Sarapan di Kedai Bubur Ayam Viral di Jogja : Bubur Hayam Kotabaru

March 08, 2021

 


SARAPAN DI KEDAI BUBUR AYAM VIRAL DI JOGJA : BUBUR HAYAM KOTABARU

 

KALIAN SUDAH PERNAH MAKAN BUBUR HAYAM KOTABARU?

 

Bukan rahasia lagi, bubur ayam adalah salah satu menu populer buat sarapan pagi hari. Belakangan, BUBUR HAYAM KOTABARU viral banget di Jogja! Dia muncul di berbagai macam media sosial, saya lihat banyak muncul di Instagram, atau Twitter, mungkin… Ada banyak foodgram terkenal datang ke sana, membuat ulasan, dan menampilkannya di Instagram. Dari foto dan video, visualnya ketje banget. Menu-menu yang disajikan memang terlihat begitu menggiurkan… Meski viral, saya belum pernah ke sana sekalipun. Nah supaya nggak penasaran, saya lantas mencobanya langsung! Agak terlambat memang, tapi daripada tidak mencobanya sama sekali ye kann…

 

#

 


YUK LIAT DERETAN DAFTAR MENU DI BUBUR HAYAM KOTABARU

 

Pagi menjelang siang, saya tiba di Outlet BUBUR HAYAM KOTABARU, yang berada di Jl. Johar Nurhadi No. 5 Kotabaru, Kota Yogyakarta. Outlet ini tidak terlalu besar, tapi ruamenya pol! Pengunjungnya datang silih berganti, kadang sampai waiting list… Belum lagi abang-abang ojol yang nongkrong di sekitar outlet, mereka senantiasa menanti pesanan online. Lebar outlet-nya itu sekitar tiga meter, tapi memanjang ke belakang. Lahan parkirnya tidak luas, hanya sepetak kecil di samping oulet. Untungnya, jalanan depannya cukup lebar, jalan ini termasuk jalanan yang tidak terlalu ramai. Jadi parkir motor/mobil di pinggir-pinggir jalan masih bisa-lahhh…

 

“Bubur Hayam Kotabaru menyediakan Bubur Ayam dan Bubur Ketan Hitam, variannya cukup banyak lho. Pilihan Bubur Ayam ada bubur ayam biasa, bubur ayam rempelo ati, bubur ayam pelor, dan bubur ayam special. Perbedaannya ada pada topping buburnya… Pilihan Bubur Ketan Hitam ada bubur ketan hitam biasa dan bubur ketan special. Untuk minumannya, ada dua minuman special yaitu Es Bruno dan Es Cincau Karamel. Pilihan minuman lainnya ada teh, susu, jeruk, sampai jus. Bubur Hayam Kotabaru juga menyediakan snack : pisang aroma, keju aroma, dan sate usus.”

 

Saya memesan salah satu menu bubur yang banyak direkomendasikan yaitu BUBUR HAYAM SPECIAL, dan salah satu menu minuman yang termasuk best seller, yaitu ES CINCAU KARAMEL. Tempat memesan ada di bagian dalam ya, di bagian kasir, jadi sekalian bayar. Kalau kamu pesan take away, juga harus pesan di bagian dalam. Setelah pesan, pilih meja, dan tunggu di meja yang sudah dipilih itu. Karyawan akan mengantarkan pesanan kita… Mau pilih meja di dalam ruangan, atau di luar ruangan, bebasss. Cuman, karena tempatnya kecil, jadi vibes-nya terasa penuh, baik di dalam maupun di luar. Suasananya ramai dan hawanya cukup panas terutama pada siang hari.

 

 

#

 

BUBUR AYAM SPECIAL ALA BUBUR HAYAM KOTABARU

 

Tak lama menunggu, pesanan saya datang… Seporsi Bubur Hayam Special dengan kerupuk memenuhi mangkok bagian atas, menutupi aneka macam topping yang ditata rapi di atas bubur. Yaahhh, aku kira kerupuknya itu bakal disajikan di tempat terpisah… Di berbagai promosi BUBUR HAYAM KOTABARU, kerupuk disajikan di mangkok terpisah. Saya agak heran sekaligus sedikit kecewa, karena presentasi promosinya beda dengan presentasi yang disajikan sebenarnya. Ah, saya jadi tidak bisa mengambil foto cantik bubur ini karena terhalang kerupuk…

 

“Kan kerupuknya bisa dipindahin ke tempat lain…!”

“Kemana? Ke mangkok baru? Sayangnya saya terlanjur enggan minta mangkok baru...”

 

Padahal topping menu bubur yang saya pesan ini cukup menarik, loh. Ada ayam suwir, kacang kedelai goreng, potongan rempelo ati, daun bawang segar, dan bawang merah goreng. Ditata rapih, +plus kuning telur ayam kampung mentah yang diletakkan di tengah-tengah. BUBUR HAYAM KOTABARU jadi salah satu jawara bubur ayam karena topping-nya yang variatif dan banyak. Ngasihnya juga nggak pelit gitu lho… Warnanya cantik, dan instagenik banget tuh! Ah gagal deh motret bubur kayak foodgram-foodgram terkenal ituhhh… Ya sudah, saya potret seadanya sadja…

 

Baca Juga :

Yuk, Sarapan Bubur Ayam Jakarta Khuzaimah

 


 

Bubur ayam disajikan bersama condiments tambahan. Ada kuah kaldu dalam botol, kalian bebas tuang kuah kaldu ini ke bubur sesuai selera. Tersedia juga sambal bubur, sambal buburnya ini sepertinya racikan khusus bubur dan khas banget. Rasanya tidak terlalu pedas, teksturnya agak lembut dengan warna olive. Tersedia juga kecap manis dan kecap asin, juga daun seledri dan daun loncang segar yang dicincang kasar. Macam-macam condiments tambahan ini dikumpulkan dalam satu wadah kayu yang unik dan disediakan di setiap meja makan.

 

Bubur ayamnya sendiri memiliki tekstur cukup lembut dan tidak terlalu padat. Bubur ayam ini akan terasa lebih sempurna seandainya rasa buburnya sedikit lebih gurih lagi, dan rasa kelapanya sedikit ditingkatkan lagi. Oh, ya, kalian juga bisa pesan ekstra topping juga… Soal porsi, jangan tanya. Mengenyangkan! Cocok buat sarapan pagi… +Plusnya lagi, BUBUR HAYAM KOTABARU buka sejak jam 06.00, sampai malam jam 22.00. Mantap! Makan bubur ayam nggak melulu saat sarapan, bisa juga untuk makan siang, kudapan sore, bahkan makan malam.

 

ES CINCAU KARAMEL

Untuk menemani makan bubur, saya pilih Es Cincau Karamel. Penampilan minuman ini sederhana banget, seperti es cincau pada umumnya. Cincaunya nggak terlalu banyak, karamelnya mengendap di dasar gelas. Saya aduk supaya minuman tercampur sempurna! Saya menyesapnya pelan-pelan, tidak terasa manis dan tidak terasa rasa karamelnya, bahkan ketika sudah diaduk sekalipun. Saya makan cincaunya, saya kunyah perlahan. Saat itu, saya baru merasakan rasa manis dan rasa caramel di cincau itu. Paduannya cukup segar, ampuh lepas dahaga. Cuman kurang manis aja, sih…Oh, ya temanku pesan ES BRUNO, saya nggak sempet nyicipin, tapi sempet motret. Nanti saya lampirkan juga fotonya...


#

 


 

“Udah pesanannya itu aja? Nggak mau me-review yang lain, nih…???”

“Iya pesanan saya dua item itu aja…”

 

Lubuk hati terdalam saya berkata, ya sebenernya pengen juga me-review menu yang lain. Cumaannn, kalau nyobain beberapa menu sekaligus bisa tekor, nih. Lagian, siapa yang bakal menghabiskan??? Next time, mungkin aku akan berkunjung lagi, dan me-review menu yang lain, terutama menu bubur manis.

 

HARGA BUBUR HAYAM KOTABARU

Harga Bubur Hayam Kotabaru memang sedikit lebih mahal dibanding bubur ayam lainnya. Biasanya, bubur ayam di tempat lain dibandrol mulai Rp8 Ribu, paling mahal sekitar Rp12 Ribu. Di BUBUR HAYAM KOTABARU, bubur ayam dibanrol mulai Rp10 ribu sampai Rp18 Ribu. Bubur ketan hitam dibandrol mulai Rp12 Ribu sampai Rp20 Ribu. Minuman harganya mulai Rp5 Ribu. Snack harganya @ Rp2,5 Ribu.

 

#

 

ALAMAT BUBUR HAYAM KOTABARU

Jl. Johar Nurhadi No. 5 Kotabaru, Kota Yogyakarta.

Kalian bisa lihat lokasi Bubur Hayam Kotabaru di peta berikut ini…

 

[ Map ]

 

 

#

 

RIFIA NISYA

Bubur Hayam Kotabaru. Rabu, 3 Maret 2021.

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

 

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah terima kasih telah mengulas warung Mamang kak Nisya, terima kasih atas saran dan masukannya juga ya, kami tampung dan sampaikan ke management.
    Oh ya mengenai kerupuk, kakak boleh banget request di awal pesan, team kami akan dengan senang hati memisahkan krupuknya (nggak di pisah jauh-jauh kok supaya ngga kangen, hihi)
    Ditunggu kedatangannya kembali! ❤️ 🤗

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe