Menyesap Kopi Robusta di Perdipe Coffee Palagan

May 21, 2021


MENYESAP KOPI ROBUSTA DI PERDIPE COFFEE PALAGAN

 

Kedai kopi di KOTA JOGJA kian hari kian bertumbuh. Mungkin, setiap hari, ada satu kedai kopi baru turut menyemarakkan dunia kedai kopi di Kota Jogja. Barangkali, PERDIPE COFFEE akan jadi coffee shop favorit, terutama bagi penggemar kopi jenis ROBUSTA. Pasalnya, coffee shop ini HANYA menyajikan kopi dari jenis robusta. Wow! Kesukaan saya pastinyaaa… Perdipe Coffee yang pertama ada di Jl. Kabupaten No. 77 Sleman, Yogyakarta. Perdipe yang kedua hadir di tempat yang berbeda, yaitu ada di Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 27 Sleman, Yogyakarta. PERDIPE COFFEE PALAGAN buka sejak medio Februari 2021. Beruntungnya, saya dan beberapa teman berkunjung pada awal-awal pembukaannya, nih… Saya mencicipi kopi racikan barista yang special, dan beberapa minuman non-kopi lainnya. Serta nggak ketinggalan kudapan-kudapan ringan yang enak nan lezat. Langsung aja simak pengalamanku ngopi di Perdipe Coffee Palagan. Let’s Check it Out!

 


PERDIPE COFFEE PALAGAN lokasinya tepat di tepi Jl. Palagan Tentara Pelajar. Meski yang terlihat dari jalan itu bagian tempat parkirnya, sementara bangunan coffee shop-nya sendiri masih agak masuk ke dalam. Ancer-ancernya, kalau dari arah selatan, -arah ring road, melajulah sampai pintu masuk Hyatt Regency Yogyakarta. Nah, Perdipe Coffee Palagan ada di seberangnya alias di sebelah kanan. Masuk aja jalan ke timur itu, ada neon box-nya juga, jadi kamu tyda akan kesasar. Buat yang nggak blunder baca map, boleh pake aplikasi map online.

 

Tempat ngopi ini punya lahan parkir yang cukup spacious di bagian samping. Jadi ketika kalian masuk dari sebelah barat, sebelum masuk ke coffee shop, kamu akan menemukan tempat parkir yang lumayan luas. Nah, bagian ini nih yang terlihat dari jalan… Parkir mobil atau motor bisa di sini ya, Gaes. Jangan khawatir kendaraanmu kepanasan, di sini lumayan adem karena ada pohon peneduh. And then, ada tempat parkir lagi di bagian samping lainnya, tapi tidak lebih luas. Intinya, Kawan Ransel, kamu nggak perlu bingung mau parkir kendaraan dimana. Lega, kan?



Tempatnya menurut saya cukup cozy ya. Ada dua seating area, yaitu indoor dan outdoor. Untuk yang indoor, ruangannya cukup menyenangkan. Ada dua meja besar dengan kursi yang nyaman, cocok buat yang datang ramean. Ada pula meja kursi kecil minimalis buat yang sendirian atau berduaan. Nyaman banget buat santai, sekadar ngobrol sama teman, mau nugas kuliah atau kerjaan juga bisa. Saya lihat sih ada beberapa stop kontak alias colokan listrik jadi kalau kehabisan baterai laptop ya tinggal colok aja! Di bagian bar ada tempat duduk, jadi kita bisa melihat barista-barista menyiapkan kopi buat kita.

 

Terus untuk seating outdoor, itu ada di halaman depan, dan bagian samping. Nggak kalah cozy dan ada pohon peneduh. Tapi tetep aja hawanya lumayan vanasss apalagi kalau siang-siang pas mataharinya mentereng. Ahhh, Barbara tyda kuat jadi mending di dalem aja… PERDIPE COFFEE PALAGAN ini tempatnya menyatu dengan working space, dan ternyata saya baru tahu pas akhir-akhir. Jadi di bagian dalam ada connecting door untuk menuju ke working space. Setelah melewati pintu itu, kita harus naik tangga karena working space ada di lantai dua. Working space-nya tuh juga nyaman dan kekinian, Gaes. Ada ruangan smoking dan ruangan non-smoking, tinggal pilih aja yang mau sebat yang di ruangan smoking, jangan kebalik!

 

 

Yaampun, keasyikan cerita tentang tempatnya… Tapi aku nggak akan lupa cerita tentang menu-menu yang diasajikan di sana, kok… Kita mulai dari menu kopinya, ya! Coffee shop ini hanya menyajikan kopi dari jenis robusta saja. Banyak variasi minuman yang disediakan, Coffee Based seperti Manual Brew: Vietnam Drip, Kopi Saring V60, Kopi Tubruk, dan Kopi Susu. Lalu ada Espresso Based, pilihannya ada Espresso, Americano, Coffee Latte, dan masih banyak lagi. Yang jadi menu favorit PERDIPE COFFEE PALAGAN alias Star Seller yaitu Americano, Kopi Susu Premium, Hazelnut Latte, dan Rum Latte. Harga minuman coffee based ini dibandrol mulai Rp12 Ribu sampai Rp30 Ribu aja tapi belum termasuk PPN 10%.

 

Selain itu, tersedia pula minuman non-coffee, pilihan menu minuman tersedia dalam sajian panas dan dingin. Pilihannya ada Cokelat Susu, Orange Squash, Yakult Strawberry, dan masih banyak lagi. Kalau minuman non-coffee ini harganya mulai Rp5 Ribu sampai Rp23 Ribu, dan belum termasuk PPN 10%. Aku mencicipi beberapa menu coffee dan non-coffee, biasalah nyesep-nyesep punya temen dikit-dikit hehehe… Saya bukan pecinta kopi, tapi bisa minum kopi. Tapi saya nggak bisa minum yang pure coffee gitu, mesti ada campuran susunya. Di PERDIPE COFFEE PALAGAN, saya nyicip Kopi Susu Premium, dan minuman ini langsung jadi favorit saya sejak sesapan pertama. Untuk menu non-coffee, saya nyicip Matcha Ice dan Orange Squash, suegerrr banget…

 


Untuk menemani ngopi, ada aneka dishes yang memanjakan lidah. Star Seller Dhises ini ada Mix Platter, saya mencobanya dan menurut saya memang rekomended, nihhh… Lalu yang enak-enak lagi ada Garlic Bread dan Roti Bakar Coklat Keju. Oh, ya, Kawan Ransel juga harus coba Croissant dan Red Velvet Cake, salah satu favoritku saya nih… Red Velvet Cake porsinya pas dan teksurnya lembut banget, nggak terasa ada ‘pasir’ di cake-nya, dan nggak eneg sama sekali SUMPAH GAES! Kalau tersedia Klappertaart, coba juga! Manisnya menyatu sempurna jika dipadukan dengan kopi pahit robusta. Kalau lagi pengen pasta-pasta, pesan aja Spaghetti Carbonara. Itulah rekomendasi dari saya, buat dishes-nya…

PERDIPE COFFEE PALAGAN ada fasilitas wifi, toilet, dan musholla. Yang terakhir itu aku suka banget, ruang musholla-nya cukup walaupun tempat wudhu-nya kurang pas. Toilet di lantai 2 instagramable banget, bisalah buat foto-foto…

 

 Nah itu dia ulasan Perdipe Coffee Palagan, versi saya ya, Gaess…

Kalau kamu punya pengalaman ngopi di sini, tulis di kolom komentar, ya…

 

“Ada rencana mengulas Perdipe Coffee Kabupaten, nggak?”

Saya pernah ke sana, sih… Tapi sekadar nongki cantik aja, nggak niat membuat ulasan. Bahkan dulu hampir tiap bulan ke sana, tapi cuma singgah ke kantor sebelahnya, hehehe… Nanti kalau ada agenda ke sana (lagi), saya buatkan materi ulasannya, ya!

 

Terima kasih sudah mampir di #BlogRanselMungil. Simak ulasan-ulasan saya yang lain yaaa…

#

 

ALAMAT PERDIPE COFFEE PALAGAN

Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 27 Sleman, Yogyakarta (DIY).

Open Hours: 07.00 – 21.00

INSTAGRAM @perdipecoffee.palagan

 

Kalian bisa lihat lokasi Perdipe Coffee Palagan di peta berikut ini…

 

[ Map ]

 

 

#

 

RIFIA NISYA

Perdipe Coffee Palagan. Jumat, 05 Maret 2021

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe