Essen Choco Pot: Pancake & Susu Cokelat, Paduan Selaras yang Menenangkan Pikiran

October 24, 2018


EAT AND CULINARY
📌 JOGJA

ESSEN CHOCO POT
PANCAKE & SUSU COKELAT, PADUAN SELARAS YANG MENENANGKAN PIKIRAN

Tinggal di pinggiran Kota Jogja, ‒tepatnya yang berbatasan dengan Kabupaten Bantul, cukup sulit juga menemukan tempat nongki yang asyik. Namun, beberapa tahun belakangan, mulai muncul tempat-tempat makan dan hiburan yang bernuansa kekinian. Salah satunya, ada tempat nongki menarik yang unik nan klasik di seputaran Jl. Gedong Kuning, bernama ESSEN CHOCO POT. Kafe sekaligus tempat makan ini hadir sejak beberapa tahun silam. Saya pun sering sekali berkunjung, entah berapa kali tak terhitung jumlah kunjungan saya ke sana. Essen Choco Pot menempati Toko Essen Bakery And Cake, Lt. 2. Jadi kurang familiar karena mayoritas pengunjung hanya tahu itu toko roti biasa. Padahal ada kafe dan tempat makan di lantai atasnya.

Essen Choco Pot banyak menawarkan menu-menu makanan dan minuman yang menggunakan bahan dasar cokelat. Siapa sih yang nggak suka dengan cokelat? Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pasti akrab dan suka dengan panganan yang satu ini.

ESSEN CHOCO POT, kafe dan tempat makan ini pun punya menu minuman andalan yang diberi nama Chocolate Choco Pot. Menu ini terdiri dari susu murni panas yang disajikan dalam cangkir gerabah, lalu diletakkan dalam tungku kecil dengan api selalu menyala agar susu selalu panas. Pendampingnya, disajikan pula gula pasir dan beberapa batang cokelat (untuk campuran minuman), serta kue manis yang diberi nama “stick mocca” ‒untuk menemani lidah menyesap cokelat panas. Serunya kita bisa meracik cita rasa minuman ini sesuai dengan selera lidah sendiri. Varian Choco Pot yaitu paduan hazelnut, ginger, cinnamon, opera, dan mint. Buat para penggemar cokelat, rasanya sayang jika melewatkan menu satu ini...

Tapi kali ini, sya akan mengajak KAWAN RANSEL, mengintip dua menu cokelat jagoan lainnya di ESSEN CHOCO POT, yaitu Pancake Cokelat dan Susu Cokelat.

#

PANCAKE COKELAT

KAWAN RANSEL sebaiknya memesan menu ini, Pancake Cokelat.
Pancake jenis manis ini teksturnya lembut, terdiri dari dua lapis pancake berbentuk bundar berukuran sedang. Di atasnya ditambah dengan es krim cokelat yang lezat dan rasa cokelatnya pun pekat. Sya suka banget nih sama es krim cokelatnya… Pancake Cokelat disajikan +plus whipped cream yang tak kalah lembut, yang bersembunyi diantara pancake dan es krim. Masih ditambah kental manis cokelat yang jumlahnya nggak kira-kira, serta taburan bola-bola cokelat di atasnya. Pancake disajikan saat masih hangat-hangat, berpadu dengan manis dinginnya es krim, menciptakan sensasi tersendiri saat bersama-sama dikecap.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, pancake ini cocok dinikmati sebagai kudapan.
Selain aneka pancake manis, ada pula pancake asin yang ditawarkan di ESSEN CHOCO POT. Variannya pun cukup banyak, basic adonan pancake-nya sama, yang membedakan adalah topping yang disajikan. Bandrol pancake yang ditawarkan cukup terjangkau harganya, mulai dari Rp. 10.000,-. Overall, presentasinya bagus, sayangnya alat makannya kurang mendukung, terutama sendok (menggunakan sendok makan biasa). Menurut saya, kurang match dengan konsep penyajian pancake dan tempat makan itu sendiri. Mungkin, ke depannya bisa diganti dengan sendok makan yang lebih unik sehingga lebih menggugah selera penikmatnya.

Pancake Cokelat Rp. 12.000,-
#

SUSU COKELAT

Akhir-akhir ini jogja panas yah~ Ademin aja pake susu cokelat...
Susu Cokelat di ESSEN CHOCO POT ini memang istimewa, presentasinya tidak seperti susu cokelat biasa, lho. Susu cokelat dingin disajikan dalam gelas yang ukurannya cukup besar. Terdiri atas racikan susu cokelat yang rasanya tuh juga cokelat banget, dilihat dari warnanya pun lebih pekat dari susu cokelat biasa kaannn... Rasanya susunya sendiri juga lebih samar, malah kayak nggak berasa susu gitu lho. Di atasnya, whipped cream lembut menjulang sekitar lima sentimeter. Masih ditambah dengan taburan bola-bola cokelat di atasnya, semacam choco chips, kalau dikunyah teksturnya terasa crunchy. Hhmmm, yummy banget kan, KAWAN RANSEL harus coba deh, paling enggak satu, sekali… *Kalau satu belum cukup, dua dong, kayak saya. Siapkan rupiah mulai Rp. 12.000,- untuk menebus satu gelas Susu Cokelat. Cukup terjangkau bukan…?

Susu Cokelat Rp. 12.000,-

#

ESSEN CHOCO POT nggak cuma menyajikan menu cokelat saja, lho. Sesungguhnya, ada banyak menu camilan ringan yang cukup unik, atau menu berat yang beraneka ragam. Pada jajaran camilan ringan, selain pancake, ada kroket bola tenis dan risoles saus mayo yang ukurannya cukup besar dan mengenyangkan. Kemudian ada cumi goreng kriting, kentang goreng, semuanya enak *karena sya pernah cobain ya. Harga camilan mulai Rp. 7.500,-.  Jika sedang lapar, pilihan makanan beratnya ada bistik daging, ini enak banget dan aku rekomendasikan untuk KAWAN RANSEL. Lalu ada aneka pasta, nasi bakmoy, beef sandwitch, bakso, dan lain-lain. Tapi sya kurang cocok saat mencoba bakmoy, masih enak bakmoy buatan ibu sya, hehehe. Sedangkan pilihan minumannya ada aneka kopi, cokelat, jus buah dan squash, dan lain-lain. Harga minuman dipatok mulai Rp. 3.500,-.

Baca Juga :

ESSEN CHOCO POT asyik untuk makan sendirian, maupun kumpul bersama teman atau sahabat. Tempat ini banyak dikunjungi remaja sekolah menengah atas dan mahasiswa, serta karyawan kantoran, biasanya mereka datang saat jam makan siang, atau sepulang sekolah atau kuliah. Desain eksterior maupun interior ESSEN CHOCO POT mengusung konsep fushion, yaitu “modern meet traditional”. Terlihat dari gaya bangunan dan dekorasi dinding, lukisan yang modern, berpadu dengan interior kursi dan meja kayu tradisional. Ditambah dengan pencahayaan orange yang nyaman dan hangat, seperti di rumah sendiri. Fasilitas lain yang ditawarkan yaitu ruangan full AC, smoking room, free hot spot, dan toilet.


ESSEN CHOCO POT
TOKO ESSEN BAKERY AND CAKE, LT. 2
Jl. Gedong Kuning No. 48 A Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta.
Buka setiap hari mulai jam 08.00 – 21.00.

[ Map ]


KAWAN RANSEL tertarik mampir ke sini? Langsung cuss aja…
Jangan lupa pesan menu-menu yang sya rekomendasikan, ya.

‒ Teks & Foto oleh : NISYA RIFIANI / Oktober 2018 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

8 comments

  1. Replies
    1. Kode mau ngajakin, nih??? Boleh lho kalau mau ngajakin aku makan cokelat...

      Delete
  2. Huwaaaaa baru aja ngidam pancake, eh ada referensi tempat makan dengan menu pancake di sini. Aduh gek itu minumnya... aduuuuh makin ngiler :Q

    Eh mbak, aku follow blogmu yaaah. Jangan lupa follow balik honeyvha.com muehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. #GagalDiet lah klo ke sini, lupakan diet...! Eskrimnya enak, minumannya bikin makin mlenuk..
      .
      Oke, udah follback yaa, makasih udah di-follow duluan.. (Biasane aku follow trus nggak di-follback #syedih)

      Delete
  3. enak nih bisa menenangkan pikiran.. lagi strees makan nih. www.ipung.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul, pokoknya kalau lagi stres makan ini tuh jadi happy, hihihi

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe