Burger King. Burger Whooper dengan Acar Khas. Hhmmm, Enak!

June 08, 2019


FAST FOOD
[ QUICK REVIEW ]

BURGER KING
BURGER WHOOPER DENGAN ACAR KHAS. HHMMM, ENAK!

KAWAN RANSEL pasti udah tahu BURGER KING, dong…

BURGER KING merupakan rumah makan siap saji kelas internasional yang asalnya dari Florida, Amerika, Burger King menjual burger, kentang goreng, dan minuman ringan. Menunya sebenernya hampir sama dengan restoran fast food merek dagang internasional lainnya, −udah tahu kan restoran mana aja yang aku maksud. Varian menu lainnya juga serupa, seperti snack, salad, ice cream. Burger King juga punya menu paket untuk anak-anak, seperti nugget, outmeal, burger jr., dan susu putih atau cokelat rendah lemak yang disukai anak-anak.

BURGER KING masuk pasar dalam negeri sejak tahun 1980-an, *kamu nggak tahu kan, bhohoho! Jadi sebenernya dia bukan pemain baru lagi di pasar restoran fast food di Indonesia. Tahun 1998, Burger King di Indonesia sempet tutup karena terdampak krisis moneter, dan kembali beroperasi pada tahun 2007. Gerai pertama setelah lama vakum berlokasi di Senayan City, Jakarta. Setelah itu, Burger King jadi booming lagi…

Sekarang, BURGER KING membuka banyak cabang, terutama di kota-kota besar seperti Medan, Semarang, Surabaya, dan lain sebagainya, dan di kota-kota yang tengah berkembang seperti Solo, Gresik, Cirebon, dan kota-kota lainnya, ada lebih dari 40 gerai. Di KOTA JOGJA, −kotaku yang kucinta, pujaan hatikuuu, Burger King baru menyemarakkan kuliner di kota pelajar ini sekitar tahun 2017. Beberapa gerainya buka dalam waktu yang hampir bersamaan di penghujung tahun…


Aku beberapa kali mencicipi burger di gerai ini. Setelah beberapa lama, ceritanya aku lagi kepingin banget nih makan di Burger King. Meski bukan BK Lovers (sebutan buat pecinta Burger King), boleh dong ya makan di sini sesekali… Karena gerai paling dekat dan paling strategis ada di Mall Ambarukmo Plaza, jadi aku memutuskan untuk makan di sana, *mumpung ada proomooo juga. Gerai BURGER KING di Ambarukmo Plaza ada di ground floor, bagian depan. Kalau KAWAN RANSEL masuk dari pintu depan, lalu melirik ke sebelah kiri, itu udah pasti kelihatan gerainya tuh!

Baca Juga :
Kenalkan Empat Menu Utama di Soft Openingnya

Gerai BURGER KING di Ambarukmo Plaza cukup luas, dia kayaknya menempati empat kavling, −tiga untuk tempat makan dan satu dapur. Gerainya bersih, buat makan sambil nongkrong kayaknya cocok. Bahkan, saat aku ke sana, ada yang sambil makan sambil kerja, atau bikin tugas, soalnya dia menyalakan laptop. Suasana di sana santai dan nyaman, mau sendirian, berdua sama teman atau pacar, berempat sama kawan-kawan, atau malah berombongan, tetep bisa santai… Mungkin karena posisinya pas di pojokan, jadi tidak banyak orang berlalu-lalang di koridor depan, kecuali pelanggan.


Sesampainya di Gerai BURGER KING di Ambarukmo Plaza, aku langsung menghampiri tempat pemesanan. Tidak terlalu penuh, dan aku hanya mengantre satu orang di depanku. Aku tidak menunggu begitu lama sampai giliranku tiba. Aku pesan satu Burger Whooper jr., aku juga pesan ayam goreng dan soft drink, −aku pesen cola, dan vanilla ice cream. Pelayanannya ramah dan cepat *ya iyalah, namanya aja fast food ^^. Setelah membayar, kita membawa pesanan kita sendiri ke tempat duduk. Aku pun mencicipi menu pesananku satu persatu.

Burger Whooper adalah salah satu menu andalan di BURGER KING. Ada dua ukuran, −besar (large) dan kecil (junior), aku pesan yang kecil supaya tidak kekenyangan. Versi mini ini dinamakan Burger Whooper Jr. Mari kita icipin…

Roti burger BURGER KING terbilang cukup lembut, dan biji wijen putih hampir memenuhi roti bagian atas. Daging gilingnya punya ciri khas, lebih kaya rasa dan ada saus berwarna coklat yang rasanya sedikit manis, jadi tidak terlalu hambar. Konon pematangan dagingnya dengan cara dibakar dengan api langsung, bukan digoreng atau dipanggang dalam oven. Dalam lapisan burger ada sayurannya, seperti lettuce, tomat, dan bawang bombai, dan satu lagi, pickles, −ini semacam asinan / acar mentimun *cmiiw. Beberapa sayuran ini membuat dimensi rasanya menjadi kaya, dan memberi rasa segar. Burger dilengkapi dengan saus tomat dan saus mayonnaise.

Lengkap, ya! Meski demikian, menurutku rasanya biasa aja, hampir sama dengan burger gerai lain, bahkan dengan harga yang sama bisa dapat burger yang lebih worth it. Mungkin yang bikin beda adalah pickles-nya. Tapi cukup mengobati rasa kangen apalagi kalau lama nggak makan di BURGER KING.


MENU

Menu andalan BURGER KING tentu BURGER, dong…

Burger King Meals & King Deals
Jenis menunya ada 6 : King Meal Whooper, King Meal Cheeseburger, King Deal Whooper, King Deal Cheeseburger, King Deal Chicken, dan King Deal Fish Fillet. Harga mulai Rp. 21 Ribu – Rp 40 Ribu. Kalau kurang puas, kamu bisa pesan Burger King Special…

Burger King Special
Jenis menunya ada 6 : Wicked Mozarella, Double Wicked Mozarela, Mozarella Cheeseburger, Spicy Mozarellam Whooper Meal, dan Double Whooper. Harga mulai Rp. 60 Ribu – Rp. 72 Ribu. Burger King juga punya menu burger ikan dan ayam…

Burger King Fish and Chicken
Jenis menunya ada 4 : Chicken Tendercrips, Quattro Chicken, Tendercrips Steakhouse, dan Fish Fillet. Harga mulai Rp. 38 Ribu – Rp. 56 Ribu.

Snack & Dessert
Di jajaran snack dessert ada ayam dan chicken wing *ayam masuk snack, bok! Buat penggemar ice cream, Burger King juga punya menu aneka ice cream

Beverege
Menu minuman juga cukup bervariasi, ada lemon tea & jasmine tea, orange, milk (milo), soft drink (sprite, fanta coke, cola coke, cola zero), dan mineral water. Harga mulai Rp. 8 Ribu – Rp. 20 Ribu.

BURGER KING juga punya Paket Promo, biasanya dipesan untuk momen tertentu. Dan Paket Bundle : single, double, berempat, bersepuluh, berduapuluh, biasanya dipesan untuk rombongan dengan banyak orang. Harganya bervariasi, tapi pesan menu paket biasanya lebih hemat.


Harga Menu Burger King
Harga Menu BURGER KING sangat terjangkau bagi masyarakat kelas menengah atas, cukup terjangkau bagi masyarakat kelas menengah pas. Cukup terjangkau buat kalangan pelajar, mahasiswa, dan karyawan (biasa), *cukup terjangkau kalau makan di sini sebulan sekali :D.

Gaji karyawan berapa, sih? Uang jajan pelajar & mahasiswa berapa, sih? *kecuali yang orang tuanya tajir melintir, ya. Satu kali makan di restoran ini rata-rata menghabiskan uang Rp. 50 Ribu (kalau pake kode voucher bisa lebih murah, sih). Kalau seminggu makan dua kali aja, sebulan udah habis berapa tuh…???

Hhmmm… Jajan di sini boleh, asal nggak tiap hari (biar enggak bokek, bok!). Selain itu, seuaikan dengan kemampuan finansialmu. Kalo’ kantongmu cekak, −apalagi itu duit orang tua, ya jangan boros-boros lah. Ingat pesan si ransel mungil… :D


Pengen???
Cusslahhh, langsung!

‒ Teks : NISYA RIFIANI / Juni 2019 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

2 comments

  1. wah anak2ku pada suak burger kalau aku mah pecinta camilan tradisional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Camilan tradisional malah banyak macemnya ya bund... :)

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe