Sate Klopo Ondomohen Bu Asih Surabaya

December 14, 2021

PERTAMA KALI MAKAN SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH. KULINER LEGEND DI SURABAYA!

 

BEHIND THE STORY

 

SEPTEMBER 2021…

Ini trip-ku yang kesekian kalinya ke Kota Surabaya. Lagi-lagi aku berkunjung ke kota ini dalam rangka kerja. Bedanya, kali ini aku kerja sosial, alias kerja sukarela. Walaupun begitu, rangkaian kegiatanku cukup sibuk. Nggak cuma di Surabaya, aku juga keliling ke kota-kota di sekitarnya seperti ke Tuban, Sidoarjo, Mojokerto. Padatnya kegiatan di Surabaya dan sekitarnya menjadikan waktu kulineranku jadi sangat terbatas. Tapi, akhirnya aku bisa kulineran ke salah satu tempat makan terkenal di Surabaya (dan Gresik). Waktu itu, aku meet up sama temanku di Surabaya, Anastasia Marin (Tasia). Ketika aku minta rekomendasi kuliner di Surabaya, aku diajak ke SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH SURABAYA. Kebetulan banget aku belum pernah mencoba makanan ini. Dalam benak aku bertanya tanya, sate kok kelapa, kelapa kok sate??? Aku makin penasaran nih dengan kuliner ini…

 



 

#

 

Akhirnya aku sampai di SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH SURABAYA. Lokasinya berada di Jl. Walikota Mustajab No.36/RW.05, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya. Dulu daerah ini bernama Jl. Ondomohen, maka dari itu nama tersebut masih melekat di warung sate klopo ini hingga sekarang. Kuliner ini ternyata adalah salah satu kuliner legendaris yang ada di kota Surabaya. Dan kuliner ini terkenal banget loh!

 

Warung ini nggak buka cabang di mana pun, jadi kalau kamu mau makan sate klopo ini ya harus ke Surabaya, datang ke warungnya langsung.”

 

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih Surabaya menempati sebuah ruko kecil berukuran kira-kira empat kali empat meter aja. Meskipun tempatnya itu nggak terlalu luas, tapi warung sate ini selalu ramai. Warung selalu dipadati oleh pelanggan-pelanggan yang datang dan pergi silih berganti. Yang namanya warung sate, pasti ada tempat membakar sate, dong.

 

Di warung ini, tempat bakar sate itu ada di bagian depan. Kebayang dong aromanya bakaran sate-nya itu kemana-mana…

 

Begitu sampai di warungnya, aku dan Tasia disambut oleh harumnya aroma sate klopo bakar. Menggoda selera… Bagian depan warung juga dimanfaatkan sebagai tempat meracik/menyiapkan pesanan sate dan kasir. Di dalam warung hanya terdapat enam meja aja, jadi warungnya emang beneran nggak luas, Gaes… Alhamdulillah, aku dan Tasia dapat meja untuk tempat makan.

 

#

 


 

DAN TERNYATA, SATE KELAPA ITU BUKAN KELAPA YANG DISATE, GAES…

 

Sate klopo (kelapa) adalah sate yang dibumbui dengan bumbu rempah dan kelapa parut, menjadikan kuliner yang satu ini unik banget. Untuk dagingnya, SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH SURABAYA menyediakan dua pilihan daging, yaitu daging ayam dan daging sapi, dan ada pilihan kulit dan jeroan juga. Sebelum dibakar, sate klopo sudah dipersiapkan terlebih dahulu dalam jumlah banyak. Tusukan daging yang balutan bumbu rempah dan kelapa parutnya, dominan berwarna kuning.

 

Sepertinya daging untuk sate sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar. Karena proses pembakarannya rasanya tidak terlalu lama, −agar satenya tidak terlalu gosong. Jadi kalo’ kelapa parut itu dibakar itu kan cepat gosong, memang nggak bisa dibakar lama-lama… Barangkali, sate klopo yang terlalu gosong juga bisa perpengaruh pada rasanya, mungkin.

 

#

 


 

“Ini pertama kalinya aku makan sate klopo. Di Jogja, kayaknya jarang banget ada kuliner ini, −atau aku yang nggak tahu ada sate klopo seperti ini.”

 

Nah, aku pesan satu porsi sate klopo daging ayam. Warung ini menyediakan nasi dan lontong, kamu bisa pilih sesuai selera kamu… Kali ini, aku pesan sate dengan lontong. Setelah pesan, hanya menunggu beberapa menit saja pesanan langsung datang.

 

“Sate klopo disajikan dengan bumbu kacang halus dengan kecap, beberapa cabe rawit utuh, dan potongan bawang merah mentah, serta srundeng yang terbuat dari kelapa juga.”

 

Satu porsi sate klopo terdiri dari 10 tusuk sate, yang masing-masing tusukannya cukup besar jadi cukup mengenyangkan juga. Sate disajikan terpisah dari nasi/lontong. Sate Klopo juga disajikan bersama srundeng yang terbuat dari kelapa juga.

 


SAATNYA ICIP-ICIP. YUK!

 

Nah! Saatnya icip-icip nih… Aroma sate klopo ini “gurih” dan wangi sekali… Begitu digigit, dagingnya terasa padat tapi empuk, tingkat kematangannya pas. Cita rasa dagingnya gurih-manis dan juicy, dan bumbunya berasa banget. Kelapa parutnya juga terasa gurihhh banget, dan memberikan tekstur ketika dikunyah. Bumbu kacangnya halusss banget, dan rasanya gurih-manis. Perpaduannya ternyata pas banget! Kalau kalian ingin menambahkan kecap, tersedia di setiap meja.

 

Kalau buat aku, 10 tusuk itu terlalu banyak kalau untuk dimakan sendirian. Aku cukup 5 sampai 7 tusuk, 10 bisaaa sih tapi harus rehat dulu beberapa menit di tengah waktu makan. Sayangnya, porsi lontongnya nggak cukup banyak, sekitar 7 – 8 potong aja. Buat yang perutnya karet jelas kurang nih, tapi boleh nambah loh kalo’ kurang.

 


#

 

Saking terkenalnya, tempat ini juga banyak dikunjungi oleh orang-orang populer. Seperti pejabat, atau selebritis… Dan oleh pemiliknya, ketika ada orang terkenal yang datang, mereka mendokumentasikannya, dan foto-fotonya itu dipajang di dinding-dinding di dalam warungnya.

 

Selama aku jajan di sini, warungnya juga ramai banget semua meja penuh. Beruntung waktu itu aku nggak menunggu, langsung dapet meja… Tapi beberapa saat setelah kami datang, tamu lainnya mulai berdatangan, sampai waiting list juga (karena nggak ada tempat). Tapi tamunya juga tahu diri gitu loh, jadi mereka makannya nggak terlalu lama. Begitu selesai makan, −mungkin nunggu makanan di perut ‘turun’ selama beberapa menit, langsung check out gentian dengan tamu lain.

 

 

Hal unik yang aku amati di sini, semua karyawannya perempuan. Aku nggak lihat karyawan laki-laki sama sekali. Di warung sate lainnya, umumnya karyawan yang membakar sate itu adalah laki-laki. Tapi nggak demikian di SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH SURABAYA. Karyawan yang bertugas membakar sate pun cewek!

 

Untuk harganya, sekelas kuliner legendaris ini cukup terjangkau. Bandrol per porsinya nggak sampai Rp50K.

 

BUAT YANG LAGI DI SURABAYA, JANGAN SAMPAI MELEWATKAN KULINER LEGEND INI!

 



#

 

ALAMAT SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH SURABAYA

Jl. Walikota Mustajab No.36/RW.05, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

 

[ Map ]

 

 

#

 

 


RIFIA NISYA

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih Surabaya. September 2021.

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

 

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe