Ini Museum Cokelat Pertama di Jogja: Monggo!

February 25, 2023

 

INI MUSEUM COKELAT PERTAMA DI JOGJA: MONGGO!

 

Barangkali kalian sudah pernah dengar, atau pernah mencoba, buah tangan terkenal asal Jogja: Chocolate Monggo. Sekarang, Chocolate Monggo ada museumnya, loh… Ini museum cokelat pertama di Indonesia, #KawanRansel udah pernah ke sana belum? Kalau belum, baca deh ulasan saya… Bisa jadi referensi kunjungan wisata kalau kalian plesiran ke Jogja…

 


 

MUSEUM CHOCOLATE MONGGO, EXPLORING MUSEUM & FACTORY

 

MUSEUM CHOCOLATE MONGGO berdiri sejak Januari 2017, atas inisiatif Thierry Detournay, Pemilik Chocolate Monggo. Beliau memiliki tekad untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cokelat. Itulah alasan beliau membangun museum ini…

 

Museum ini terpisah dan berbeda dengan famous store Chocolate Monggo yang berada di Kotagede. MUSEUM Chocolate Monggo berlokasi di Jl. Tugu Gentong RT. 03, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul. DIY. Jaraknya sekitar … km dari Pusat Kota Jogja, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

 

Wajib Kunjung Museum Dalam sekilas…

Saya berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY, yang “mengajak” saya jalan-jalan sampai ke Museum Chocolate Monggo. Saya mengikuti program Wajib Kunjung Museum (WKM) yang diselenggarakan oleh Disbud DIY. Kalau bukan karena Disbud DIY, barangkali saya nggak pernah sampai sini, hahaha.

 

WKM merupakan trip jelajah museum, akomodasi dan transportasi difasilitasi Disbud DIY dari Dana Keistimewaan DIY. Mulai dari tiket museum, snack & makan siang, termasuk transportasi (bus) pergi-pulang disediakan oleh Disbud DIY. Dan semua itu gretong alias ge-ra-tis… Seluk-beluk WKM dan cara ikutan akan saya tulis di blogpost terpisah.

 

Saya sudah beberapa kali ikut program WKM, dan setiap kegiatannya memang seru banget!

 

TUR DAN PENGALAMAN MUSEUM CHOCOLATE MONGGO

Area museum ini bisa dibilang luasss, loh… Terbagi menjadi empat area, yaitu (1) Area Museum, (2) Area Pabrik, (3) Area Showroom, dan (4) Area Kedai Cokelat. Kalian harus menjelajahi empat area ini, dimulai dari Area Museum…

 

Area Museum

Museum Chocolate Monggo bukan hanya bercerita tentang Chocolate Monggo, tetapi juga sejarah dan seluk beluk cokelat. Saya sarankan untuk menggunakan jasa edukator museum yang akan memandu sekaligus menceritakan kisah tentang cokelat.

 

Di area museum, terdapat beragam gambar dan infografik edukatif seputar cokelat yang dipajang dengan menarik di sepanjang dinding. Ada pula karya seni yang terbuat dari cokelat.

 

Area Pabrik

Selanjutnya, kita akan tur ke pabrik pengolahan Chocolate Monggo. Pabrik ini berada di area belakang… para pengunjung bisa melihat langsung dan mengikuti setiap langkah proses produksi cokelat dengan menggunakan mesin modern. Tetapi hanya bisa melihat dari luar ya, agar pabrik tetap higienis.

 

Area Showroom

Yang nggak kalah menarik, ada area showroom. Di sini bukan hanya menyediakan aneka produk cokelat, pengunjung juga bisa memilih aktivitas, diantaranya membuat cokelat, atau mencicipi aneka cokelat. Seru banget!

 

Saya mendapatkan pengalaman aktivitas cetak cokelat. Jadi nanti kita mencetak cokelat kreasi kita sendiri, dengan aneka topping yang bisa dipilih sesuai kesukaan kita. Hasilnya bisa kita pulang dan kita nikmati deh!

 

Area Café Shop

Kedai Cokelat (kafe dan toko) menyuguhkan berbagai hidangan dan produk cokelat lokal. Kalian harus cobain minuman khas Cokelat Monggo, dan gelato cokelat, rasanya enak pake banget!

 

#

 

Jam Operasional

SETIAP HARI. Pukul 10.00-18.00 WIB.

 

Harga Tiket Masuk

Mulai dari Rp10.000 (HTM), Tergantung aktivitas tur.

 

Harga Cokelat

Mulai dari Rp15.000 tergantung jenis produk.

 

ALAMAT MUSEUM COKELAT MONGGO

Jl. Tugu Gentong, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

[ Map ]

 

-Rifia Nisya

 

 

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe