Soto Ayam Pak Min. Slurrppp! Gurihnya Kaldu Ayam Kampung Berpadu dengan Semburat Rasa Soto yang Ringan

February 01, 2019


EAT AND CULINARY
JOGJA

SOTO AYAM PAK MIN 
SLURRPPP! GURIHNYA KALDU AYAM KAMPUNG BERPADU DENGAN SEMBURAT RASA SOTO YANG RINGAN

Ada yang selalu menggelitik pandanganku ketika melintas di seputaran Jl. Rejowinangun, Jogjakarta. Kerumunan orang menyemut di sebuah tempat sederhana bertajuk “SOTO AYAM PAK MIN”. Apa gerangan yang memikat orang-orang bertandang ke sana??? Rasa penarasan akhirnya membawaku menjejakkan kaki di kedai soto ini…


Matahari belum begitu terik, pagi itu. Ah, masih ada waktu untuk sarapan pagi, pikirku. Aku lalu mengajak kakak sarapan bersama, sebelum sama-sama berangkat bekerja. Sejurus kemudian, kendaraan yang kami tunggangi meluncur ke Kedai SOTO AYAM PAK MIN. Gerobak soto yang diletakkan paling depan menjadi penanda lokasi kedai. Kakak memarkirkan kendaraannya di barat kedai, yang notabene merupakan gerbang keluar sebuah rumah besar. Ah, pintu itu sebenarnya tak pernah berfungsi sebagaimana mestinya (sebagai pintu keluar), jadi kami pikir tak apa-apa jika kami parkir di situ…

Baca Juga :

Kami memasuki Kedai SOTO AYAM PAK MIN melalui celah di samping gerobak, melewati sebuah pintu saluran air, dalam bahasa jawa sering disebut dengan nama “gejlik”, yang saat itu kondisinya tertutup. Kalau pintu saluran airnya terbuka, posisi pintunya “menjulang” dan tidak bisa masuk kedai lewat situ. Karena ada pintu saluran air ini, makanya ada teman yang menjuluki soto ini dengan nama “Soto Gejlik”. Rupanya ada pintu masuk lain di bagian samping kedai yang menghadap sebuah gang kampung. Rupanya, pengunjung biasa masuk dari pintu itu dan biasa memarkir motornya di sepanjang gang itu, bukan di tempat kakak memarkirkan motornya, tadi.


Aku dan Kakak kemudian memesan dua porsi soto ayam, tak lama pesanan kami sudah terhidang… Soto hangat berkuah bening ini memang enak dinikmati saat pagi hari. Penyajian soto sama saja dengan soto lainnya, hanya saja porsi dan rasa kuah kaldunya yang berbeda. Semangkuk SOTO AYAM PAK MIN disajikan dalam mangkuk keramik berlabel “Jago” seperti pedagang lainnya. Isian sotonya berupa nasi putih, bihun putih, taoge, dan kol (kubis), potongan tomat segar, serta taburan daun dan batang seledri cincang, dalam mangkuk juga terdapat secuil lenthok goreng.

Hal yang nggak aku sangka-sangka adalah suwiran ayamnya yang banyaakkk (lebih banyak dibanding di kedai soto lainnya). Dan yang istimewa, ayam yang digunakan dari jenis ayam kampung. Jadi, kaldunya gurih, kuahnya bening, dan tekstur daging ayamnya padat berserat.

Racikan bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah soto bening yang sedikit berminyak dengan aroma gurih, enak nan lezat, dan disajikan hangat-hangat. Slurrppp! Ketika kali pertama menyeruput kuah SOTO AYAM PAK MIN, kaldunya terasa gurih banget dengan semburat rasa bumbu soto yang ringan. Terasa mantap jika ditambah dengan sedikit air perasan jeruk nipis yang menghadirkan sensasi segar, padukan dengan sambal cabe rawit jingga untuk  mendapatkan rasa yang lebih mantap. Overall, rasa soto ini hampir mirip dengan Soto Lenthok Lumayan Kang Sarman Kotagede, cuma kalau di sini lebih banyak suwiran ayamnya, dan tidak disediakan daun kemangi.


SOTO AYAM PAK MIN makin sedap saat dinikmati bersama dengan sate, tempe goreng, atau tahu bakso, juga kerupuk. Sate yang tersedia saat aku berkunjung hanya ada sate usus berbumbu bacem, lilitan satenya panjang, rasanya perpaduan gurih-manis, enak! Selain sate, coba juga tempe goreng tepung yang legit. Potongan tempenya berbentuk segi tiga dan ukurannya cukup besar. Bumbu tepungnya gurih dan dimasak sempurna hingga teksturnya krispy. Ah, sekali gigit saja aku bisa ketagihan. Fix! Jadi tempat jujugan sarapan selanjutnya…

Ah, rupanya, banyak hal yang membuat SOTO AYAM PAK MIN nggak pernah sepi pengunjung. Selain porsi yang banyak, isian soto yang lengkap, rasanya enak nan lezat, harganya juga ringan di kantong.

Kami membilas mulut dengan es teh yang rasanya segar banget. Dan ternyata, sajian teh di kedai soto ini juga istimewa, tehnya kental dan manis. Oh, ya, KAWAN RANSEL pasti bertanya-tanya soal harganya… Seporsi SOTO AYAM PAK MIN dibandrol seharga Rp. 9.000,- (Masih murah banget, ya allah *menangis haru). Jika membeli untuk dibawa pulang (dibungkus), akan mendapat porsi lebih banyak. Harga tempe goreng tepung dan kerupuk hanya Rp. 1.000,-. Harga minuman mulai Rp. 2.000,-


Sebelum mangkal di kedai sederhana ini, Pak Min, pemiliknya, menjajakan sotonya dengan gerobak, keliling masuk-keluar Kampung Rejowinangun. Soto keliling ini kemudian populer dengan sebutan SOTO AYAM PAK MIN. Karena banyaknya permintaan, Pak Min sekarang buka lapak yang lokasinya ada di Jl. Rejowinangun No. 3A Yogyakarta. Kedainya sendiri sebenarnya tidak terlalu besar, hanya sekitar dua meter (lebar), dan sepuluh meter (memanjang ke belakang). Pada bagian depan diletakkan gerobak soto, jumlah meja-meja juga tidak banyak, ada lima meja panjang, ditambah meja yang menghadap ke arah gang.

Pagi itu, aku dan kakak puas menyantap SOTO AYAM PAK MIN sebagai sarapan, meski soto ini bukan termasuk jajaran TOP 10 Soto di Jogja. Kalau mampir ke KOTA JOGJA, sempatkan sarapan di sini, ya… Jangan kesiangan, kalau lewat jam sebelas siang, biasanya pedagangnya udah beres-beres mau tutup…

SOTO AYAM PAK MIN
Jl. Rejowinangun No. 3A Yogyakarta
(Selatan Kebun Binatang Gembira Loka)

[ Map ]


Peta Online Menuju ke Lokasi Kedai Soto Ayam Pak Min

Buka Jam 06.00 Pagi – Jam 11.00 Siang

Kekurangan :
Parkir motor terbatas. Parkir mobil tidak ada.
Mungkin yang berkendara menggunakan mobil bisa parkir di tepi-tepi jalan. Sebenarnya ada tempat parkir khusus mobil di dekat masjid, hanya saja jaraknya lumayan jauh sekitar 100 meter dari lokasi kedai.

NISYA RIFIANI / Januari 2019 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

14 comments

  1. Duh, menggugah selera banget sotonya. Dikasih sambal plus perasan jeruk nipis, hm mantap pol. Bikin keringetan dan semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu mak, aku kalau makan soto juga suka pake sambel sama air jeruk nipis, no kecap-kecap... :D

      Delete
  2. 9000 rupiah murah banget ya. Soto bening kayak gini kesukaan suamiku. Kalau aku sukanya soto berwarna alias pakai santan dan sebagainya Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, murah nih, porsinya juga banyak...
      Aku suka semuaa soto, yang santan2 jugaa... :)

      Delete
  3. Wah jadi kepengen nih, kalo beli mending dibawa pulang ya, biar lebih banyak he, he, he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dan bapaknya perhatian banget kalau bungkus porsinya lebih banyak, bisa buat orang se-rumah

      Delete
  4. Kirain tadi sop ayam :D :D :D..
    Betewe bikin penasaran nih si soto Pak Min..
    Kudu datang kesana yaa.. coz kalo pake Go Food jaraknya terlalu jauh dari tempatku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mbak, soalnya nama pak min itu identik dengan sop ayam yg dr klaten itu... Iya mbak, kalau jaoh dari rumah mending dateng langsung, di-gofood-in malah mehong, hihihi

      Delete
  5. Sebagai tim pemburu soto aku penasaran dengan soto pak min ini mbak, apalagi ada lenthoknya, kusukaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Sasa juga suka berburu soto tohh?? Kasih aku rekomendasi soto enak dong mbak... :)

      Delete
  6. Review sorem (soto rembang) mbak dijamin endues juga loh hehee

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. duh, jadi nggak enak nih bikin orang ngiler.. :D

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe