Gorengan - Traditional Snack From Indonesia. Camilan Pas Saat Gabut Melanda

December 02, 2021

 

 

GORENGAN - TRADITIONAL SNACK FROM INDONESIA

CAMILAN PAS SAAT GABUT MELANDA

 

Halo KAWAN RANSEL!

Pembaca di sini, siapa yang suka makan gorengan??? Aku! #sambillambailambaitanganheboh. Iya, saya itu anaknya doyan banget sama gorengan. Lagi pula, siapa sih yang nggak suka gorengan? Saya yakin makanan ini adalah cemilan favorit siapa pun, pasti kamu juga... Rasanya gurih renyah, mengenyangkan. Apalagi disantap selagi hangat, dipadukan dengan cabe rawit atau saus cocolan. Bheuhhh, nikmat banget… Gorengan ini bisa disebut sebagai Traditional Snack From Indonesia #biarkerenpakaibahasainggris. Ada banyak jenis gorengan yang bisa ditemukan di abang-abang penjual gorengan di tepi jalan. Mulai dari tahu isi, tempe mendoan, bakwan sayur, singkong goreng, combro, cireng, cakwe, dan masih banyak sederet gorengan lain… BANYAK!

 


Sayangnya, sejak beberapa tahun lalu, saya bermasalah sama gorengan gerobakan… #inimasalahnyabukanjotosjotosanapatawurangituya. Jadi tiap jajan gorengan di gerobak si abang tuh langsung deh sakit tenggorokan, disusul radang, demam… Barangkali penggunaan minyak yang terlalu banyak, atau terlalu sering, -jarang diganti alias jelantah. Bisa juga karena menggunakan bahan yang kurang bersih dan kurang higienis…

 

Sejak itu, saya lebih sering bikin gorengan sendiri di rumah. Ini cara saya untuk konsumsi gorengan yang lebih sehat. Lagipula gorengan termasuk makanan yang praktis dibuat, bahannya juga sederhana dan mudah didapat. Saya menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat, saya suka sayur dan buah, jadi saya banyak mengolah sayur dan buah menjadi gorengan. Misalnya caisim, terong, onion, brokoli, atau pisang, nanas, dan lain sebagainya.

 

Jangan bayangin bikin gorengan di rumah itu ribet. Bahkan, kita bisa lho membuat gorengan dengan dua bahan aja! Salah satu gorengan yang paling favorit di rumah adalah caisim bala-bala, alias bakwan. Pada dasarnya, bala-bala atau bakwan adalah adonan tepung yang diisi dengan aneka bahan kemudian digoreng. Bala-bala atau bakwan yang enak tuh garing di luar, tapi matang dan lembut bagian dalamnya.

 

 

RESEP CAISIM BALA-BALA

 

Nah, yuk kita bikin bala-bala caisim dengan dua bahan saja. Buatnya mudah, kok… Ini pertama kalinya saya kasih tips seputar dunia masak-masak di blog ini. Eh, sebelumnya sudah pernah, tapi di blog satunya lagi.

 

Bagi yang belum tahu, caisim itu sawi ijo ya sist #masacaisimajanggaktau. Caisim merupakan salah satu sayuran yang kaya gizi, sangat cocok diolah sebagai gorengan yang sehat. Selain itu, membuat caisim bala-bala juga tidak sulit karena caisim mudah ditemukan. Bahkan kamu bisa membelinya di abang sayur yang lewat depan rumah tuh. Untuk membuat caisim bala-bala yang sehat, gunakan adonan tepung lebih sedikit.

 

Bahan :

Untuk membuat caisim bala-bala, hanya butuh 2 bahan saja, yaitu caisim (90gr) dan1 Bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress (70gr), +plus air untuk melarutkan tepung dan minyak untuk menggoreng.

 

Cara Membuat :

  • Cuci bersih caisim, lalu tiriskan. Caisim yang digunakan tidak boleh basah, ya. Karena bisa menyebabkan hasil bala-bala jadi kurang renyah dan tak tahan lama.
  • Potong caisim dalam bentuk atau ukuran yang kamu mau. Saya memotongnya kecil-kecil, dan sedikit halus.
  • Siapkan wadah, campurkan Kobe Tepung Bakwan Kress dengan air matang. Kalau sudah pakai tepung ini, nggak perlu menambahkan bumbu apapun karena sudah ada racikan bumbu lengkap yang terbuat dari rempah asli alami. Praktis, kan!
  • Setelah itu campurkan semua bahan dan aduk rata.

 

Kalau mau bakwan yang garing, renyah tahan lama, adonannya harus bertekstur sedang. Tidak terlalu kental, dan tidak terlalu encer. Kalau terlalu kental, bakwan jadi tebal dan tak bisa renyah. Kalau terlalu encer, bakwan bisa tipis, melebar seperti rempeyek. Pastikan tekstur adonannya pas, cukup kental namun bisa tetap dicetak dengan mudah.

 

  • Panaskan minyak, goreng adonan caisim hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Setelah ditiriskan, sajikan caism bala-bala dengan cabe rawit atau saus cocolan.

 

 

Saya suka menggunakan Kobe Tepung Bakwan Kress, karena bisa membuat gorengan lebih renyah dan lezat. Tepung ini juga bisa digunakan untuk membuat aneka gorengan dan perkedel. Nah! Buk Ibukkk yang punya anak kecil dan susah makan sayur, bisa nih bikin gorengan sayur pake Kobe Tepung Bakwan Kress.

 

TIPS BIKIN GORENGAN

  • Perhatikan suhu minyak goreng saat memasak. Idelanya. Suhu untuk membuat gorengan berada di angkan 1600 – 2000. Minyak harus panas karena jika menggoreng dengan suhu rendah, minyak akan diserap lebih banyak pada makanan yang digoreng, sehingga membuatnya kurang sehat.

 

  • Jika gorengan sudah matang, jangan langsung disajikan pada piring saji. Tiriskan lebih dahulu untuk mengurangi minyak pada gorengan. Caranya bisa diletakkan di

 

KOBE DARI JEPANG. SALAH! KOBE INDONESIA PUNYA…

Kalo’ dari namanya memang Jepang banget. Kamu pasti ngiranya produk ini asalnya dari jepang. Iya khannn… Padahal produk ini Indonesia punya loh. Kobe memulai perjalanannya tahun 1979. Dulu, memulai dari industri rumahan. Produk pertamanya yaitu tepung bumbu, yang menjadi produk tepung bumbu pertama di Indonesia. Kobe ini sendiri merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak, dan memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu.

 

Varian Tepung Kobe ini ada beberapa macem. Kobe Tepung Bakwan Kress yang saya pakai untuk mebuat caisim bala-bala ini salah satunya… Ada 6 Macam varian tepung, yaitu Kobe Tepung Tempe Kriuk (untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa gurih dan renyah), Kobe Tepung Kentucky Super Crispy (untuk ayam Kentucky super crispy tahan hingga 8 jam), Kobe Tepung Bumbu Putih (untuk membuat gorengan renyah bertekstur kristal), Kobe Tepung Serbaguna (untuk membuat aneka gorengan renyah berempah), Kobe Tepung Pisang (untuk membuat pisang goreng dan aneka kue), dan terakhir Kobe Tepung Bakwan Kress, -yang saya pake buat bikin caisim bala-bala (untuk membuat bakwan dan perkedel renyah di luar lembut di dalam).

 

*

 

BERAPA HARGA TEPUNG BAKWAN KOBE?

Bicara soal bandrol harganya, cukup terjangkau di kantong lah ya.

 

Gimana, apa kalian tertantang mencoba bikin caisim bala-bala?

Buat yang udah cobain, menurut kalian gimana? Cerita dong di kolom komentar…

 

RIFIA NISYA

For KOBE Tepung Bakwan Kress.

 

For Collaboration or Bussiness Inquiry, Whats App or Email : rifiani.nisya@gmail.com.

 

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe