Mengintip Pabrik Bakpia Juwara Satoe #OlehOlehJogja

May 15, 2024


BEHIND THE SCENE: MENGINTIP PABRIK BAKPIA JUWARA SATOE DI BERBAH #OLEHOLEHJOGJA

 Senin kemarin (13/05/2024), saya mengunjungi salah satu pabrik bakpia besar di Jogja. Yaitu Bakpia Juwara Satoe yang lokasinya berada di Jrebesan, Kalitirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman. Kedatangan saya bukan tanpa agenda, saya akan tour ke tempat produksi bakpia paling kekinian ini. Meski saya suka sekali dengan Bakpia Juwara Satoe, -varian tertentu, tetapi ini kali pertama saya masuk ke pabrik pembuatannya, *jadi saya deg degan... (halah).

#


 

 KOK, TIBA-TIBA TOUR KELILING PABRIK?

Saya memenuhi undangan dari Bakpia Juwara Satoe, dalam rangka program tour keliling pabrik -sekaligus edukasi, bersama kol atau influencer lainnya. Buat Kawan Ransel yang belum tahu, Bakpia Juwara Satoe memang membuka pabriknya sebagai salah satu tujuan wisata edukasi bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum lhoo...

 

Sebuah inisiasi dari Bakpia Juwara Satoe, bertujuan mengedukasi masyarakat tentang bagaimana memproduksi bakpia kekinian di pabrik dengan alat-alat canggih dan modern. Desain pabrik memungkinkan untuk menerima kunjungan, ruang produksi berdinding kaca sehingga pengunjung dapat melihat ke dalam dengan leluasa.

 



Bakpia Juwara Satoe fokus memproduksi bakpia, yaitu bakpia basah, dan bakpia kering (bakpia krispi), -yang sangat khas dan famous, karena menjadi yang pertama dan satu-satunya bakpia kering di Jogja. Bakpia Juwara Satoe punya banyak pilihan rasa yang unik. Selain bakpia, merek ini juga memproduksi oleh-oleh jogja lainnya, seperti aneka kue kering.

 

Mengutip artikel di websites www. Bakpiajuwarasatoe. Com, merek bakpia ini telah mendirikan pabriknya di tahun 2018. Dan pabrik ini bukan sembarang pabrik lho, Gaes. Bukan hanya luas, selain pabrik, di sini terdapat outlet penjualan juga. Selain itu ada bangunan pendopo cukup besar, yang dapat digunakan untuk istirahat, terutama buat rombongan wisatawan.

 


MEMULAI TOUR KELILING PABRIK...

Untuk memulai kegiatan tour ini, saya dan teman-teman influencer lainnya berkumpul di lounge dulu. Sebelum masuk ke area pabrik, kami menggunakan masker dan penutup kepala. Selama berada di lingkungan pabrik, sebaiknya menggunakan sepatu tertutup, dan tidak membawa barang-barang yang membahayakan, makanan, maupun minuman apapun.

 

Semua staff yang bekerja di area pabrik wajib menggunakan masker, celemek, sarung tangan, penutup kepala, serta sepatu tertutup. Kecuali celemek dan sarung tangan, pengunjung vip yang masuk ke area produksi juga wajib menggunakan atribut tersebut. Kalau tamu biasa, hanya bisa melihat dari luar ruangan ya.

 


Saatnya masuk ke ruang produksi...

Sebuah ruangan besar, cukup terang, di dalamnya berjajar mesin-mesin pembuat bakpia yang tengah beroperasi. Tidak seperti dalam pikiran saya yang membayangkan gerah dan panasnya ruangan pabrik, ternyata tidak... Di ruangan tersebut tidak terlalu panas, sirkulasi udara juga lancar. Di area produksi, sebaiknya hanya melihat saja, dan tidak menyentuh apapun yang ada di sana.

 


PROSES PEMBUATAN DI PABRIK BAKPIA JUWARA SATOE

Produksi di Pabrik Bakpia Juwara Satoe ini tentu saja telah menggunakan mesin-mesin yang canggih dan higienis, serta menggunakan kelengkapan standar produksi pabrik. Namun demikian, masih ada staff karyawan, mereka menggawangi mesin produksi, mengawasi oven, bagian packing, dan tugas-tugas lainnya.

 

Semua terstruktur, mulai dari persiapan bahan baku, penimbangan bahan, dan pencampuran bahan. Setelah itu, masuk ke mesin pencetakan, pemanggangan, hingga pendinginan. Untuk menjaga kualitas, Bakpia Juwara Satoe di-packing secara individu maupun menggunakan mesin sehingga kebersihan produk selalu terjaga.

 


Saya sangat beruntung, selama di dalam line produksi, saya diperkenankan mengambil dokumentasi, baik foto maupun video. Jadi, Kawan Ransel, silakan melihat-lihat dari dokumentasi foto di blog ini, atau video di Instagram saya, @rifia_nisya. Selama tour berlangsung, Staff Bakpia Juwara Satoe juga sangat ramah dan helpful.

 

Setiap mesin adonan dan mesin cetak digawangi dua atau tiga (saya lupa) operator. Yaitu staf yang bertanggung jawab atas pembuatan adonan dan pencetakan adonan, serta staf yang mengawasi pencetakan adonan, sampai menyusun loyang-loyang penuh bakpia ke cooling rack. Melihat adonan yang dicetak menjadi bakpia itu rasanya satisfying banget...

 


Setelah bakpia tercetak, saatnya masuk ke tahap pemanggangan. Ruang pemangganan berada di sebelah ruang adonan dan pencetakan. Berbeda dengan ruangan sebelumnya yang tidak panas, di sini jangan tanyaaa. Karena ruangan besar ini isinya oven semua, dan besar-besar, ya wajar kalau vanas... 

 

Nggak kuat lama-lama berada di sana, saya beralih ke ruangan selanjutnya, yaitu ruang pendinginan. Ini tempat mengistirahatkan bakpia-bakpia yang baru saja dipanggang. Pikiran panas aja diademin, bakpia juga butuh diademin... #eaaa

 


PACKING

Setelah itu, saatnya packing di ruang selanjutnya. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, bakpia di-packing secara individu maupun menggunakan mesin. Belasan orang berdiri berjajar di satu sisi meja panjang. Tangan-tangan mereka cekatan memasukkan bakpia-bakpia ke dalam kotak. Begitu terus berulang-ulang...

 

Untuk bakpia kering, satu-satu di-packing menggunakan mesin. Tiap mesin tentu saja operator yang menggawangi. Setelah di-packing satuan, masih dimasukkan lagi ke dalam box. Sampai sini, bakpia-bakpia telah siap, dan disistribusikan ke puluhan outlet Bakpia Juwara Satoe yang tersebar di penjuru Kota Jogja.

 

Karena proses pembuatannya sangat terukur, maka Bakpia Juwara Satoe memiliki cita rasa yang khas dan konsisten. Agenda tour pabrik kali ini ditutup dengan belanja di outletnya. Boroong.. boroongg... Outlet Bakpia Juwara Satoe di sini juga luas, varian bakpianya juga lengkap. Berbelanja pun jadi lebih nyaman...


Gimana? Mau review outletnya juga? Barangkali ada kesempatan nanti...

 

LOKASI PABRIK BAKPIA JUWARA SATOE

Pabrik Bakpia Juwara Satoe beralamat di Jebresan, Kalitirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya dapat ditempuh dari pusat Kota Jogja, sekitar 20 hingga 25 menit.

 

[ Map ]

 

 

Pabrik Bakpia Juwara Satoe memiliki parkir yang luas, bus pariwisata bisa masuk. Jadi jangan khawatir bagi kunjungan rombongan yang memakai kendaraan besar.

 

Bakpia Juwara Satoe terdiri dari bakpia basah dan bakpia kering, dan punya banyak varian rasa. Ada varian rasa asli, ada juga yang rasa variasi, kekinian cocok di lidah kawula muda seperti saya *ea. Pilih varian favoritmu, seperti bakpia rasa cokelat, nanas, kacang hijau, durian, gula tarik, kumbu hitam, dan lain sebagainya. 

 

Kalian bisa mendapatkan Bakpia Juwara Satoe di outlet terdekat. Bisa juga order via Shopee, Grabmart, Tokopedia, Tiktok Shop, serta Whatsapp CS. Bakpia Juwara Satoe juga ready dikirim ke luar kota Jogja. Ayok langsung serbu ke @bakpiajuwarasatoe!

 

#bakpiajuwarasatoe

#oleholehjogja

(Rifia Nisya)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe