Keindahan Pantai Nguyahan Gunungkidul, Bikin Enggan Berkedip

February 24, 2021

pantai-nguyahan-gunungkidul

 

PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL

 

Barangkali cuma saya yang pakai baju formal saat main ke pantai : dress hitam dan long blazer berwarna senada, lengkap dengan hand bag, look so formal. Ceritanya salah kostum, nih? Hhmm, bukan begitu sih… Saya memang sengaja memakai outfit itu karena ada agenda antar salah satu teman (cowok) akad di Gunungkidul. Ya kali ngantar akad pakai outfit pantai… Awalnya rombongan kami nggak tahu kalau rumah pengantinnya itu deket banget dari pantai. Kami hanya tahu kalau rumah pengantin (cewek) ada di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, DIY. Usai akad, kami memutuskan mampir ke pantai setelah tahu jarak ke pantai cukup dekat. Aji mumpung ye kann… Pantai terdekat dari rumah pengantin itu adalah Pantai NgobaranNguyahan. Maka berangkatlah kami ke sana…

 

#

 

pemandangan-eksotis-di-pantai-nguyahan-gunungkidul

 

EKSOTISME PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL, BIKIN ENGGAN BERKEDIP

 

PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL sebelumnya tak terlalu tenar dibanding Pantai Ngobaran, yang berada tepat di sebelahnya dan hanya berjarak beberapa meter. Padahal Pantai Nguyahan tak kalah cantik. Memang pantai ini tidak terlalu luas, tapi panoramanya indah banget. Pasirnya tipikal pasir pantai Gunungkidul, putih bersih. Gelombang air tak terlalu tinggi berkejaran menyapa bibir pantai. KAWAN RANSEL bisa berenang dan main pasir di sini.

Pantai ini diapit tebing karang nan mengesankan di sisi kiri dan kanan. Pepohonan rimbun yang menutupinya menambah kesan asri suasanya pantai. Sebenernya kalian juga bisa naik ke bukit itu, dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan dari sana. Aksesnya melewati sebuah jalan setapak dan menanjak yang ada di sana. Sepertinya cukup melelahkan rasanya, tapi saya yakin akan terbayar tunai dengan sajian samudra.

 

 Baca Juga :

Eksotisme Bukit Panjung. Menyapa Surga Terlunta di UfukTimur Pantai Pok Tunggal Gunungkidul.

 

Bagi saya sendiri, pemandangan di Pantai Nguyahan memang sulit terlupakan… Beruntungnya saya ke sana saat cerah, langit biru berhiaskan awan putih jadi teman saya menikmati indahnya pantai. Kalau laut sedang surut, KAWAN RANSEL bisa bermain di bibir pantai. Ada ikan-ikan kecil dan rumput laut di ceruk-ceruk karang bibir pantai.

Kalian juga bisa menikmati pantai ini dengan camping atau memancing. Pantai PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL juga masih asri dan bersih, nggak ada sampah berceceran. Tidak heran karena di beberapa sudut sudah disediakan tempat sampah. Senangnya, para pengunjung juga punya kesadaran jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

 

pantai-asri-nan-alami-di-gunungkidul

 

Saat saya piknik tipis ke PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL, pantai ini tidak terlalu ramai. Saya pun cukup leluasa menikmati belaian angin yang membuat tubuh terasa sejuk. Sungguh menyenangkan bisa rehat sejenak dari penatnya aktivitas, menepikan diri dari kebisingan, menggantikannya dengan pemandangan alam yang luar biasa…

Saya mengabaikan outfit saya yang sama sekali tidak cocok untuk ke pantai, dan menikmati suasana di sana… Lagi-lagi aji mumpung, saya mengambil beberapa foto di bibir pantai dengan latar belakag tebing. Saya juga mendekati salah satu sisi tebing karang itu, ternyata cocok juga buat spot foto. Langsung cekrek!

 

Kalau saja waktu tak beranjak sore, mungkin saya betah berlama-lama berada di pantai ini. Sekadar main air, main pasir, atau berburu foto… Meski belum puas bermain, saya naik untuk membersihkan diri. Saya dengan mudah menemukan toilet / ruang bilas. Saya lihat teman-teman saya sedang jajan di salah satu warung yang ada di sana. Selain toilet, ruang bilas, dan warung-warung, fasilitas lain di pantai ini yaitu musholla dan tempat parkir yang luas.

 

Jika KAWAN RANSEL berkunjung ke Jogjakarta, sisihkanlah waktu untuk berkunjung ke pantai-pantai di Gunungkidul. PANTAI NGUYAHAN salah satunya…

 

#

 

bukit-asri-mengapit-pantai-nguyahan-gunungkidul

HOW TO GET THERE?

ALAMAT PANTAI NGUYAHAN

Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Jika KAWAN RANSEL ingin berlibur ke Pantai Nguyahan, sebaiknya pakai kendaraan pribadi. Kendaraan umum yang menuju ke sana memang belum banyak. Tapi beda ceritanya kalau kamu berlibur bersama rombongan tour. PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL berjarak 75 km dari pusat Kota Jogja, perjalanan kira-kira memakan waktu 1,5 jam – 2 jam. Rute menuju ke sana bisa ditempuh melalui Kota Jogja, ambilah rute menuju Gunungkidul. Memasuki wilayah Gunungkidul, kamu harus melewati gunung dengan jalan yang berkelok, hati-hati. Setelah melewati Patuk dan Gading, kemudian arahkan kendaraan menuju Playen – Paliyan – Pasar Trowono – Kanigoro, hingga ke lokasi pantai.


 

RIFIA NISYA

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

 

You Might Also Like

2 comments

  1. Gambar-gambarnya bagus.
    Jadi bikin kangen...
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    ke pantai lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya modelnya kan yang bagus...
      Iya, paham kok, kangen modelnya kan

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe