Safari Pariwisata 2023, Menjelajah Keindahan Kulon Progo

September 10, 2023

 

SAFARI PARIWISARA 2023, MENJELAJAH KEINDAHAN KULON PROGO

 

BINA BERKARYA, berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kulon Progo, dan Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia atau DPD PUTRI Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan acara kunjungan ke berbagai destinasi wisata di Kulon Progo. Kabupaten ini memang memiliki destinasi wisata menarik. Keindahan alam yang masih terjaga, seni dan budaya yang kaya, serta kuliner khasnya yang beragam.

#


 

Ini kali kedua, Bina Berkarya menggelar Safari Pariwisata. Bertajuk “Safari Pariwisata 2023, Jelajah Wisata Kulon Progo”, rangkaian agenda kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu hingga Minggu, 19 – 20 Agustus 2023. Ini adalah salah satu wujud Gerakan Safari Pariwisata 2023 “Visiting Kulon Progo More” dalam rangka memperkenalkan potensi pariwisata kepada Masyarakat.

 

Dalam acara kali ini, Bina Berkarya menggandeng para pegiat pariwisata dan media sosial, influencer, dan blogger, sebagai partisipan acara (peserta). Safari pariwisata 2023 membawa para peserta pada perjalanan petualangan tak terlupakan melalui berbagai destinasi wisata.

 


AGENDA SABTU, 19 AGUSTUS 2023

 

KARNAVAL WISATA PESONA MAHARDIKA KULON PROGO

Highlight pertama pada rangkaian acara ini adalah Karnaval Wisata Pesona Mahardika Kulon Progo 2023. Karnaval yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini melibatkan 25 Klub Reog dan 34 Kelompok Masyarakat.

 

Pawai karnaval ini dilaksanakan Sabtu pagi, 19 Agustus 2023, dimulai dari Kawasan Taman Budaya Kulon Progo hingga kawasan Alun-Alun wates, dan berakhir hingga Pasar Wates. Antusiasme Masyarakat pun juga tinggi, mereka memadati jalan-jalan yang dilalui rombongan pawai.

#

 



EKSPLORASI RUMAH CANTRIK DAN SAFARI VW

 

Usai menonton karnaval, peserta menuju Omah Cantrik Kulon Progo. Tempat ini merupakan restoran dengan suasana tradisional yang menawarkan kuliner khas jogja. Selain itu ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dicoba yaitu membatik dan menganyam, atau mengikuti tur keliling desa menggunakan VW Safari.

 


Usai dijamu makan siang dengan menu gudeg jogja yang legit, peserta mencoba kegiatan menganyam, dilanjutkan dengan tur keliling desa menggunakan VW Safari. Sangat menyenangkan menjelajah desa yang masih asri, udara yang masih bersih, menikmati pemandangan alam, dan melihat kehidupan penduduk desa.

 

Alamat Omah Cantrik:

Turus RT.13/RW.05 Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah istimewa Yogyakarta.

 

#

 


 

MENYAKSIKAN SENDRATARI KISKENDHA MRAHASWARA

 

Destinasi selanjutnya adalah Gua Kiskendo Kulon Progo. Hanya berjarak setengah jam perjalanan dari Omah Cantrik, akhirnya kami sampai di Gua Kiskendo Kulon Progo. Ada yang special di destinasi wisata satu ini, yaitu adanya pagelaran Kiskendha Mrahaswara dengan suguhan Sendratari Sugriwa Subali.

 


Selain peserta Safari pariwisata, ada ratusan pengunjung lain yang menyaksikan sendratari ini. Pentas dilaksanakan di amphitheater terbuka, masih dalam area wisata Gua Kiskendo. Dibawakan oleh seniman-seniman lokal yang berasal dari Desa Jatimulyo.

 

Alamat Goa Kiskendo

Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

#


MENGINAP DI WADUK SERMO BERSAMA CAMPERVAN INDONESIA

 

Bertolak dari Gua Kiskendo, rombongan menuju tempat menginap, yaitu Waduk Sermo. Sebuah danau buatan yang terletak di bawah kaki Gunung Menoreh. Menggandeng Komunitas Campervan di Jogja, para peserta mendapatkan kesempatan menginap di alam terbuka dengan pengalaman yang berbeda, yaitu menginap di Campervan.

 


Setelah beristirahat sebentar, para peserta dan panitia, serta para pegiat campervan, berkumpul untuk menikmati makan malam, bebakaran, dan acara keakraban. Pada acara itu pula, komunitas campervan memperkenalkan eksistensi dan kegiatan komunitas tersebut.

 

Info Komunitas Campervan Indonesia

INSTAGRAM: @camper_van_indonesia, @cvijogja

 #


 

AGENDA MINGGU, 20 Agustus 2023

 

EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH

Masih di lokasi yang sama pada keesokan harinya, usai sarapan, para peserta kembali berkumpul untuk menyimak edukasi pengelolaan sampah.

 


BELAJAR KESENIAN ASLI KULON PROGO: KRUMPYUNG

Peserta berkemas untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya, yaitu belajar kesenian Musik Krumpyung. Lokasinya tak jauh dari Waduk Sermo... Krumpyung adalah kesenian tradisional yang dikembangkan di Kulon Progo.

 


EKSPLORASI DENGAN JEEP WISATA WADUK SERMO

Jika mencari pengalaman yang beda, maka jeep wisata adalah pilihan yang sempurna. Para peserta pun dibawa ke destinasi selanjutnya menggunakan jeep wisata Waduk Sermo. Selama perjalanan, peserta dapat menikmati pendangan hutan, jembatan, dan desa-desa, serta berbagai spot foto.

 

FUNGAME & EKSPLORASI DESA WISATA KALIBIRU

Bukan rahasia lagi, Desa Wisata Kalibiru terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama pemandangan dari ketinggian yang spektakuler. Dari Kalibiru, pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan, danau, dan perbukitan yang hijau.

 


Daya tarik utama di Desa Wisata Kalibiru adalah menara pandang. Ini adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan indah dari atas. Pengunjung dapat naik ke menara dan mengabadikan momen dengan latar belakang alam yang memukau.

 

Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas petualangan di sekitar desa, seperti flying fox, hiking, dan berkendara dengan jeep. Terdapat warung di sekitar yang menyajikan hidangan lokal yang lezat.

 


Di sini, peserta berkumpul dan mengikuti games yang telah disiapkan oleh panita. Ada beberapa games yang dimainkan, yang otomatis membuat suasana semakin seru. Selain itu ada pertunjukan tari yang diiringi dengan musik gamelan.

 

Usai bermain games, dilanjutkan dengan makan bersama. Untuk menu makan siangnya, peserta disuguhi dengan masakan lokal yang dimasak oleh penduduk setempat. Acara ditutup dengan speech dari panitia dan foto bersama.

 

#

 

BINA BERKARYA

Instagram: @binaberkarya

 

You Might Also Like

1 comments

  1. Asik ngga kemping ala Campervan gini? Pengin banget punya campervan trus keliling Indonesia.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe