Litto - Little Tokyo Jogja, Spot Wisata Baru dengan Nuansa Ala Jepang

December 24, 2021

 

LITTLE TOKYO JOGJA, SPOT WISATA BARU DENGAN NUANSA ALA JEPANG

 

WEEKEND VIBES AT LITTLE TOKYO JOGJA

 

“Vacation time is always a great time. It’s even greater when it happens during the weekends.”

 

KONICHIWA! Ada spot wisata baru di Jogja! Namanya LITTLE TOKYO JOGJA (LITTO).

KAWAN RANSEL sudah pernah berkunjung ke Little Tokyo Jogja??? Saya sudah dong, hehehe #bangga.

 

Berkunjung ke Litto −Little Tokyo Jogja memberikan pengalaman tersendiri buat saya. Ya gimana enggak, sejak kecil saya itu anaknya Jepang banget, mulai dari nonton anime Jepang, baca manga Jepang. Waktu sekolah dan kuliah, saya ikut kursus bahasa jepang, kegandrungan music J-Pop & J-Rock, dan nonton beberapa J-Drama alias Dorama. Suka banget dateng ke acara ala Jepang, nonton konser musik Jepang, fashion style saya pun kejepang-jepangan. COSPLAY? Ofcourse saya pernah juga, tapi jangan cari dokumentasi foto saya ketika cosplay, JANGAN! Ada keinginan jalan-jalan ke Jepang, punya suama orang Jepang, *tapi nggak bisa bahasa jepang gimana dong LOL. Tapi belum kesampaian…

 


LITTO – LITTLE TOKYO JOGJA hadir dengan membawa suasana khas Negeri Sakura.

SENENG BANGET! Akhirnya ada spot jejepangan beneran di Jogja.

 

Spot wisata baru ini telah dibuka sejak 18 Desember 2021, kemarin. Lokasinya berada di Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DIY (55783). Litto – Little Tokyo Jogja merupakan spot wisata yang menggabungkan konsep Resort and Recreational Resto. Untuk masuk area wisata ini dikenakan biaya Rp30 Ribu per orang. Namun selama sepekan pertama saat soft opening, Litto - Little Tokyo Jogja menggratiskan tiket masuk untuk 50 pengunjung pertama yang datang di hari itu.

 

ALAMAT LITTO - LITTLE TOKYO JOGJA

Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DIY (55783).

 

[ Map ]

 

 

HOW TO GET THERE?


LITTO – LITTLE TOKYO JOGJA berjarak 45 – 60 menit perjalanan dari Pusat Kota Jogja. Kalian bisa mengunjungi spot wisata ini dengan mengendarai kendaraan pribadi. Saya nggak menyarankan untuk menggunakan kendaraan umum. Karena, nggak ada kendaraan umum yang menuju ke sana *LOL. Kalaupun pakai online transportation, bisa sih… Tapi pulangnya gimana??? Bisa jadi nggak ada mau yang pick-up orderanmu. Dahlah pake kendaraan sendiri aja…

 

Rute 1 : Jika berangkat melalui Jl. Wonosari Gunungkidul. Ikuti jalan utama ke arah Gunungkidul, naik ke Bukit Bintang. Sampai perempatan Pathuk, berbeloklah ke kanan ke arah Dlingo. Terus ikuti jalan utama sampai bertemu dengan Tugu Terong. Dari sini masih terus, pelankan kendaraanmu, jangan sampai melewatkan papan penunjuk Litto, di sisi kanan jalan.

 

Rute 2 : Jika berangkat melalui Jl. Imogiri Bantul (Selatan), kamu bisa melalui Hutan Pinus Mangunan dan mengambil arah ke Pathuk. Awas terlewat! Papan penunjuk Litto ada di sisi kiri jalan.

Tidak disarankan melewati Cinomati, karena rute ini melewati jalanan yang naik-turun dan berkelok.

 

NOTED


Pastikan kendaraanmu dalam keadaan tokcer moncer, karena harus munggah gunung, gaesss… Tapi, ketika sampai di LITTO – LITTLE TOKYO JOGJA, kamu akan merasa perjuanganmu sepadan. Kenapa??? Karenaaa… *Jawabannya ada di tulisanku di bawah ini…

 

 

AREA PARKIR LITTO – LITTLE TOKYO JOGJA


Salah satu yang dikeluhkan, -atau lebih tepatnya ditakutkan, oleh para wisatawan adalah ketersediaan tempat parkir di tempat wisata baru. Tapi kalian nggak perlu khawatir, LITTO - LITTLE TOKYO JOGJA sudah menyediakan tempat parkir yang luas baik untuk motor, mobil, maupun kendaraan besar seperti mini bus dan bus. Namun dari tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki, nggak jauh kok, kira-kira 100 meter. Perhatikan langkahmu, apalagi saat hujan atau cuaca lembab, bisa jadi jalan yang kamu lalui licin.

 

Saat saya berkunjung ke Litto – Little Tokyo Jogja, masih suasana soft opening. Namun suasana cukup semarak ketika saya berkunjung ke sana. Saya dan setiap pengunjung yang datang disambut oleh Gerbang Kuil Jepang (Torii). Gerbang ini memang bagian tak terpisahkan dari Budaya Jepang, dan diadopsi sebagai Gerbang Masuk di Litto – Little Tokyo Jogja. Melewati gerbang ini, rasanya seperti masuk ke dunia yang berbeda… Keseluruhan desain bergaya Jepang, mulai dari area outdoor, arsitektur bangunan, hingga dekorasi indoor-nya bernapas Jepang. Dominasi warna merah-putih di sisi luar menambah suasana jepang.

 

Maid yang mengenakan kimono (pakaian tradisional Jepang) menyapa saya dengan ramah begitu tiba di gerbang depan. Sepanjang jalan genangan dihiasi lampion-lampion merah bertuliskan aksara Jepang. Sinar temaram yang menyala pada sore dan malam hari menambah kesan hangat. Karena berada di ketinggian, dari sini kita bisa lihat pemandangan perbukitan hijau yang luar biasa bagus, dan udara yang sejuk. Kita juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam di ufuk barat. Anak sunset wajib merapat! Jika cuaca cerah, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama Sumbing dan Merapi, serta Pantai Selatan.

 



Di Litto - Little Tokyo Jogja ada beberapa pilihan spot nongkrong outdoor. Saya suka dengan spot outdoor ini karena bisa memandang ke alam langsung tanpa terhalang apapun. Live music acoustic yang dimainkan beberapa personel band mengalun lembut, menyeru dari salah satu spot outdoor, menghibur pengunjung yang datang. Ah sayangnya mereka nggak menyanyikan lagu Jepang. Kemudian benak saya membayangkan event musik jepang sembari bergumam, “Alangkah asyiknya bikin event music Jepang di sini. Seperti jaman dahulu kala..."

 

Iya! Selain wibu, dulu saya tukang bikin event jejepangan juga, bareng komunitas (event) jejepangan pertama di Jogja *seluruh dunia harus tau kalau dulu tu saya anak event juga… wqwqwq :D

 

Ada gardu pandang untuk dapat melihat pemandangan lebih leluasa… Ada kolam renang bertingkat yang ukurannya cukup besar dengan pemandangan perbukitan yang menakjubkan. Kolam renang ini dinamakan LITTO ONSEN, -karena memang ada kolam renang dengan air panas, seperti onsen di Jepang sana. Duh, kalian bayangin deh, berendam di kolam air panas, sambil liat pemandangan… Hhmm, tertarik cobain? Hanya dengan membayar Rp100 Ribu Nett/orang, kalian bisa menikmati pool-nya. Sudah termasuk handuk dan minuman loh.

 


 

ASAKURA INDOOR RESTAURANT & SHINJUKU COFFEE SHOP

 

Resto LITTO – LITTLE TOKYO JOGJA bernama Asakura Indoor Restaurant, menghadirkan menu makanan dan minuman casual dengan variasi hidangan Nusantara, Japanese, dan Western. Bandrol harganya affordable, dan pada akhir pekan ini, Litto – Little Tokyo Jogja memberikan promo diskon sampai dengan 40%. Resto ini terdiri dua lantai, dan untuk masuk ke resto ini, lagi-lagi pengunjung melewati Gerbang Torii. Ternyata spot ini adalah spot foto favorit pengunjung, terbukti ruame banget… Susah banget dapet foto clear area ala-ala celebglam ^^

 

MASUK KE DALAM…

Area dalam restaurant juga bergaya restoran minimalis ala Jepang, ofcourse, dengan pencahayaan yang hangat. Lantai satu terdiri dari meja-meja pendek, dengan tempat duduk bantal kecil, atau istilah dalam Bahasa Inggrisnya = Lesehan. Setting tempat makan seperti ini lumrah banget di Jepang… Namun ada setting yang lebih bernuansa barat, memakai meja tinggi dan kursi tinggi untuk makan. Beda dengan lantai satu, lantai dua semua setiing meja-kursi bergaya barat. Tapi untuk dekorasi teteuppp, bergaya Jepang. Litto – Little Tokyo Jogja juga punya coffee shop bernama Shinjuku Coffee Shop.



 

MENCICIPI BUFFET AUCE & SUP IGA ALA LITTLE TOKYO JOGJA

 

Saat acara soft opening-nya, saya mencicipi hidangan buffet all you can eat (AUCE) dari ASAKURA RESTAURANT, dan satu menu ala carte pilihannya. Buffet AUCE berada di resto lantai 1, saya makan di lantai 2. Dalam menu buffet ada sup dan aneka buah untuk appetizer, nasi, mie goreng, lauk dan sayur untuk main course, dan ada pudding dan jus buah untuk dessert. Minuman lainnya ada kopi, teh, serta mineral water & infused water.

 

Untuk menu pilihan ala carte, saya mencicipi Sup Iga ala Litto. Saya merekomendasikan menu ini, sebaiknya kalian juga mencobanya, Gaes… Karena, selain porsinya cukup besar, daging iga-nya juga empuk dan lembut banget. Bumbunya juga terasa, dan kuahnya segar… Cucok banget dinikmati pas hangat-hangat, apalagi suasana di sana cukup dingin dan syahdu. Uwuwu!

 

#

 

Sudah jalan-jalan, sudah makan…

Ah~ Puas banget di selama jalan-jalan di sini. jadi tahu kan kenapa perjuanganmu sepadan dengan apa yang kamu dapatkan di tempat wisata baru ini...

 

Litto – Little Tokyo jadi alternatif wisata buat kalian yang bosan dengan tempat yang gitu doang. Berkunjunglah ke Litto – Little Tokyo Jogja, tanpa passport, kalian bisa menikmati suasana ala Jepang.

 

LITTO – LITTLE TOKYO JOGJA

INSTAGRAM : @littojogja | WEBSITES : www.littojogja.com

 

#

 

RIFIA NISYA

Little Tokyo Jogja, 17 Desember 2021.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe