Mie Ayam Virgo 14, Mengecap Manis dan Gurih Mie Ayam Khas Jogja yang Mantap

May 21, 2018


EAT AND CULINARY

MIE AYAM VIRGO 14,
MENGECAP MANIS DAN GURIH MIE AYAM KHAS JOGJA YANG MANTAP


Sebenernya sya bukan penggemar mie ayam. Tapi, akhir-akhir ini artikel sya kebanyakan review mie ayam karena sya sering makan siang bareng Shinta Wuri (officemate), si penggemar mie ayam sejati. Kali ini, kami mengunjungi sebuah warung mie ayam yang lokasinya di seputaran Kompleks TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta, namanya MIE AYAM VIRGO 14 JOGJA.

“MIE AYAM VIRGO 14”
(Jl. Raya Berbah, Sleman, Yogyakarta, Depan Lapangan Paskhas Auri TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta). Shinta sudah berkali-kali makan siang di sini, kalo’ sya sih masih bisa dihitung dengan jari. Lalu, apa yang istimewa dengan sajian mie ayam di sini?

 

Note :
Bagi sya, klasifikasi rasa mie ayam itu ada tiga : (1) nggak enak, (2) biasa, dan (3) enak. Mie ayam yang rasanya nggak enak udah pasti rasanya ancur, entah dari mie-nya, rasa kuahnya, atau bumbu ayamnya. Dan hampir semua orang sepakat mengatakan rasanya nggak enak. Mie ayam yang rasanya biasa itu rasanya nggak terlalu buruk, cukup layak untuk jadi santapan. Rasanya pun hampir sama dengan mie ayam kebanyakan, nggak ada sesuatu yang khas. Nah, mie ayam yang rasanya enak umumnya punya rasa khas yang membedakan dengan deretan mie ayam enak lainnya. Misalnya perbedaan pada mie-nya, bumbunya, olahan ayamnya, pokoknya nggak bisa ditemukan di warung mie ayam lain...!


Di MIE AYAM VIRGO 14 ini sebenernya mie dan sawinya biasa-biasa aja, menurut sya. Tapi bumbu dan olahan ayamnya uenakkk... Meski mie-nya biasa tapi pematangannya tepat jadi pas untuk disantap, ukurannya mie-nya sendiri tidak terlalu besar. Setahu sya sawi untuk campuran mie direbus terlebih dahulu, jadi tidak dimasak bersama mie. Nah, untuk bumbu dan ayamnya ini nih yang istimewa, cita rasanya perpaduan manis dan gurih yang pas di lidah. Rasa kecap pada semur ayam juga tidak terlalu dominan, suwiran daging ayamnya juga besar-besar. Mie yang bercampur dengan bumbu dan ayam semur menyatu, memunculkan cita rasa yang khas dan enak! Ayam semurnya juga manis-gurih, bumbu semur merasuk sampai ke dalam daging.


Cita rasa khas mie ayam seperti itu jarang bisa ditemukan di warung mie ayam lain. So, kesimpulannya, mie ayam ini enak! Apalagi, porsi yang disajikan lebih banyak dibanding mie ayam biasa. Oh, ya, satu lagi kekhasan mie ayam di Kedai MIE AYAM VIRGO 14, mie ayam disajikan dengan potongan daun loncang segar yang diiris agak kasar. Di setiap meja disediakan kecap, sambal, saos sambal, dan semangkuk daun loncang. Di Warung Mie Ayam Virgo Jo14 gja, juga bisa rikues topping tambahan, seperti ekstra mie, ayam, sawi, atau tambahan bakso. Kadang, sang penjual juga memberikan krupuk gratis sepuasnya (khusus makan di tempat) pada hari-hari tertentu. Kalau kamu datang di waktu yang tepat, kamu bisa dapet krupuk gratis.


Harga seporsi mie ayam juga murceu lho, alias murah ceriaaa. Satu mangkok mie ayam bisa ditebus dengan harga Rp. 8.000,- sadja. Untuk tambahan topping (mie, ayam, sawi, atau bakso), juga dikenakan harga ekstra, mulai dari Rp. 2.000,-. Untuk Menambah cita rasa mie ayam, disediakan kecap, sambal, dan saos sambal di setiap meja. Sayang warung ini nggak menyediakan tissue makan. Harga minumannya juga tidak mahal, mulai dari Rp. 2.000,-. Rupanya mie ayam ini juga banyak penggemarnya, pelanggan datang silih berganti di warungnya yang sederhana. Beberapa kali jajan di sini, sya selalu menambahkan daung bawang banyak-banyak. Kadang kalau butuh asupan sayur lebih, sya pesan mie ayam ekstra sawi. Mie Ayam Virgo 14 Jogja buka mulai jam 10.00 – 22.00, libur setiap hari jumat.


HOW TO GET THERE
MIE AYAM VIRGO 14
Jl. Raya Berbah, Sleman, Yogyakarta.
Depan Lapangan Paskhas Auri TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta

MIE AYAM VIRGO 14 ini tadinya berada di Jl. Wonocatur, Banguntapan, Bantul, tapi sekarang sudah pindah di tempat yang baru ini. Tempat yang lama tutup permanen ya, meski bekas warungnya kini dipakai untuk berjualan mie ayam juga (tapi berbeda pemilik). Jadi yang pengen nyicipin mie ayam ini jangan sampe salah tempat, langsung meluncur aja ke sini. Buat Kawan Ransel yang suka bingung alamat, nama jalam, atau ancer-ancer, bisa klik map di atas dan ikuti petunjuk arahnya. Nama di Google Map : Mie Ayam Virgo 14.

[ Map ]


JAJAN KE SINI LAGI???
OFCOURSE, YES!

‒ Teks & Foto by : Nisya Rifiani / Mei 2018
:: Please don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

4 comments

  1. Wah boleh dicoba nih kalau sedang ada di Sleman. Harganya juga kurang lebih sama kayak di tempat saya. Apalagi tulisan di gerobaknya "Pakar Mie Ayam", udah pasti mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, mie ayam gerobak biru, terpercaya cita rasanya, murah pula harganya, hehe...

      Delete
  2. Jadi pengen nyobain nih, saya juga mie ayam-holic...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok kapan-kapan hunting bareng kak, hehehe... :D
      Sya punya postingan lain tentang mie ayam lho kak... :)

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe