Asus Media Roadshow Yogyakarta 2024: Luncurkan Laptop Gaming OLED Paling Tipis & Ringan

March 25, 2024


ASUS MEDIA ROADSHOW YOGYAKARTA: LUNCURKAN LAPTOP GAMING OLED PALING TIPIS & RINGAN DI DUNIA

 

ASUS Indonesia menggelar Roadshow dan Media Gathering di Yogyakarta, pada Rabu, 20 Maret 2024, bertempat di The Alana Hotel & Convention Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini, ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan kehadiran laptop gaming terbaru mereka, yaitu ROG Zephyrus G14 (2024) dan ROG Zephyrus G16 (2024). Tak ketinggalan, pada acara ini juga turut memperkenalkan ROG TUF Gaming F16.

 


Pengguna komputer dan penggemar games patut bergembira. Pasalnya, dua laptop gaming terbaru yang tampil dengan desain modern tersebut merupakan laptop gaming dengan layar OLED paling tipis dan ringan di dunia. Pada Roadshow dan Media Gathering tersebut, Riandanu Utomo (Danu), Technical Public Relation Asus Indonesia, menjelaskan kecanggihan dua produk terbarunya tersebut.

 


WORLD’S THINNEST AND LIGHTEST OLED GAMING LAPTOP

 

Laptop Gaming ROG Zephyrus terbaru tersebut diklaim sebagai “World’s Thinnest and Lightest OLED Gaming Laptop. Menurut penuturan Danu, ROG Zephyrus G14 (2024) dan ROG Zephyrus G16 (2024) merupakan laptop gaming ROG pertama yang menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED.

 

Kedua laptop gaming ini juga memiliki berat teringan, paling ringkas dan tipis, dan tampil dengan desain yang semakin modern. “Sangat ringan dengan berat 1,5 kg untuk ROG Zephyrus G14, dan sangat tipis dengan 1,49 cm untuk ROG Zephyrus G16,” kata Danu. “Kedua produk ini juga merupakan AI-powered Gaming Laptop pertama di Indonesia,” lanjutnya.

 

Danu kemudian melanjutkan penjelasannya mengenai kedua produk tersebut. Kami akan rangkum penjelasannya dalam ringkasan di bawah ini:

 

 



PROSESOR & GRAFIS

ü  ROG Zephyrus G14 (2024) dan Zephyrus G16 (2024) merupakan AI-Powered Gaming Laptop Pertama di Indonesia. Keduanya ditenagai prosesor generasi terbaru yang dibekali dengan NPU (Neural Processing Unit).

ü  NPU berperan untuk mengakselerasi, sekaligus memastikan pemrosesan AI berjalan secara lebih optimal. Berbagai aplikasi dan fitur berbasis AI akan dapat dijalankan secara lebih cepat, optimal, dan hemat daya.

 

ü  Soal grafis, chip grafis NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series mendukung berbagai teknologi grafis modern pada kedua laptop. Seperti real-time ray-tracing, sistem DLSS Frame Generation, hingga DLSS Super Resolution.

ü  NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series merupakan chip grafis paling optimal untuk mendukung AI. Tensor Core di chip grafis ini memungkinkan akselerasi AI berperforma tinggi.

 

Makanya, selain gamers, kedua laptop ini juga cocok untuk para konten kreator -terutama yang sering menggunakan aplikasi berbasis AI.

 

CHIP & CHASSIS

ü  Kedua laptop gaming menggunakan chip grafis NVIDIA GeForce RTX™ 40. Chip ini merupakan salah satu komponen utama di laptop yang membuat performa gaming powerful.

ü  Keduap laptop gaming menggunakan chassis CNC-machined Chassis. Komponen ini lebih ringan dan kokoh dibbandingkan dengan generasi sebelumnya.

 

LAYAR

ROG Zephyrus G14 (2024) dan Zephyrus G16 (2024) merupakan Laptop ROG pertama dengan Layar OLED Panel OLED.

ü  Layar dibekali dengan fitur VRR (Variable Refresh Rate) lewat NVIDIA G-SYNC. Keduanya merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi layar OLED yang mendukung VRR.

ü  Layar di kedua laptop gaming tersebut, mampu menghasilkan warna yang sangat kaya dengan color gamut 100% DCI-P3, serta dapat mereproduksi warna secara akurat dengan Delta E kurang dari 1.

ü  Response time pada layar sangat kencang, yaitu hanya 0.2 ms, sehingga optimal untuk para hardcore gamers dan content creator.

 




AUDIO

ü  Karena pengggunaan CNC-machined Chassis, kedua laptop memiliki sistem audio yang lebih baik. Baik ROG Zephyrus G14 (2024) maupun ROG Zephyrus G16 (2024) sistem audionya telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos.

ü  Berbicara tentang speaker, keduanya dibekali dengan speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Speaker terbaik yang bisa ditemukan di laptop gaming thin and light di kelasnya.

 

KEYBOARD

ü  Karena pengggunaan CNC-machined Chassis, kedua laptop memiliki ruang ekstra untuk keyboard. Memiliki touchpad yang ukurannya lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan navigasi dan kontrol yang lebih baik.

ü  ROG Zephyrus G14 (2024) dan Zephyrus G16 (2024) hadir dengan desain edge-to-edge keyboard. Ukuran tombol lebih besar, jarak antar tombol lebih rapat, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya.

 

TAMPILAN

ü  Fitur Slash Lighting hadir pada kedua laptop ROG Zephyrus G14 (2024) dan Zephyrus G16 (2024). Fitur ini merupakan lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini.

ü  Hadirnya Slash Lighting mempuat tampilannya jadi lebih unik, keren, dan modern. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di kedua laptop gaming.

 

PERBEDAAN ROG ZEPHYRUS G14 (2024) DAN ROG ZEPHYRUS G16 (2024)

 

ROG ZEPHYRUS G14 (2024)

ROG Zephyrus G14 (2024) mengusung layar berukuran 14-inci dengan resolusi 3K, serta refresh rate 120Hz. Laptop gaming ini memiliki bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm.

ROG Zephyrus G14 (2024) ditenagai prosesor generasi terbaru, yaitu AMD Ryzen™ 8000 Series, yang sudah dilengkapi dengan NPU atau neural processing unit, yang memungkinkan pemrosesan AI secara lebih optimal.

 

ROG ZEPHYRUS G16 (2024)

ROG Zephyrus G16 (2024) menggunakan layar berukuran 16-inci, dengan resolusi 2.5K, serta refresh rate 165Hz. Hadir dengan bobot 1,85 kg dan ketebalan hanya 1,49 cm.

ROG Zephyrus G16 (2024) juga hadir dengan prosesor generasi terbaru, yaitu Intel® Core™ Ultra Series. Prosesor ini juga telah dilengkapi dengan NPU.

 

ROG TUF GAMING F16 (2024)

 

Jangan lupa, Asus ROG juga merilis ROG TUF Gaming F16 (2024). TUF Gaming merupakan seri laptop gaming populer paling worth it di Indonesia. Laptop gaming ini sangat cocok untuk gamers pemula. Di Tahun 2024, ROG TUF Gaming F16 hadir dengan layar 16 inci, lebih besar dari pendahulunya. Laptop Gaming ini ditenagai oleh CPU powerful dari Intel Core i7-13650HX, yang lebih powerful dari generasi sebelumnya. Berbicara soal sisi grafis dan visual, ROG TUF Gaming dibekali dengan GPU Nvidia GeForce RTX 4060, ang kinerjanya didukung dengan layar resolusi Full HD (FHD) dengan refresh rate 165Hz. Layar Full HD 165Hz 100% sRGB, yang tentu saja sangat memanjakan para gamers.

 



- - -

 

Dalam Roadshow dan Media Gathering ASUS ROG di Yogyakarta tersebut hadir perwakilan media-media di Yogyakarta. Hadir pula teman-teman dari kalangan bloggers dan gamers, menyemarakkan acara di sore hari itu. Selain berpartisipasi dalam sesi presentasi produk, hadirin juga diberikan kesempatan untuk mencoba masing-masing laptop tersebut.

 

Ada sesi menarik dalam acara tersebut. Yaitu sesi uji coba atau pembuktian ketangguhan laptop dengan mencobanya untuk bermain games langsung. Uji coba dilakukan langsung oleh Danu, dan disambut antusiasme para peserta.

 

Kebersamaan pada acara tersebut ditutup dengan makan bersama yang semakin menambah keakraban antara ASUS Indonesia dengan bloggers dan gamers.

 



 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe