CERITA KEDAI KOPI DEKET RUMAH #3 : OMAH KALANG COFFEE AND SPACE

April 22, 2022


CERITA KEDAI KOPI DEKET RUMAH #3 : OMAH KALANG COFFEE AND SPACE

 

“CUY, BESOK SORE SELO NGGAK?”
SAYA HAPPY BANGET KALO’ TIBA-TIBA ADA MESSAGE SEPERTI ITU DARI DHIKA @GENDUT_KULINERAN. HEHEHE.

 

Karenaaa, angin-anginnya saya bakal diajakin liputan ke suatu tempat yang seru! Bener aja, saya diajakin ngopi lagi… Kali ini, Dhika mengajak saya ke Omah Kalang Coffee, dan lokasi kedai kopi ini deket rumah #KEDAIKOPIDEKETRUMAH. Lokasi Omah Kalang nggak jauh dari Omah Dhuwur yang sudah pernah saya bahas juga di postingan sebelumnya. Perasaan, rubrik #kedaikopidekatrumah #1, #2, dan #3, maennya bareng dhika mulu?! Memang kalo’ ada liputan terutama di dekat rumah, Dhika selalu ngajak, kok… Nah kebetulan kita maen-maennya kebanyakan di kedai kopi. Barangkali ulasan #kedaikopidekatrumah berikutnya nanti bareng dhika juga, hahaha… 

 

 YODAH, yuk simak cerita saya ngicipin food & beverage di Omah Kalang…

 


SENSASI NGOPI DI OMAH KALANG KOTAGEDE JOGJAKARTA

 

Nama tempatnya OMAH KALANG COFFEE AND SPACE. Lokasinya ada di daerah Kotagede Jogjakarta, tepatnya di Jl. Tegal Gendu No. 28 Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY (Barat Sungai Gajah Wong). Menempati bangunan heritage bernama Omah Kalang, tempat ngopi ini mengusung konsep etnik dan modern. Rumah ini cukup unik karena mengusung arsitektur perpaduan tradisional Jawa dan romantisme Eropa. Berdiri pada kontur tanah yang tidak rata, namun begitu memesona.

 

Rumah Kalang atau Omah Kalang sendiri merupakan bangunan tempat tinggal ORANG KALANG. Mereka merupakan bagian dari masyarakat Jawa yang tinggal di lingkungan Keraton Mataram, -pada zaman dahulu. Kata Kalang dalam Bahasa Jawa berarti pagar, karena orang kalang berkumpul di suatu tempat, dan lingkungannya dipagari. Kelompok ini memiliki kondisi ekonomi tinggi, namun dari segi sosial merupakan komunitas tersendiri (eksklusif), dan terpisah dari masyarakat sekitar.

 

Tentang sejarah orang kalang dan omah kalang, kalian bisa searching di search engine, ya. Ada banyak sekali artikel dan jurnal yang membahas tentang orang kalang dan omah kalang.




Sore itu, hampir hujan, tapi saya dan dhika sudah sampai di Omah Kalang. Kami memasuki area Omah Kalang, lewat sebelah timur. Lho emang ada pintu masuk lain? Bisa juga lewat sebelah barat, Gaes… Tepatnya melewati Sekar Kedhaton Restaurant, yang memang masih satu area dengan OMAH KALANG COFFEE & SPACE.


Kami memarkir motor masing-masing di sudut halaman yang cukup luas itu. Tapi karena bangunan coffee shop ini berdiri di atas kontur tanah yang tidak rata, saya cukup kesulitan untuk memarkir kendaraan. Di halaman itu juga, ada teras yang dimanfaatkan sebagai salah satu tempat makan outdoor. Kami duduk di salah satu meja di sana…

 



NAH, MAKANAN DAN MINUMAN YANG DISAJIKAN UNTUK KAMI CICIPI JUGA CUKUP BANYAK…

 

CREAM SOUP & SPAGHETTI YANG BIKIN KENYANG

CREAM SOUP WITH BREAD BOWL disajikan sebagai appetizer. Saya kurang tahu nama menunya, tapi kurang lebih begitulah: krim sup yang disajikan dalam mangkok roti. Saya sangat suka krim supnya, cucokkk. Mangkok roti ini juga bisa dimakan loh, sayangnya rotinya sedikit overcook, sedikit gosong gitu… JADI TYDA AKU MAKAN, sayang banget ya. Lain kali, semoga lebih diperhatikan tingkat kematangan rotinya.

 

NEXT! Ada PASTA SPAGHETTI BOLOGNAISE (30K), yang disajikan dengan garlic bread berukuran cukup besar. Ini sebagai salah satu menu utamanya. Saya juga mencicipi menu ini, pastanya aldente dan sausnya menyatu dengan pasta. Rasanya juga enak, apalagi garlic bread-nya, rasa mentega dan bawang putih terasa strong… Jika dilihat sekilas, porsinya tidak cukup besar. TAPI jangan salah, ternyata sangat mengenyangkan.

 


 

MENU UTAMA lainnya yang disajikan adalah KALANG BURGER (45K). Burgernya cukup besar loh ini, dan disajikan dengan fried fries dan salad. Seneng banget liat presentasinya, karena jarang banget tempat makan menyajikan burger dengan salad tambahan. Tapi saya nggak nyoba burgernya, jadi enggak bisa komen…

 

Trus cemilannya ada PLATTER FRIED FRIES & SAUSAGE. Sesuai namanya, isinya ada kentang goreng dan sosis goreng, ditambah saus cocolan (saus sambal dan saus tomat). Bukan kentang maupun sosis premium sih, tapi cocok buat nemenin ngobrol sama teman… Itu dia empat menu makanan yang saya dan dhika cobain…

 


 

Ada empat minuman yang dihidangkan untuk kami cicipi. Hhmm, sayangnya enggak ada minuman kopi-kopian… TAPI, minuman yang mereka sajikan nggak mengecewakan!

 

Yang pertama ada ICED BLEND MATCHALATTE (green tea, fresh milk, condensed milk, 25K), kesukaan Dhika @gendut_kulineran, memang seger banget sih inihhh. Lalu ada HOT RED VELVET, kesukaan Dhika juga, makanya minuman ini yang pertama tandas ditegak oleh Dhika.

 

Nah, yang seger-seger lagi ada MOCKTAIL, yang ini kesukaan saya nih… Mocktail yang saya coba yaitu TROPICAL TEA (20K), komposisinya terdiri dari black tea, strawberry & lemon flavor, dan soda. Rasanya seger banget, dengan dominasi rasa black tea dan lemon yang segar.

 

Yang terakhir, ada MILKSHAKE COOKIES. Saya sebenernya kurang suka dengan milkshake cookies, tapi… eman-eman nggak ada yang minum, yodah akhirnya saya minum juga HAHAHA. Ternyata enak, gaes. Rasanya manis, creamy, tapi enggak eneg.

 


 

Coffee shop ini tampil modern. Lokasi Omah Kalang Coffee and Space sangat cocok untuk nongkrong sambil menikmati indahnya pemandangan Kotagede Jogjakarta. Apalagi saat sore hari suasana akan semakin syahdu karena kita dapat menikmati terbenamnya matahari.


Cukup banyak seat di coffee shop ini. Yang pertama, di halaman atau teras depan, -tempat saya dan dhika tadi. Masuk ke dalam, ada bar area, tempat pesan dan bayar (kasir), dan di bagian belakangnya ada dapur. Ruangan ini sudah disulap jadi ruangan yang modern. Di sini juga ada beberapa meja-kursi yang nyaman bergaya modern.

 

Masuk ke dalam lagi, ada banyak meja-kursi berbagai gaya, yang bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan kamu. Desain ruangan dihiasai ornament modern, tetapi tetap mempertahankan unsur tradisional. Resto ini memiliki lantai dua dan lantai rooftop… Nah! Kalian harus tengok rooftopnya karena pemandangan dari sini cukup bagus.

 


Jadi, buat kalian yang penasaran dengan Omah Kalang, sambil ngopi, kalian bisa menyambangi OMAH KALANG COFFEE & SPACE.

Kalau kalian kesana, boleh loh ajak-ajak saya untuk icip menu lainnya… hehehe.

 

#

 

ALAMAT OMAH KALANG COFFEE AND SPACE

Jl. Tegal Gendu No. 28 Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY.

[ Map ]

 

 

– RIFIA NISYA –

Omah Kalang Coffee and Space, Medio February 2022.

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe