Seorae : Authentic Korean Grill on Town

December 18, 2022

MENIKMATI SORE DI SEORAE: AUTHENTIC KOREAN GRILL IN TOWN

 

I LOVE KOREAN FOOD!

Korean Food adalah salah satu makanan favorit saya!

Annyeonghaseo! Korean Wave kini telah merebak ke penjuru negeri. Trend di Indonesia kini bergeser, hampir semua bernafaskan Korea. Eksistensi budaya pop korea merasuk melalui film, music, drama, fashion, produk, hingga kuliner. Yang paling terasa sih gempuran K-Pop, dengan grup music idol, dan K-Drama, dengan ratusan judul dan genre out of the box.



 

Teman-teman yang kenal baik dengan saya pasti tahu, di tengah gempuran itu saya tetap bergeming. Saya tidak anti korea, tetapi memang belum tertarik aja, sih…

 

K-Film? Saya cuma nonton The Battleship Island, Extreme Job, dan Parasite. Iya, semuanya adalah film populer yang masuk bioskop Indonesia. Saya nontonnya juga di bioskop.

 

K-Pop Idol? Saya cuma tau Miyawaki Sakura, J-Pop Idol yang hijrah jadi K-Pop Idol. Saya belum menyukai grup idola korea manapun, kecuali grup dengan member Miyawaki Sakura.

 

K-Drama? Ah, saya cuma nonton beberapa judul saja. Yang masih saya ingat Descendant of The Sun, Let’s Fight Ghost, dan baru-baru ini saya nonton Revenge of The Other, baru banget tuh…

 


*

 

Di tengah serbuan Korean Wave, satu-satunya yang nggak bisa saya tolak adalah kulinernya! Dari dulu, saya memang suka dengan masakan Asia. Lidah saya lumayan bersahabat dengan masakan Asia, terutama masakan Jepang, Thailand, termasuk Korea.

 

Saya bersyukur banyak resto ala korea menjamur di Indonesia. Di Jogja, kota tempat saya tinggal, juga banyak bermunculan restoran ala Korea. Salah satunya adalah Seorae Korean Grill, restoran BBQ Grill Asli Korea Selatan. Hhmmm, yummy…

 


SEORAE? Eh, kayaknya pernah denger…??? Iya. Itu loh yang ada di drama Descendant of The Sun. *Untungnya saya pernah nonton, jadinya nggak kuper-kuper amat. Di drama itu, salah satu scene-nya mengambil tempat di Seorae Korea.

 

Kalian penasaran nggak sama restonya? Yuk langsung aja kita bahas…

 


>> INTRODUCING SEORAE

 

“Most of you if you have been to Korea you might know already that Seorae is a Korean grill restaurant originating from Korea.”

 

Seorae sebenarnya nggak baru-baru banget yaa…

 

Cuma, karena saya kurang jalan-jalan dan jarang jajan di luar, jadi baru kali ini mampir ke Seorae. Resto Korea ini sebelumnya menempati satu gerai di salah satu mall di Jogja. Tempat barunya kini berada di Jl. Demangan Baru No. 20 Sleman, DI Yogyakarta.

 


SEORAE berada di satu ruas jalan yang berisi deretan tempat makan di daerah Demangan. Resto Korea di Jogja ini gampang ditemukan, tempatnya besar, kalau malam paling terang. Jadi nggak mungkin salah tempat… Kesan pertama saya, wah, tempatnya cakep banget yaaa :)

 

Baru masuk restoran, saya disambut oleh waiting staff yang ramah. Saya dipersilahkan untuk duduk di waiting room, menunggu konfirmasi ketersediaan tempat makan. Tersedia banyak snack dan permen, bisa ngemil sembari menunggu tempat makan siap.

 


Bagi yang membawa balita, jangan khawatir ya, Bunda. Seorae menyediakan fasilitas playground di lantai 1, tak jauh dari waiting room. Mainannya juga cukup lengkap, bahkan tersedia child activity seperti menggambar dan mewarnai.

 

Setelah tempat siap, saya langsung dipersilakan naik ke lantai 2. Tempat makannya memang di lantai 2, vibes-nya cozy banget, ada indoor dan semi-outdoor. Rupanya selain tempat makan, Seorae adalah tempat chill asyik, cocok buat ngumpul bareng.

 


Ada banyak spot foto lucu di Seorae, pastinya ala Korea. Gemes banget… Seperti area tangga, suasana koreanya dapet banget. Ada banyak neon box berwarna-warni, bertuliskan huruf-huruf Korea atau hangeul yang menyala.

 

Seat restonya mengusung konsep family grill. Salah satu yang khas dari konsep ini adalah kursi-kursi panjang nan nyaman, dan tiap mejanya dilengkapi pipa penghisap asap atau cerobong yang unik. Ala Korea banget deh…

 

Nah, alternatif baru buat makan di sini di area semi-outdoor. Tempanya tetap nyaman dan bakal memanjakan para ahli hisap. Yes! Boleh merokok di area ini. Kalau malam hari, suasananya didominasi lampu-lampu. Makanya di awal tulisan, saya bilang tempat ini paling terang.

 


>> MEET THE MENU!

 

Saya mencoba menu All You Can Eat Buffet. Bahan makan yang tersedia super komplet memanjakan lidah kitaaa. Dagingnya melimpah, mulai dari daging sapi original, ada juga yang dudah di-marinated. Pilihan daging sapinya juga cukup banyak, seperti woosamgyeob, spicy woosamgyeob, spicy dakgalbi, anchangsal, wooseol, galbisal, jinkkotsal, so galbi.

 

Selain daging sapi, kita bisa memilih ayam, seafood, dan jerohan. Di Sorae, kita juga bisa menikmati Korean Hotpot. Tersedia juga berbagai macam condiment. Ada condiment untuk grill dan condiment untuk hotpot. Aneka condiment untuk grill lebih enak saat dinikmati bareng. Mulai dari selada, bawang, telur, kimchi, cabai, dan condiment lainnya yang bisa dipadukan sesuai selera.

 


Cara makan seperti ini namanya ssam. Yaitu membungkus daging dan condiment menggunakan sayuran, -umumnya selada, lalu dimakan bareng deh… Dijamin akan terasa lebih enak! Untuk condiment hotpot, kita bisa menentukan sendiri sesuai selera. Jangan khawatir, pilihannya banyak mulai dari aneka sayuran dan aneka dumpling, fishball, & odeng, dan lain-lain.

 

Proses grill daging tidak menggunakan kompor, melainkan menggunakan bricket, persis seperti di Korea. Jadi aroma daging terasa lebih harum dan tekstur daging pun tidak terlalu berminyak. Saat membakar harus sabar ya karena butuh beberapa waktu hingga daging matang. Setelah daging matang, jangan lupa mencelupkannya ke saus sebelum memakannya.

 


Bermacam saus disediakan, berikut pelengkap sausnya. Kalau racikan saus andalan saya yaitu spicy soyu, ditambah potongan daun bawang dan cabe rawit segar, serta bawang putih cincang. Jangan lupa ambil gochujang, -saus ala korea, rasanya pas banget saat dipadukan dengan ssam.

 

Pilihan minumannya juga banyak banget, ada panas dan dingin. Dessertnya juga beragam loh, ada buah, pudding, es krim, dan kue-kue Korea. Menu lain? Masih ada berbagai macam side dish yang tak kalah menggoda, ada kimchi, kimbap, japchae, dan korean chicken.

 


All You Can Eat bisa kamu nikmati dengan harga mulai Rp158.000/pax untuk dewasa. Ada special price untuk anak-anak dan lansia, yaitu mulai Rp75.000/pax untuk anak-anak, dan Rp110.800/pax untuk lansia di atas 65 Tahun.

 

Menurut saya, dengan harga tersebut worth it banget! Selama 90 menit, kalian bisa menikmati baragam makanan di Seorae.

 


Selain All You Can Eat, Seorae juga punya menu Ala Carte, diantaranya ada Jajangmyeon, Dak Gaejang, Tteokbokki, dan masih banyak lagi.

 

Hayo, mau cicipin yang mana dulu?

 

SEORAE KOREAN GRILL

Jl. Demangan Baru No. 20 Sleman, DI Yogyakarta.

 

 

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe