Susur Desa VW Safari Omah Cantrik Kulon Progo

January 26, 2024


 

MENIKMATI SUSUR DESA VW SAFARI OMAH CANTRIK KULON PROGO


Medio Agustus 2023, saya mengikuti serangkaian acara Safari Pariwisata “Jelajah Wisata Kulon Progo 2023”. Acara ini mengundang Blogger & Influencer, serta masyarakat dari berbagai latar belakang profesi. Salah satu destinasi wisata dan kuliner yang kami kunjungi adalah OMAH CANTRIK. Destinasi ini bukan hanya menyajikan kuliner khas Jogja, tetapi mempunyai aktivitas asyik lainnya. Salah satunya adalah Susur Desa menggunakan VW Safari. Seru banget lohh… Acara ini digelar oleh Bina Berkarya, berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kulon Progo dan DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

#

 

SEKILAS TENTANG OMAH CANTRIK

Omah Cantrik berlokasi di Tanjung Gunung, RT.13/RW.05, Tanjungharjo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan destinasi kuliner dan wisata yang menawarkan tempat dan hidangan tradisional, serta kegiatan menarik yang sayang dilewatkan. Restoran Omah Cantrik mengusung konsep prasmanan, menyajikan makanan berat maupun ringan.

 

Hidangan yang tersedia sangat beragam, didominasi hidangan tradisional, seperti aneka jangan (sayur), bakmi jawa, maupun gudeg. Tersedia pula makanan ringan/kudapan khas yang berasal dari Kulon Progo, seperti geblek atau sengek, dan camilan lainnya. Minumannya juga tak kalah menyegarkan, seperti teh tubruk gula batu atau wedang uwuh. Dan masih banyak menu lainnya.

 

Untuk tempatnya, berkonsep tradisional didominasi bangunan kayu semi terbuka yang nyaman. Ada gazebo, tempat makan terbuka di luar ruangan yang dilengkapi dengan area taman dan pepohonan. Suasana makan semakin syahdu dengan iringan live music akustik. Mau nyanyi juga? Bisa! Selain itu ada spot-spot lucu untuk berfoto lho. Wah! Yang ini jangan sampai terlewat...

 

Di Omah Cantrik, ada banyak kegiatan: melukis untuk anak dan menganyam untuk anak dan dewasa. Di sana juga ada seniman yang menawarkan jasa ukir siluet di secarik kertas. Pengunjung bisa membawa pulang secarik kertas dengan siluet diri sendiri dengan harga terjangkau.

 

Omah Cantrik buka setiap hari mulai pukul 10.00–23.00 WIB saat weekdays, dan pukul 08.00–23.00 WIB saat weekend. Di akhir pekan, Omah cantrik cukup ramai dipenuhi oleh wisatawan lokal jogja maupun luar kota. Oh, ya, Omah Cantrik juga kerap menjadi tempat persinggahan para pesepeda.

 

SUSUR DESA VW SAFARI OMAH CANTRIK

Kegiatan yang paling menarik buat saya yaitu susur desa menggunakan VW Safari. Ini fasilitas yang disediakan oleh Omah Cantrik. Buat kalian yang belum tahu, susur desa adalah jalan-jalan keliling desa dan lingkungannya, serta mengunjungi potensi wisatanya.

 

Kegiatan funtrip seperti ini umumnya dikemas dengan cara unik. Biasanya, wisata funtrip seperti ini menggunakan mobil Jeep. Tapi, di Omah Cantrik berbeda yaitu menggunakan VW Safari. Perjalanan menjadi lebih cantik nan estetik, sekaligus memberikan kesan vintage.


Perjalanan kali ini membawa para peserta menggunakan VW Safari, menyusuri desa Desa Tanjung Gunung, Tanjungharjo, Kulon Progo, sembari menikmati panorama di sekitarnya. Kali ini saya menikmati VW Safari Omah Cantrik bareng temen-temen baru yaitu Kak Berlien dan Kak Riza, dan yang terakhir Kak Iful, yang ini temen lama tapi baru.

 

Dengan menggunakan VW Safari berwarna putih, kami dibawa menyusuri jalan-jalan desa yang masih asri. Udaranya masih bersih, segar dan belum tercemar. Kami menikmati pemandangan sawah-sawah dan perkebunan, menyusuri sepanjang kanal irigasi, serta melewati rumah-rumah warga di Nanggulan. Driver pun menjelaskan tempat-tempat yang kami lalui.


VW Safari juga berhenti di spot-spot alam untuk foto-foto ria. Jangan khawatir, kita bisa minta tolong driver untuk memotret rombongan kita. Biar makin ciamik, kita bisa menggunakan properti atau kostum yang sudah disediakan Omah Cantrik, gratis. Untuk properti dan kostum, dibawa sebelum berangkat, jadi pastikan pilih dulu propertinya sebelum berangkat.

 

Durasi Susur Desa Mulai 30 Menit, tergantung paket safari yang dipilih. Ada paket durasi pendek, durasi menengah, dan durasi panjang, +plus paket makan. Ada paket yang menawarkan berkunjung ke perajin anyaman bambu dan pandan setempat. Jadi, tinggal disesuaikan dengan waktu, tujuan, dan budget.


Perjalanan Susur Desa Start dari Omah Cantrik, Finish pun di Omah Cantrik. Setelah puas berkeliling, kita bisa menikmati hidangan di Omah Cantrik, sembari menikmati suasana pedesaan. Saya dan rombongan menikmati nasi gudeg untuk makan siang kali itu. Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk teman atau keluarga.


Mulai 30 Menit - 1 Jam 30 Menit, -tergantung paket yang dipilih.

💰 Mulai 300K, -tergantung paket yang dipilih, untuk maksimal 4 orang.


ALAMAT DAN PETA OMAH CATRIK

Tanjung Gunung, RT.13/RW.05, Tanjungharjo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

[ Map ]


 

(Rifianisya/RanselMungil)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe