Ikan Bakar Aroma Makassar By Binto

May 23, 2021


IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR BY BINTO

 

“KASIH TAHU DONG REFERENSI MASAKAN KHAS MAKASSAR DI JOGJA!”

Adaaa! KAWAN RANSEL datang aja ke IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR BY BINTO. Restoran ini adalah salah satu tempat makan masakan khas Makassar yang saya rekomendasikan, selain Iwak Bugisan (yang sekarang malah udah tutup). Sebelumnya, Ikan Bakar Aroma Makassar berada di dekat Ring Road Utara Kentungan. Sekarang pindah ke tempat baru loh, lokasi barunya ada di Jl. Kabupaten Km. 1,5 Baturan Lor No. 1 Gamping, Sleman, DIY. Saat masih suasana opening, saya bersama Tim LRCN Project (Lisa, Rere, Chicil, Nisya) mengunjungi restoran ini. IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR BY BINTO yang menempati bangunan baru itu cukup ramai saat kami ke sana… Ada tiga sampai empat kelompok pengunjung yang tengah bersantap. Untungnya, rombongan kami masih kebagian tempat di belakang (bagian dalam) resto. Saya mulai membuka buku menu, waahhh menggiurkan sekali menu-menunya!

 

Apa saja menu-menunya? Gimana cita rasa Makanan Khas Makassar di IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR BY BINTO? Yuk, simak ulasan saya biar nggak penarasaran. Let’s reads around

#

 


 


Sesuai dengan tittle-nya, restoran ini menyajikan MAKANAN KHAS MAKASSAR. Menu ikan jadi pilihan pertama saya ketika membuka menu… Saya langsung mencoba menu ikan yang paling favorit, yaitu Ikan Bolu Bakar Original dan Ikan Barakuda Bakar Rica Kemangi. Kami juga mencoba Makanan Khas Makassar lainnya yaitu Sop Ikan Palumara, Otak-Otak Ikan Tenggiri, dan Coto Makassar. Karena ada teman yang kurang suka menyantap olahan ikan, kami juga memesan Ayam Kampung Bakar. Oh, ya, pas kesana cuaca lagi panas-panasnya, kami juga pesan Es Pisang Hijau untuk menyegarkan dahaga!

 

KAWAN RANSEL bisa lihat semua menu yang kami pesan di lampiran foto, ya. Hhmmm, kebayang sedapnya kannn... Menu-menu masakan di IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR diolah otentik. Bahan yang digunakan segar, terjaga kualitasnya, dan dijamin halal. Selain menu yang kami pesan, masih ada pilihan menu lainnya lho. Mayoritas Makanan Khas Makassar, diantaranya Ikan Tuna Bakar, Kapurung, Tumis Kangkung, Tahu/Tempe Goreng, dan lain sebagainya. Kalau compliemen menunya kurang juga bisa pesan lagi, seperti urap pakis, buras, sambal, dan lain sebagainya.

#


PAKET IKAN BOLU BAKAR

 

Saya memulai menyantap makan siang dengan mencicipi Ikan Bolu Bakar Original. Dan menu ini sukses jadi favorit saya! Ikan Bolu Bakar Original disajikan per paket yang terdiri dari ikan bolu bakar, nasi putih, kuah sayur, urap pakis, dan sambal gami-gami. Rasa ikan bakar bolu begitu memanjakan lidah! Tekstur daging ikan bolu itu tuh lembut bangettt… Ciyus pas makan sampe monangis saking merasakan kelembutan belaian nya! Ikan Bolu Bakar ini ukurannya terlihat kecil *coba lihat di foto, deh. Tapi ternyata dagingnya banyak lho…

 

Lalu urap pakis yang terdiri dari daun pakis dan parutan kelapa ini benar-benar lezat. Saya pertama kali mencicipi sayur pakis di Pekanbaru, Riau. The first and so never again… Makan sayur pakis di IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR ini mengundang ingatan saya saat makan sayur pakis pertama kali di sana. Urap pakis yang disajikan ini cukup segar dan tekstunya crunchy ketika dikunyah, sayangnya penampakannya tidak terlalu menarik. Pakis ini sangat sedap dipadu dengan urap kelapanya yang rasanya gurih sedikit pedas.

 


Rasa sambal gami-gaminya pun tak kalah memikat. SAMBAL GAMI-GAMI terdiri dari sambal dan potongan tomat hijau yang segar. Rasanya pedas sekaligus seger, nampar lidah di awal, tapi nagih! Tomatnya crunchy banget, dan lama-kelamaan rasa sambal ini nggak terasa pedes lagi. Kalo’ kuah sayurnya itu, saya nggak tahu kuah apa, tapi rasanya segar dan sedikit asam. Kuah pelengkap ini penyempurna kelezatan menu Ikan Bolu Bakar. Sebagai penggemar ikan-ikanan, perpaduan paket menu Ikan Bolu Bakar ini beneran nggak bisa ditolak!

 

Harga Paket Ikan Bolu Bakar Original: Rp29 Ribu (Medium) | Rp55 Ribu (Large).

Harga Paket Ikan Bolu Bakar Rica Kemangi (Lalapan + Kuah): Rp33 Ribu (Medium) | Rp59 Ribu (Large).


 

IKAN BARAKUDA BAKAR RICA KEMANGI

 

Nggak tahu deh, saya udah pernah makan ikan barakuda atau belum, nggak inget… Penampakan ikan barakuda ini cukup serem sih, karena panjang dan moncongnya itu loh, runcing. Tapi saat dilahap, ikan ini bikin ketagihan! Saya dan teman-teman pesan Paket Ikan Barakuda Bakar RICA KEMANGI. Yes! Selain menu bakar original, ada juga menu bakar rica kemangi. KAWAN RANSEL juga bisa pesan Menu Ikan Bolu Bakar Kemangi. Meski penampakan Ikan Barakuda Bakar Rica kemangi ini sedikit menyeramkan, tapi rasanya enak.

 

Menu ini kaya bumbu dan rempah, daging ikannya juicy, tekstur luarnya crunchy, dan daging dalamnya berserat sedikit. Ikan barakuda dimasak dengan bumbu pedas dan banyak daun kemangi, dibungkus daun pisang lalu dibakar. Pedesnya cukup nonjok lidah, sih. Menu ini disajikan bersama lalapan timun, tomat, dan daun kemangi, serta semangkuk kuah pelengkap, sama seperti menu Ikan Bolu Bakar. Dibanding menu ini, saya lebih suka Ikan Bolu Bakar Original.

 

Harga Paket Ikan Barakuda Bakar Original: Rp29 Ribu (Medium) | Rp55 Ribu (Large).

Harga Paket Ikan Barakuda Bakar Rica Kemangi (Lalapan + Kuah): Rp33 Ribu (Medium) | Rp59 Ribu (Large).

 #

 

 COTO MAKASSAR DAGING SAPI

 

Saya pernah mencicip Coto Makassar saat saya berada di Sorong, Papua Barat. Ceritanya pernah saya tulis di artikel “Coto Makassar HBEng Hidangan Berkuah Asal Sulawesi Selatan”. Rasa gurih yang mantap menyapa lidah ketika saya pertama menyesap kuahnya. Sedapnya makin terasa ketika menyantap irisan daging sapi lembut yang menjadi isian dari menu ini. Coto Makassar semakin terasa sedap jika ditambahkan sambal dan air perasan jeruk nipis yang disediakan.

 

Umumnya Coto Makassar di Jogja disajikan bareng ketupat. Nah, kalau di Ikan Bakar Aroma Makassar BEDA, nih… Coto Makassar dimakan bersama buras, Makanan Khas Makassar juga yang rasanya tak kalah gurih dengan ketupat. Buras ini Makanan Khas Makassar juga, buras terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan dibungkus daun pisang pun memberi tambahan rasa mantap pada menu ini. Cocok nih buat makan siang...

 

Harga Coto Makassar Daging Sapi: Rp20 Ribu.

Buras: Rp6 Ribu (2 Pcs).



OTAK-OTAK IKAN TENGGIRI

 

Ini bukan otak-otak kaleng-kaleng ya, Gaes! Otak-Otak ala IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR dibuat dari ikan tenggiri asli. Panganan yang dibalut daun pisang dan pengolahannya dengan cara dibakar ini dimasak fresh, made by order, jadi pas disajikan masih anget-anget gitu. Otak-otak disajikan dengan semangkuk kecil saus/sambal cocol berwarna krem, dengan sedikit potongan timun. Saya suka sekali otak-otaknya, rasanya udah pasti ikan tengirinya terasa banget, tapi kurang suka saus cocolnya, entah kenapa... TAPI, otak-otaknya tuh kayak ada yang kurang kalau nggak dicocol ke sausnya. Jadi aku tetep nyocol sausnya tapi dikit aja…

 

Harga Otak-Otak Ikan Tenggiri: Rp29 Ribu (Isi 5 Otak-Otak)

 #

 

AYAM KAMPUNG BAKAR

 

Bagi KAWAN RANSEL yang kurang suka ikan, don’t worry. IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR menyediakan menu non-ikan yang rekomended, yaitu Ayam Kampung Bakar. Kebetulan saya dan teman-teman juga pesan menu ini. Penampakannya nggak seperti ayam bakar loh, malah seperti ayam goreng. Saya rasa yang membedakan dengan menu ayam bakar kampung di luar sana adalah bumbunya dan cara pengolahannya yang beda. Tekstur daging ayamnya empuk, bumbunya meresap sehingga sangat terasa gurihnya dan sangat nikmat terasa di setiap gigitannya. Ayam Kampung Bakar disajikan dengan lalapan timun, tomat, dan daun kemangi. Kali ini, sambal yang menyertainya adalah sambal korek yang rasanya juga pedas mantap. Menu ini juga dilengkapi dengan semangkuk kuah sayur.

 

Harga Ayam Kampung Bakar ½ Ekor: Rp49 Ribu.

Harga Ayam Kampung Bakar 1 Ekor: Rp95 Ribu.

 #

 

SOP IKAN PALUMARA

 

Satu lagi Makanan Khas Makassar kebanggaan masyarakat Sulawesi: Sop Ikan Palumara. Tentu aja menu ini bisa ditemukan di restoran ini. Kuah sop ikan ala Ikan Bakar Aroma Makassar ini nggak terlalu kental dengan bumbu kunyit yang juga tidak terlalu pekat, rasanya ringan. Cita rasanya gurih, sedikit asam, dan sedikit pedas, karena ada potongan timun dan cabe rawit dimasukkan ke dalam kuahnya. Sop ini disajikan bersama nasi putih hangat.

 

Harga Sop Ikan Palumara: Rp25 Ribu.

 #

 

ES PISANG HIJAU

 

Salah satu dessert favorit di IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR. Saya rekomendasikan untuk memesannya… Es Pisang Hijau, di Jogja dikenal dengan nama Es Pisang Ijo, dibuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Tekstur kulit pisang ini kenyal dan pisangnya manis, es ini disajikan bersama bubur sumsum putih dan sirup merah, suegerrr banget! Sebaiknya pesan di awal saja, takutnya kehabisan, karena saya dan teman-teman hampir kehabisan. Waktu itu sekitar jam 2 siang, tapi stoknya habis, kami pemesan terakhir…

 

Harga Es Pisang Hijau: Rp15 Ribu

#

 


IMPRESSION

 

“Saya terkesan karena menu pesanan kami diracik tidak terlalu lama, padahal resto cukup ramai. Pesanan kami datang satu persatu dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama. Pelayanannya juga ramah dan memuaskan.”

 

IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR BY BINTO menempati sebuah bangunan baru. Sebenernya tidak terlalu luas untuk menjadi sebuah restaurant, tapi tempat bersantapnya cukup nyaman. Seating-nya ada dua, di depan dan di belakang (bagian dalam). Meja-mejanya tempat bersantap tidak terlalu banyak, dan saat saya berkunjung ke sana, restonya cukup ramai.

 

Kami menempati sebuah meja panjang yang terletak di bagian belakang (dalam) resto. Dapurnya sendiri ada di bagian dalam, tapi tempat pembakaran ikan ada di bagian depan (luar). Kebayang kan kalo’ lagi bakar-bakar ikan atau ayam, aroma sedepnya pasti kemana-mana.

 

Resto ini dilengkapi dengan tempat parkir. Tidak cukup besar, hanya bisa menampung 2 – 3 mobil. Tetapi, masih bisa parkir kendaraan di pinggir jalan, tapi mepet. Yang nyari toilet dan washtafel, letaknya ada di bagian dalam.

 

Selain menu-menu di atas, Ikan Bakar Aroma Makassar By Binto berencana mengeluarkan menu terbaru lainnya…

 

#

 

ALAMAT IKAN BAKAR AROMA MAKASSAR BY BINTO

Jl. Kabupaten Km. 1,5 Baturan Lor No. 1 Gamping, Sleman, DIY.

 

Open Hours: 11.00 – 21.00 WIB

INSTAGRAM @aroma_makassar_restaurant

 

[ Map ]

 

 

#

 

RIFIA NISYA

Ikan Bakar Aroma Makassar By Binto. Jumat, 19 Maret 2021.

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe