan ‒yang menyatu dengan bagian dapur (dan kasir), tetapi nanti soto akan diantar oleh karyawan ke meja yang kita pilih.

Tempe Goreng Tepung yang Legit Menggigit

Namun, kita wajib mengambil minum dan gorengan sendiri. Tapi tenang saja, deretan minuman dingin dan/atau wedang teh, jeruk, maupun air putih, berikut pipet (sedotan) sudah disiapkan oleh karyawan warung. Kita tinggal ambil saja... Begitu juga dengan gorengannya, beserta piringnya, sudah disediakan. Harga minuman mulai Rp. 2.000,-.

SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN
Jl. Sanca Caturtunggal VII No. 120 B, Karanggayam, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY.
Buka setiap hari mulai jam 06.00 sampai 17.00.

Lokasi Soto Daging Pak Ngadiran
[ Map ]


Warung SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN terkenal juga dengan sebutan “Soto Kutut” karena lokasinya berdekatan dengan tempat kontes burung (kutut) bersiul. Unik, ya!

Kabarnya, SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN ini sudah berdiri sejak tahun 1992, wah sudah puluhan tahun! Pelanggannya berasal dari berbagai kalangan, kebanyakan mahasiswa karena mereka memang banyak yang tinggal di kos-kosan di sekitar lokasi warung. Pelanggan lainnya ada karyawan, atau mantan mahasiswa, ‒yang dulunya sering jajan di sini dan ketika ada kesempatan mereka kembali lagi untuk sekedar nostalgia. Kabarnya lagi, rasa soto di warung ini juga tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang.

Sambal Ijo yang Khas. Ada minyak-minyaknya gitchuu...

Mungkin itu sebabnya Warung SOTO DAGING SAPI PAK NGADIRAN punya pelanggan tetap. Lokasi warungnya memang nyempil di tengah-tengah pemukiman warga, agak sulit ditemukan. Tapi tenang saja, tempat ini bisa diakses dengan aplikasi maps. Di depan warung disediakan parkir motor dan mobil, cukup luas untuk menampung belasan motor dan beberapa mobil.

Baca Juga :

Warung SOTO DAGING PAK NGADIRAN cukup besar, ada banyak meja dan kursi tersedia di sana. Kali terakhir ke sana, saya merasa warungnya terkesan kotor dan jorok. Meja-meja dan kursi juga terlihat usang, mungkin jarang diganti. Di sudut-sudut ruangan ada beberapa barang nggak terpakai (baik di dalam maupun luar ruangan). Saat jajan di warung ini, ada kalanya tercium bau-bauan yang tidak mengenakkan di hidung, dan bagi saya cukup mengganggu kenyamanan.


Alangkah senangnya jika barang-barang yang tak terpakai itu dibersihkan, bau-bauan tak sedap menghilang, sepertinya pengunjung pun akan lebih nyaman saat menikmati makanan. Namun terlepas dari hal-hal minus itu, kuliner soto lawas nan legendaris ini patut kamu coba! Silakan KAWAN RANSEL datang dan rasakan sendiri cita rasa dan suasana di sana. Selamat berkuliner ria~

‒ Teks dan Foto oleh : Nisya Rifiani / Juni 2018 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::


You Might Also Like

9 comments

  1. kayaknya pernah makan di situ.
    .
    .
    oh iya. Pernah.

    ReplyDelete
  2. Walaupun tersembunyi kalau rasanya enak biasanya tetap banyak yang cari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak... Bahkan di jogja, kuliner yang di desa-desa itu masih diburu. Klo soto ini mendingan, meski mblusuk tapi masih ada di tengah kota..
      .
      Terima kasih atas kunjungannya... :)

      Delete
  3. boleh juga nih kapan-kapan dicari kalo pas ke jogja lagi...

    ReplyDelete
  4. Slotpulsa99 adalah situs bandar yang menyediakan game slot online terpercaya. Dan tentunya situs kami tersebut menyediakan Deposit Pulsa supaya pemain menjadi lebih mudah untuk deposit dan tidak perlu ribet ribet lagi.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe