Kedai Kolega, Tempat Ngopi Asyik di Jogja

May 25, 2018


EAT AND CULINARY

KEDAI KOLEGA,
COFFEE SHOP DI BAWAH GEDUNG DAGADU JOGJA


Kopi adalah salah satu jenis minuman yang disukai oleh orang-orang di seluruh dunia. Jika Kawan Ransel sedang berkunjung ke Jogja, pastikan kamu mampir ke kedai kopi satu ini, KEDAI KOLEGA. Letaknya ada di seputaran Jl. Gedong Kuning Selatan, tepatnya di lower ground Gedung Yogyatourium (Dagadu Jogja). Tempat ini mengusung nuansa vintage, suasana di dalamnya pun cukup nyaman.


BEVERAGE AND FOOD : MODERN MEET TRADITIONAL
KEDAI KOLEGA punya banyak koleksi kopi nusantara yang disajikan dengan berbagai cara seperti tubruk, french press, vietnam drip, sampai blend coffee. Selain kopi, tersedia berbagai varian cokelat, milkshake, dan minuman non-kopi lainnya. Uniknya, Kedai Kolega juga menyediakan minuman tradisional, seperti teh, wedang sereh, wedang secang, atau wedang uwuh khas Imogiri. Inilah yang membedakan dengan kedai kopi yang lainnya, Kedai Kolega memadukan unsur modern dan tradisional pada sajiannya.
Begitu juga dengan varian makanannya. Untuk hidangan utamanya, kamu bisa mencoba mie lethek khas bantul, atau nasi goreng yang ditambah keripik ketela. Aneka snack juga bisa dipilih, seperti tape goreng, pisang goreng, bakwan jagung, pesan saja sesuai dengan selera kamu. Oh ya, ada menu otentik ala KEDAI KOLEGA, namanya Klutela. Camilan tradisonal ini terbuat dari ketela pohon yang direbus bersama santan, kemudian disajikan dengan balutan saus gula jawa.

 

Saya beberapa kali nongki di KEDAI KOLEGA, tempatnya deket banget dari rumah. Minuman yang selalu sya pesan adalah cold brew, tapi sya biasa minum dengan susu. Rupanya, Cold Brew adalah salah satu menu unggulan di sini, kopi yang diseduh dengan proses dingin dan disimpan minimal 8 jam dalam lemari es. Lebih spesifik lagi Affogato Cold Brew, yang dipadu dengan es krim vanilla yang lembut, menghasilkan sensasi berbeda dalam menikmati kopi.
Saat berkunjung kemari, biasanya saya pesen camilan ringan. Biar nongkrongnya di cafe ternama, pesen camilannya tetep gorengan juga, haha!

Bandrol harga Single Origin Coffe mulai dari Rp. 15.000,-, untuk minuman lainnya mulai dari Rp. 10.000,-. Sedangkan harga makanan mulai dari Rp. 12.000,-


KEDAI KOLEGA di-desain semi outdoor. Pengunjung bisa masuk dari sisi selatan (kiri gedung), apabila parkir di depan, atau masuk dari sisi utara (kanan gedung), apabila parkir di belakang. Memasuki Kedai Kolega, Kawan Ransel akan langsung merasakan atmofser ruangan yang cozy. Ruangan terasa hangat karena dominasi warna cokelat kayu pada lantai dan hiasan dinding. Namun tampak segar karena adanya aksen tanaman hias dan sentuhan hand latering pada beberapa sudut. Untuk tempat ngopi dan nongki, coffee shop ini terbilang lumayan luas, dan ramai dikunjungi terutama malam hari. Tempat ini juga menawarkan banyak spot-spot yang instagramable, dengan berbagai latar menarik.


Tempat ini sering digunakan untuk menggelar event menarik seperi workshop, meet and greet, hingga tempat diskusi publik. Fasilitas yang tersedia di Kedai Kolega diantaranya parkir luas, mushala, dan wifi. Masih di kawasan kedai kopi, ada ruang terbuka dengan panggung permanen berukuran kecil. Serta rumah joglo yang terletak di bagian belakang, bisa direservasi untuk kegiatan umum. Waktu operasional kedai ini mulai jam 10.00 sampai 23.00.

HOW TO GET THERE

KEDAI KOLEGA
Lower Ground Yogyatourium
Jl. Gedong Kuning Selatan No. 128, Yogyakarta.
Lokasinya agak jauh dari pusat Kota Jogja.

[ Map ]


‒ Teks & Foto by : Nisya Rifiani ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

9 comments

  1. nyaman ya dan camilannya enak tampaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal camilan, disini banyak pilihannya, dan enak2

      Delete
  2. Wah ini punya nya Dagadu atau pisah mb? Mau ah mampir ke sana :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasinya ada di bawah gedung dagadu, satu tempat...

      Delete
  3. Bagus cafenya, terasa adem. Penasaran cold brewnya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau malam, wahh sejuk pokoknya...
      Cold brew di sini adalah signature drink-nya...

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe