Tips Wisata Naik Motor: Cek Komponen dan Kondisi Sepeda Motor!

October 24, 2023

 

TIPS WISATA NAIK MOTOR: CEK KOMPONEN & KONDISI SEPEDA MOTOR!

 

Siapa diantara kalian yang lebih sering berwisata naik kendaraan roda dua untuk traveling jarak dekat maupun jarak jauh? Mungkin kamu salah satunya... Bagi sebagian orang, kendaraan paling praktis untuk berwisata adalah motor. Saya pun lebih nyaman berkendara dengan motor saat berwisata, -terutama saat berwisata di dalam kota...

 

Berbeda dengan transportasi lainnya, berwisata dengan kendaraan roda dua butuh persiapan lebih, terutama bagaimana kondisi kendaraan tersebut. Sebelum berwisata dengan kendaraan roda dua, wajib mengecek kondisi motor agar tak terjadi hal buruk yang tidak diinginkan di perjalanan. Pastikan motor yang kita gunakan dalam performa yang optimal.

 


INI DIA DELAPAN BAGIAN YANG PERLU DICEK SAAT SERVIS MOTOR SEBELUM PERGI BERWISATA

 

#1 PERIKSA OLI MESIN DAN GANTI SECARA BERKALA

Tahukah kalian jika oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung bagi mesin? Itu sebabnya, kalian perlu memeriksa oli mesin dan menggantinya secara berkala. Biasanya, oli mesin itu harus diganti setiap pemakaian 2.000 – 2.500 km.

 

Namun, sekarang ada produk oli dari pabrik tertentu yang memberikan rekomendasi penggantian oli sampai 5.000 km. Artinya, oli tersebut lebih awet dari oli biasa. Oli yang dijual dengan klaim tersebut sudah menggunakan teknologi ester atau double ester.

 

Wow, apa itu? Ester merupakan base oli sintetis terbaik di kelas oli saat ini. Jadi wajar saja kalau ada yang mengklaim oli jenis ini performanya dua kali lebih tahan lama dari oli biasa. Untuk servis oli, biaya yang harus dibayar meliputi biaya pembelian oli dan biaya jasa ganti oli.

 

#2 PASTIKAN GANTI OLI GARDAN SECARA RUTIN

Bagi kalian pengguna motor matic, wajib memperhatikan oli gardan, dan menggantinya secara berkala juga. Buat yang belum tahu, oli gardan adalah oli transmisi. Motor matic membutuhkan oli motor matic jenis ini untuk melumasi bagian transmisi.

 

Yaitu komponen yang ada di CVT atau Continuosly Variable Transmission. Untuk penggantian oli gardan ini biasanya setiap dua kali ganti oli mesin. Gampangnya, 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

 

#3 CEK BUSI MASIH BERFUNGSI ATAU HARUS GANTI

Pernah mengalami motor susah dinyalakan? Coba cek businya! Busi merupakan komponen yang fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Kalau businya bermasalah, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan.

 

Hal tersebut karena system pengapiannya tidak sempurna. Usia pakai busi tergolong pendek, idealnya 6.000 – 8.000 km sudah diperlukan penggantian busi. Pastikan mendapatkan busi dari dealer terpercaya untuk menjamin kualitas produknya.

 

#4 PENTING! PASTIKAN FILTER UDARA TIDAK TERSUMBAT

Ada yang baru tahu kalau motor punya system filter udara? Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Bagian ini menghalangi masuknya kotoran yang berpotensi meyumbat system injeksi dan karburator.

 

Tidak ada salahnya mengingatkan mekanik untuk memeriksa filter udara saat servis motor. Biasanya mekanik akan memberikan rekomendasi, apakah filter bisa dibersihkan saja, atau harus diganti dengan yang baru.

 

#5 YANG SERING KELEWAT: PEMERIKSAAN BAN

Umumnya pengendara motor hanya memeriksa tekanan ban setiap kali menggunakan motor. Memastikan tekanan ban yang pas memang penting, pastikan ban dalam kondisi cukup tekanan (angin) dan tidak bocor.

 

Disamping pemeriksaan tekanan ban, penting untuk memeriksa tapak ban, terkait dengan kegundulan ban. Periksa juga apakah ada retakan atau tonjolan pada ban, dan gunakan ban luar dan ban dalam (jika ada) yang sesuai dengan velg yang digunakan.

 

#6 KAMPAS REM PERLU DIGANTI SECARA PERIODIK

Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan yaitu sistem pengereman. Kampas rem pada system pengereman berfungsi menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda.

 

Jika kampas rem sudah tipis, rem jadi kurang pakem, dan dapat menyebabkan risiko keamanan dan keselamatan berkendara. Untuk meminimalisasi risiko keselakaan, sekaligus meningkatkan kinerja keseluruhan performa motor, penting untuk mengganti kampas rem secara periodik.

 

#7 AKI ATAU ACCU

Idealnya, tegangan aki saat mesin motor dalam kondisi mati berada pada kisara 12,3 – 12,6 Volt. Sementara saat mesin menyala berada pada kisaran 13,7 – 14,2 Volt. Apabila saat pengecekan tegangan tidak sesuai angka tersebut, bisa jadi ada masalah.

 

Kemungkinan masalah tersebut ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal yang berkarat. Untuk memastikannya, mekanik haris melakukan pemeriksaan secara detil. Jangan ragu untuk mengganti aki apabila kondisinya sudah tidak layak.

 

#8 SERVICE TUNE UP MOTOR RUTIN

Service tune up motor secara rutin adalah salah satu upaya untuk mengembalikan performa motor. Servis ini meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen yang berkaitan dengan permorma motor secara keseluruhan.

 

Komponen yang diperiksa antara lain tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karburator, tegangan rantai, system pengereman, dan kondisi klakson. Kadangkala tune up disertai dengan penggantian oli mesin, oli gardan, atau spare part lainnya.

 

Biasanya mekanik akan mengeceknya, bila ada risiko kerusakan, mekanik akan menginformasikan kepada pemilik motor. Jika setuju, baru mekanik akan melakukan perbaikan, -yang biasanya memerlukan biaya tambahan sesuai dengan treatment yang dilakukan.

 

#

 

Untuk menjaga keamanan dan keamaman saat berwisata dengan roda dua, gunakan perlengkapan berkendara yang proper. Seperti memakai helm, masker, jaket, sarung tangan, dan sepatu. Jangan lupa periksa rem, lampu, dan ketegangan rantai (bila memakai motor bebek).

 

Periksa juga dudukan motor, harus nyaman saat digunakan. Disarankan untuk selalu membawa toolkit reparasi ringan yang berisi peralatan dasar untuk perbaikan darurat. Berupa beberapa peralatan & suku cadang seperti busi, sekring, lampu cadangan, maupun kunci cadangan.

 


REKOMENDASI BENGKEL SERVIS MOTOR TERBAIK

 

Urusan tempat bengkel motor, menurut saya harus jeli memilih bengkel yang bagus, agar mendapatkan servis yang bagus juga. Rekomendasi bengkel servis motor terbaik dan bisa daiandalkan adalah di Planet Ban.

 

Bengkel ini punya sistem servis terpadu. Sistem ini dapat meningkatkan performa motor dengan lebih cepat, dan tentunya lebih hemat biaya. Fokus pada pemeriksaan dan perbaikan menyeluruh, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

 

BENEFIT SERVIS MOTOR DI PLANET BAN

 

#1 Servis di Planet ban didukung dengan ragam pillihan oli berkualitas dengan teknologi tinggi. Jenis oli ini dapat meningkatkan performa motor, melindungi mesin, serta lebih awet. Biaya servis jadi lebih hemat!

 

#2 Kombinasi servis dengan penggunaan suku cadang asli membuat pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

 

#3 Ganti oli cukup dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5.000 km, yaitu sekitar 4 – 6 bulan sekali. Jadi kita tidak perlu sering ke bengkel.

 

#4 Dengan servis rutin di Planet Ban, kita turut berpartisipas dalam memelihara dan menjaga lingkungan, dengan mengurangi risiko emisi dan polusi dari motor.

 

#5 Di beberapa merchant Planet Ban, ada yang menggratiskan biaya ganti oli, dengan syarat dan ketentuan ya. Cek mana merchant mana saja yang punya program ini!

 

INI BEDANYA SERVIS MOTOR DI PLANET BAN DENGAN SERVIS DI TEMPAT LAIN

 

Meski servis di bengkel terpercaya, belum tentu motor dibersihkan dengan baik. Kadang masih tertinggal debu, kotoran, sisa oli, atau sisa pembakaran yang tertinggal di berbagai bagian mesin. Bahkan ada debu kotoran yang masih melekat sehingga membuat performa motor tidak maksimal.

 

Berbeda dengan Planet Ban, seluruh bagian mesin-mesin benar-benar dicek dan diperhatikan. Kepala Silinder, Blok CTV, klep mesin, piston, body, semua bagian dipastikan bersih, sehingga rasanya seperti memakai mesin baru.

 

Tentu saja, mesin menjadi bersih sehingga performa motor lebih enteng. Emisi turun lebih dari 70% sehingga lebih hemat bahan bakar.

 

Biaya servis motor cukup terjangkau. Di Planet Ban, bandrol servis motor injeksi Rp20.000,- per Oktober 2023. Servis CTV sekaligus rantainya Rp19.500,-, sementara untuk servis throttle body juga Cuma Rp20.000,-.

#

PLANET BAN hadir di sudut-sudut kota dan sangat terjangkau. Tak jauh dari tempat tinggal saya, bahkan ada dua Planet Ban. Saya tinggal memilih datang ke lokasi di utara atau di selatan, disesuaikan dengan aktivitas saya hari itu...

 

Kalau kalian kepo lokasi terdekat Planet Ban, langsung websites-nya. Ada info juga tentang jasa dan ketersediaan suku cadang. Selamat berselancar...!

 

(Rifia Nisya / Ransel Mungil)


You Might Also Like

6 comments

  1. Hobi naik motor tentu harus diimbangi dengan tanggung jawab untuk merawat motornya. Motor yang rajin diservis insya Allah akan lebih awet dan tentu saja mesinnya jadi tokcer. Saya sendiri alhamdulillah sudah cocok di Planet Ban, mantap dah!

    ReplyDelete
  2. Saat ini travelling dengan menggunakan motor emang jadi trend selain bisa menikmati setiap perjalanan juga bisa sat set ke tempat tujuan apalagi travelling ke satu kota dengan byk tempat wisata selain puas kita jg senang'...nah point penting sblm traveling ada baiknya cek kendaraan sebelum pergi agar traveling lancar tanpa hambatan apapun

    ReplyDelete
  3. “Meningkatnya kepopuleran motor matic, ternyata membawa perubahan terhadap perawatan motor. Kalau sudah terbiasa, merawat motor matic cukup mudah ya Kak... Btw, Servis di Planet Ban cukup terjangkau juga ya. Benefitnya juga banyak…”

    ReplyDelete
  4. Setelah memiliki motor, jangan lupakan tanggung jawab yaitu merawatnya agar bisa awet dan nyaman dipakai. Kalau mesin bagus, terutama bagian oli, tidak menimbulkan banyak asap dan tidak berbau. Jadi lebih ramah lingkungan… Terima kasih atas infonya ya…

    ReplyDelete
  5. Agenda service motor memang nggak boleh diabaikan, bisa gawat. Dan harus rutin dilakukan agar kendaraan tetap nyaman dipakai. Memang baiknya untuk hal yang seperti ini dipercayakan ke bengkel yang terbaik, terpercaya, dan amanah juga. Aku lihat gerai planet ban hadir sampai ke kota kecil. Jadi nggak bingung lagi kalau mau servis dengan pelayanan memuaskan.

    ReplyDelete
  6. Nyervis di sini sekali, langsung kesimpan data motor ke server. Dan data tersebut singkron dengan Planet Ban yang lain. Dan dapet poin. Seingetku gitu. Cuman yang ngga jelas tuh, poinnya buat apa. Itu ngga terjawab pas aku tanyain.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe