Es Legen Paling Rame Se-Surabaya : Cakar Mas

March 20, 2023


JAJAN ES LEGEN PALING RAME SE-SURABAYA

ES LEGEN CAKAR MAS

 

Kemarin pas main ke Surabaya (07/03), takdir mempertemukan saya dengan teman baru. Namanya Yosia, ia rupanya seorang foodgram juga, dan sudah lumayan terkenal di Surabaya. Yosia lantas mengajak saya kulineran minum Es Legen Cakar Mas Surabaya. Katanya murah meriah dan enak… Konon tempat ini merupakan spot minum es legen paling rame se-Surabaya. Karena saya setuju, kami pun segera meluncur ke sana…

 

Tempat minum es legen ini lumayan terkenal loh…

Di sini hanya menyajikan satu jenis minuman saja, yaitu ES LEGEN.

Untuk teman minummu, tersedia aneka gorengan, sate-satean, dan nasi bungkus.

 


LOKASI ES LEGEN CAKAR MAS SURABAYA

Es Legen Cakar Mas Surabaya menempati sebuah warung kecil yang terletak di salah satu sudut jalan di tengah Kota Surabaya. Alamatnya ada di Jl. Sulawesi No. 19 Gubeng, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Warungnya cukup mencolok…

 

Warung ini bisa langsung terlihat jalau kalian melintas di jalan depannya. Bisa jadi karena warna spanduknya yang mentereng, atau banyaknya orang yang berkerumun di sana. Tapi, asli warung ini memang rame banget sih.

 

Kalau kalian kesulitan menemukannya, cari aja Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti. Warungnya ada di sebelah resto ini… Kalau kalian masih kesulitan menemukannya, lihat map aja daripada nyasar. Map bisa lihat di bawah ini.

 

[ Map ]

 

 

REVIEW ES LEGEN CAKAR MAS SURABAYA

Pas saya pertama kali menghampiri warung ini, saya langsung disambut dengan tawon ^^ Iya, tawon! Banyak tawon mengerubungi gelas-gelas es legen di sana. Konon tawon itu hanya mau menclok di makanan/minuman dengan pemanis asli, lho.

 

Di sini, Es Legen disajikan per gelas, jajaran gelas legen selalu tersedia. Kalo’ kalian mau minum tinggal ambil aja, bisa bayar langsung bisa bayar belakangan. Aneka gorengan di sini macem-macem, disajikan dengan cabe hijaunya. Tapi di sini tidak disediakan petis ya…

 

Dalam sehari warung es legen ini bisa menjual ratusan gelas es legen. Untuk harganya terjangkau banget, hanya Rp3 Ribu / gelas. Untuk gorengannya harganya Rp1 Ribu.

 

Menurut saya, Es Legen Cakar Mas ini lumayan enak. Manis, ada sensasi rasa harum, dan ada sedikit asam. Masih sedikit terlalu manis untuk selera saya. Tapi kalau dimakan dengan jajanan gurih lainnya, padu padannya matching banget.

 

Warung ini memang rame banget. Bisa sampe desak-desakan, loh. Pas saya jajan pun, pas banyak pelanggan datang dan pergi, dan selalu rame. Memang sih es legen yang seger banget ini cocok banget dinikmati siang-siang.

 

Yang beli di sini pun setelannya beda-beda. Ada pelajar, ada mahasiswa, ada gerombolan pemuda yang terlihat seperti pengangguran *LOL. Ada yang setelannya karyawan, sampai emak-emak yang bawa anak kicik pun juga ada.

 

Kekurangannya, warung ini nggak menyediakan tempat makan/minum. Bahkan tempat duduk pun nggak ada… Jadi resiko kalau minum dan jajan nggak bisa duduk. Kalau makan atau minum di sini biasanya ala stand up party gitu.

 

Gerombolan pemuda yang saya ceritakan tadi, memilih duduk-duduk melingkar di trotoar dekat sana. Memang di sekitar warung itu trotoarnya cukup lebar dan bersih, serta teduh, karena ada pohon. Bisa jadi tempat tongkrongan sementara…

 

Kalau nggak nyaman minum atau makan di tempat, bisa bungkus bawa pulang kok. Bahkan bisa beli legen sebotol besar, tetapi saya lupa nanya berapa harganya.

 

Parkirannya cukup luas untuk motor. Ada tukang parkirnya yang mengarahkan, dan bantu merapikan motor dan mengeluarkan motor. Tapi bayar juga… Untuk mobil, saya lihat nggak ada parkiran mobil di sekitar situ. Bingung banget kalo’ mau parkir mobil…

 

Buat orang Surabaya, tolong kasih tau dong dimana tempat parkir mobilnya. Bisa komen di bawah…

 

Sekian review es legen kali ini. Kalo’ kalian punya rekomendasi es legen lainnya di Surabaya maupun kota lainnya, kasih tau yaaa…

 

- Rifia Nisya

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe