Iwak Bugisan, Tempat Makan Olahan Ikan dan Hidangan Lautan di Jogja.

August 19, 2019


Kota Jogja punya banyak jujugan kuliner yang nggak akan habis dijelajahi. Di kota ini, KAWAN RANSEL bisa menemukan tempat makan yang menyajikan ikan dan masakan lautan dengan mudahnya. Karena seiring bertumbuhnya penggemar fish and seafood, bertambah marak pula tempat makan ikan dan masakan lautan di Jogja. Salah satu tempat makan yang aku rekomendasikan adalah IWAK BUGISAN...

#


EAT AND CULINARY
JOGJA!

IWAK BUGISAN, BALE IWAK BAKAR LAUT DAN TAWAR 
TEMPAT MAKAN OLAHAN IKAN DAN HIDANGAN LAUTAN DI JOGJA
(SOFT OPENING)

KAWAN RANSEL ada yang suka masakan olahan ikan dan sajian lautan???
Kalau ada, berarti kita sama dong *tos dulu! Meski tidak diperkenalkan secara intens dengan ikan atau masakan lautan sejak kecil, tapi semakin besar aku semakin sering mencicipi macam-macam ikan, seperti ikan teri, ikan nila, ikan lele, ikan gurame, ikan kont... #ehhh. Kayak tebak-tebakan ala Pak Jokowi aja... :D

Di Jogja, baru-baru ini, aku menemukan tempat makan ikan dan masakan lautan, bertajuk IWAK BUGISAN. Kedai yang menyajikan menu ikan-ikanan ini belum lama buka, bahkan sampai blogpost ini dipublikasikan (Medio Agustus 2019), masih dalam rangka soft opening (pembukaan kecil). Walaupun masih soft opening, Kedai Iwak Bugisan bebas dikunjungi oleh masyarakat umum.

 IWAK BUGISAN berada di Jl. Sugeng Jeroni No. 6 Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Posisinya agak ke selatan dikit, tepatnya di barat Pojok Beteng Kulon Keraton Ngayogyakarta. Kalau bingung dengan alamatnya, KAWAN RANSEL bisa mengintip di GoogleMaps karena lokasinya sudah tersedia di sana. Pilih lokasi dengan nama : “Iwak Bugisan. Bale Iwak Bakar Laut dan Tawar”.


IWAK BUGISAN menempati bangunan rumah bergaya jadoel satu lantai, bener-bener rumah biasa yang dialih fungsikan menjadi tempat makan. Nuansanya minimalis-modern dan klasik berpadu menjadi satu. Areanya terdiri dari tiga setting, yaitu indoor, outdoor, dan semi-outdoor. Setting area indoor ada di dalam rumah, suasananya homy banget. KAWAN RANSEL bisa pilih duduk di meja dan kursi kayu bergaya minimalis-modern, atau bergaya klasik. Area ini juga bisa digunakan untuk meeting room, dan disediakan proyektor dan layarnya, serta sound system. Kalau mau booking tempat meeting tinggal bilang pada pengelolanya.

Setting area outdoor ada di teras dan halaman rumah yang lumayan luas, di sudut halaman ada pohon mangga sebagai peneduh. Beberapa set meja-kursi ditempatkan di sana, pemandangannya langsung menghadap ke jalanan. Sedangkan setting area semi-outdoor yang ada di samping rumah, bergaya lesehan. Setting ini bisa menampung sekitar 50 orang. Nah, dua area ini cocok banget buat kamu yang dateng bergerombol bareng temen-temen, atau keluarga besar. Dibandingkan indoor area, outdoor dan semi-outdoor area ini tentu lebih berisik karena suara lalu lalang kendaraan di jalanan di depannya. 

"Aku beberapa kali berkunjung ke Kedai IWAK BUGISAN, dan selalu mengambil tempat makan di area teras atau halaman. Dekorasi di tempat makan ini tidak terlalu instagramable. Bagi KAWAN RANSEL yang doyan foto, kalian bisa mengeksplorasi dekorasi mural yang digambar di dinding. Oh, ya, kalau malam suasananya lebih syahdu, ada lampu-lampu yang tidak hanya jadi penerang tapi jadi dekorasi juga. Baguss banget buat spot foto.”


MENU-MENU DI IWAK BUGISAN
Pilih Jenis Ikan Kesukaanmu!

Sesuai tagline-nya, IWAK BUGISAN menyediakan menu spesialis ikan, air tawar maupun laut. Menu ikan di tempat makan ikan di jogja ini cukup lengkap menurutku, macam-macam jenisnya. Ikan yang tersedia masih fresh dan ditempatkan di freezer box, segar! KAWAN RANSEL dipersilakan pilih-pilih ikan sendiri, sesuai dengan selera. Mau pilih ikan yang besar atau yang kecil mah bebasss. Sebelum dimasak, ikan ditimbang lebih dahulu. Ada dua puluh pilihan ikan air laut : (1) ikan kakap moncong, (2) ikan kakap merah, (3) ikan kakap putih, (4) ikan krapu, (5) ikan kueh, (6) ikan barakuda, (7) ikan bawal, (8) ikan cakalang, (9) ikan baronang, (10) ikan belanak, (11) ikan cucut, (12) ikan ekor kuning, (13) ikan kembung banjar, (14) ikan salem, (15) ikan tuna, (16) ikan napoleon/kakak tua, (17) ikan sukang, (18) ikan surung, (19) ikan selar, dan (20) ikan katombo. Lengkap, kan?

Baca Juga :

Lalu ada enam pilihan ikan air tawar, yaitu (1) ikan mas, (2) ikan nila, (3) ikan patin, (4) ikan gurame, (5) ikan bandeng, dan (6) ikan peda merah. Untuk menu ikan air tawar ini disajikan per porsi ya. Selain ikan, kedai ini menyediakan  kerang dara, kerang hijau, udang, dan cumi. Sajian seafood ada Tom Yum Seafoof, Nasi Goreng Seafood, Sop Ikan Mas. Buat kalian yang tyda makan ikan atau masakan lautan, tenang saja, IWAK BUGISAN menyediakan menu sayuran dan non-ikan, seperti ayam bakar bugisan, ayam goreng kremes atau rempah, dan nasi goreng bugisan. Pilihan sayur ada Sayur Asem, Sayur Lodeh, Ca Toge, Ca Kangkung, Terong Balado, dan Oseng Bunga Pepaya. Kalau kalian datengnya ramean dan pengen nongkrong agak lama, kalian bisa pesen snack, antara lain tahu dan tempe goreng, bakwan crispy, atau bakwan jagung.


PILIH CARA MASAKNYA!
Selain bebas pilih-pilih ikan, KAWAN RANSEL juga bebas pilih cara masak ikannya. Yuhuuu~ kamu nggak salah baca gengs, bebas pilih cara masak ikannya. Pilihannya juga variatif banget nih, kamu bisa pilih diantara sembilan pilihan. Pecinta bakar-bakaran bisa pilih (1) Bakar Original, (2) Bakar Kecap, (3) Bakar Pedas, dan (4) Bakar Rempah, diantara empat aku suka bakar pedas dan bakar kecap. Buat yang suka ikan goreng aja bisa pilih (5) Goreng Biasa atau (6) Goreng Tepung. Menu sup ikan ada olahan khas Sulawesi, (7) Masak Kuah Woku, dan (8) Masak Asam Padeh. Pilihan lain yaitu (9) Masak Asam Manis. Semuanya rekomended, deh.

“Kalau Kawan Ransel bingung pilih ikan dan cara masaknya, Kawan Ransel bisa tanya pengelolanya, biar nggak zonk gitu. Karena ada jenis ikan yang tyda cocok dimasak dengan  cara tertentu. Konsultasi aja dulu, ikan apa enaknya diolah dengan cara apa aja... Pengelolanya pasti dengan senang hati menjelaskan dan memberikan saran...”

Ikan bakar dan goreng disajikan dengan lalapan dan tiga macam sambal yaitu sambal matang, sambal kecap, dan sambal matah. Aku sih paling suka sambel matahnya, tapi sambal matang dan sambal kecapnya juga nggak kalah mantap! Selain tiga jenis sambal itu, IWAK BUGISAN juga punya menu sambal-sambalan lain. Ada sambal dabu, sambal acar banjar, sambal pecak, sambal kemangi, sambal pandhega, sambal terasi mentah, sambal garebeg, sambal ijo, sambal colo-colo, dan sambal bajak. Aku sempat berbincang dengan pemilik kedainya, rencananya kedai ini juga akan mengeluarkan sambal specialnya yang dimasak dengan arang dan tempurung kelapa, tapi baru dikeluarkan saat grand opening nanti. Iyaaa, ku setia menunggu sampai grand opening...


“Karena ragam kuliner ikan yang bermacam-macam dan cita rasanya enak, aku berkunjung ke sini beberapa kali, walaupun masih soft opening. Semacam tertantang untuk nyobain semua menu yang ditawarkan, karena buatku makan ikan atau seafood tuh favorit banget.”

TUNA, CAKALANG, & PEDA MERAH BAKAR PEDAS
Menu ikan favoritku kalau makan di sini yaitu ikan tuna, ikan cakalang, dan ikan peda merah, biasanya dimasak dengan cara dibakar. Aku pun pernah mencicipi ikan bakar original, bakar kecap, dan bakar pedas, tapi aku paling suka yang bakar pedas! Kalau biasanya di tempat lain ikan digoreng setengah makan sebelum dibakar, di sini enggak begitu, genks! Ikan benar-benar masih fresh dan langsung dibakar, rasanya tentu beda dong dengan ikan bakar kebanyakan. Selain itu aku juga suka menu Masak Kuah Woku dan Tom Yum Seafood, rasanya balance banget pedas asemnya dan seafood-nya macam-macam. Aku juga suka olahan asam manis, terutama kerang asam manis, bumbunya homemade.

Berbagai minuman penyegar dahaga bisa kamu pesan, beberapa diantaranya sudah aku cicipi. Favoritku yaitu Es Timun Selasih, yakni minuman yang berisi timun serut dan selasih, dengan sirup melon yang manis. Minuman favoritku lainnya yaitu Honey Lemon, dengan madu dan potongan lemon di dalamnya, serta spakling water yang menyegarkan. Lanjut menu minuman yang jadoel banget ada Wedang Uwuh dan Wedang Ketumbar. Kalau wedang uwuh udah pada tahu, ya, tapi menu minuman dengan bahan ketumbar baru aku temui di tempat ini. Wedang ini diracik dari ketumbar dengan campuran madu dan jeruk nipis, rasanya segar, aromanya sedap, khasiatnya banyak. Tapi sorry to say ternyata lidahku nggak mau menerimanya, belum familiar dengan minuman yang diracik dari bumbu dapur >.<.

Pilihan minuman lainnya yang bisa kamu pilih diantaranya teh, jeruk, lemon squash, dan aneka milk shake. Lalu yang special ada alpukat kocok, kelapa muda, dan es palu butung. Tiga menu itu lebih ke dessert ya...


PRICE RANGE

Menu fish and seafood itu pasti mahal yaa??? Wait, wait, wait...
Siapa yang bilang gitu...???
Di IWAK BUGISAN, harganya terjangkau banget, genks.
Aku aja sampe shock pas lihat price list-nya di buku menu. Sama sekali tyda mahal mengingat menu yang disajikan terbuat dari bahan-bahan segar.

  • Ikan laut dijual per ons. Harga ikan laut dibandrol mulai Rp. 5.500,- sampai Rp. 16.000,- per ons, tergantung jenis ikan yang kamu pilih, kecuali ikan selar dan ikan katombo dijual per porsi.
  • Ikan tawar dibandrol per porsi, mulai Rp. 10.000,- sampai Rp. 40.000,-.
  • Kerang, udang, dan cumi juga dijual per porsi, harganya mulai Rp. 25.000,- sampai Rp. 30.000,- per porsi. *Untuk ikan atau porsi ukuran sedang atau besar bisa untuk sharring bareng temen (ngirit lagi ye kan).
  • Sambal non-paket dibandrol Rp. 3.000,- (semua varian).
  • Minuman mulai Rp. 3.000,- sampai Rp. 10.000,-.
  • Nasi Rp. 3.000,-.

#

Lantaran menu diolah dari bahan dan bumbu segar, waktu penyajian di tempat makan ini lebih lama dibanding tempat makan siap saji. Ya jangan dibandingin lah... :D
Secara penyajian menu, menurutku sudah cukup apik. Cuma ada beberapa menu yang rasanya belum konsisten. Misalnya saat beberapa kali pesan menu ikan bakar pedas dan sayur asem. Rasanya enak, tapi tingkat kepedasannya beda-beda tiap kali pesan, kadang pedes, kadang pedes banget. Begitu pula saat pesan sayur asem, rasanya enak, tapi konsistensi kekentalan kuahnya berbeda. Semoga dengan seiring berjalannya waktu, rasanya semakin konsisten.

#


FASILITAS

Iwak Bugisan terdiri dari tiga setting area untuk makan. Desain interior yang mengusung minimalis-modern dan klasik, menurutku b aja, alias biasa aja. Iwak Bugisan punya toilet yang bersih, penerangannya pun cukup. Ada dua tempat cuci tangan yang letaknya bersebelahan, dan disediakan sabun dan lap tangan. Mereka juga punya musholla kecil, ada tempat wudhu khusus (terpisah dari toilet), dan disediakan sarung dan mukena, ‒bahkan ada buku-buku bernafas keagamaan. Tempat ini juga didukung dengan tempat parkir yang cukup luas di sebelah kedai.

#

Jangan pernah lupa untuk rutin makan ikan ya, KAWAN RANSEL! Bagi kamu penggemar ikan dan seafood, atau yang lagi pengen makan ikan, dateng aja ke KEDAI IWAK BUGISAN. Lokasi kedainya yang ada di seputaran Bugisan, Kota Jogja, ‒daripada jauh-jauh ke pantai ye kan...

Walaupun sudah beberapa kali makan di sini, sepertinya aku bakal balik ke sini lagi.
Kamu udah pernah ke sini, belom? Share dong pengalaman kamu...

#

LOKASI
IWAK BUGISAN
Jl. Sugeng Jeroni No. 6 Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DIY.
Jam Buka : 11.00 – 22.00

[ Map ]


Lokasi Kedai Iwak Bugisan tepat di pinggir jalan besar, tapi bangunannya memang kurang terlihat karena halamannya cukup luas dan mendominasi. Parkir kendaraan (motor dan mobil) tersedia di sebelah kedai, ada lahan kosong di sana, luas dan nggak berbayar alias gratisss. Tapi pengendara motor banyak juga sih yang parkir di trotoar di depan kedai (sebenernya cukup mengganggu para pejalan, sih). Pengendara mobil juga banyak yang parkir di pinggir jalan di depan kedai, tapi tidak terlalu mengganggu pengendara yang lain karena jalanan cukup lebar.

INSTAGRAM | @iwakbugisan 




‒ Teks & Foto oleh : NISYA RIFIANI / Agustus 2019 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

56 comments

  1. Jadi ingin kesana nih
    Harganya juga lumayan murah.
    Kalau saya suka menu ikan laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke jogja boleh mampir...
      Harganya untuk seputaran jogja aja murah ini mah... :D

      Delete
  2. Merah, bakar, pedas... Oke... Kalau nggak pedas dan cuma dibakar, apakah merah juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iwake jenenge peda merah, tapi nek bakar biasa ora merah... :D

      Delete
  3. Wahhhh aku tuh tak terlalu suka ikann tapi begitu membaca reviewmu aku kok kepincuttt. Ah agendain kesana ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasinya mungkin nggak jauh dari jalur perjalananmu dari rumah ke kantor, mak...

      Delete
  4. haduhhh baru mau masuk paragraf pertama udah ada hidangan yang bikin ngecessssss ini, sampe paragraf terakhir totallll laparrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, maap ya mak ini.. habisnya ini food review dimana aku harus sukses membuat pembacaku ngilerrr dengan foto-fotoku... :D

      Delete
  5. Aku suka banget sama udang. Kalau ikan agak pilih-pilih. Ini tempat agaknya cocok buat menjamu kawan jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada kawan dari jauh bawa aja ke sini miss, tempatnya juga luas kok...

      Delete
  6. Wiwin | pratiwanggini.netAugust 25, 2019 at 9:16 AM

    Aku, suami dan anak-anak suka banget makan dari laut (seafood). Sayangnya di Jogja harga seafood masih lumayan mahal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh ke sini mbak, kalau menurutku bandrolnya termasuk murah ya... selain itu banyak plusnya kalau makan di sini...

      Delete
  7. Waaaa ngiler banget sama ikannya itu. Menggugah selera. Dan lagi aku suka sama ulasan kamu mbak karena lengkap, padat informasi termasuk harga2nya makanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, menunya emang menggugah selera gituuu... :D
      Makasih nurul.. harusnya review tempat memang harus lengkap ya...

      Delete
  8. Tega bikin aku kelaperan pas baca artikel ini ya, bener bikin ngiler loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa, maap mbak...
      kalau ngiler sekalian mampir mb, wqwq

      Delete
  9. Nisyaaa, makasih infonyaaa.. Wah aku blm pernah denger malahan, untung baca blognya. Iwak bugisan, tunggu aku main ke sana yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mandaa, sama-sama...
      Ajak panda dan keluarga, nda, pasti seru...

      Delete
  10. Dan aku masih penasaran dong, kenapa namanya iwak bugisan? Pilihan menunya banyak banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa, aku klupaan cerita ya kenapa namanya iwak bugisan...?? tunggu aku revisi yaa... :)

      Delete
  11. Kok namanya iwak bugisan? Apa owner-nya orang Bugis, ya? Menunya terlihat maknyoss dan harganya juga gak mahal2 amat kayak hidangan seafood lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku malah lupa cerita kenapa namanya iwak bugisan...
      Soal harga, kalo di jogja ini termasuk murah mb...

      Delete
  12. Ya Allah kok aku ngiler banget liat fotonya. Apalagi lagi puasa gini nunggu maghrib, berasa udah ditenggorokan nyangkut durinya *ehbatalgaksih . Harganya juga lumayan murah mbak untuk ukuran seafood gini. Kalo k jogja mampir ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho, mohon maaf, blog ransel memang bertugas untuk membuat anda ngilerrr, hihihi... Monggo kalau mampir mba... semoga bisa cepat liburan ke jogja ya... :)

      Delete
  13. Menu yang di foto, bener-bener bikin ngiler nih Mba... Seafood Iwak Bugisan Yogya, bisa jadi rekomendasi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hataghaaa... bukan cuma foto mb, rasanya juga enaakkk...
      Yup betul, aku tulis di blog karena aku merekomendasikan tempat ini...

      Delete
  14. bikin ngiler semua makanannya. tapi nggak bikin gendut kan makan ikan? wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas bikin puas mba, olahan ikan dan seafoodnya enaakkk... :D

      Delete
  15. klo baca judulny aja, saya kira di Bugis hehe trnyata di Jogjaa 😍 saya salkus ke tampilan blog dan foto2nya cantikkkk bgttt kak 💗 klo boleh tau, pngambilan gambarny mnggunakan apa kak? beningg bgt hhe. maturnuwun kak 🌟

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di jogja kak, di menunya ada masakan ala bugis juga sihh...
      Pake kamera canon mirrorless m3 mba... :)

      Delete
  16. Boleh nih di tandaiin dulu biar masuk ke kunjungan kuliner ketika di Jogja hehehe. Duh jadi pengen cepat ke Jogja lagi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera liburan di jogja mba...
      Monggo silakan mampir... :)

      Delete
  17. Wah... Jadi pengen ke jogja lagi, ngiler dengan menu di tempat ini .... Nyummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayokk ke jogja,,, tempat ini masukkan di food list dulu aja mba... :)

      Delete
  18. Waduuuh menggoda banget, mau mampir aah kalau ke Jogja lagi

    ReplyDelete
  19. Ya ampun mbak bumbu dan sambalnya itu lho bikin makin menggoda, apalagi minumnya juga Seger pisaaaan. Aku sering ke Jogja tapi kok blm pernah ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, nggak main-main bumbunya, dan pakai bumbu alami... Ini termasuk baru, lebaran kemarin baru buka... kayaknya belanja iklan mereka juga nggak banyak, jadi belum terkenal...

      Delete
  20. Ulasannya komplit bener, bu. Ntap lah.
    Fotonya menggugah selera, bikin pengen mbrakot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih belum ibu, jadi nggak mau dipanggil ibu... :p
      Woah.. yang dibrakot ikannya kan, bukan aku kann...

      Delete
  21. Hmmmm yummy. Olahan seafood salah satu menu yang nggak bisa aku tolak. Wajib nyoba nih kalau ada kesempatan ke Jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong~ aku juga suka seafood dan nggam nolak deh kalo ada menu seafood... >.<

      Delete
  22. Waah, libur lebaran kemarin saya mampir ke kawasan Mantrijeron, lho. Boleh lah diulangi lagi ke sana kapan2 demi nyicip Iwak Bugisan. Ngiler nih liat penampakan ikan yg besar ituuu, hehe. Sambil membayangkan hangatnya wedang Uwuh.
    Thanks infonya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, semoga bisa liburan ke jogja lagi...
      Kalau wedang uwuh sudah biasa, yang jarang wedang tumbar...

      Delete
  23. Wow, lihat makanannya, jadi lapar, bisa jadi pilihan tempat makan, nih

    ReplyDelete
  24. Saya suka ikan sebenernya, tapi alergi kulitnya hohohoo.. Kadang suka nekat juga sih tetep makan.
    Kayaknya aku pernah baca tempat ini tapi lupa di mana. Lumayan jauh ya di daerah Bugisan,secara aku di Kalasan. Tapi kapan² klo lewat daerah sana mudah2an bisa mampir. Harganya juga terjangkau utk ukuran orang Yogya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alergi kulit ikan yah, kalo dagingnya alergi juga kah? request aja tanpa kulit mba... Iya ini lumayan jaoh kalo dari kalasan, kalau pas ke jogja kota mungkin bisa sekalian mampir mba...

      Delete
  25. Jogja, makin lengkap niy wiskulnya. hmm, ngiler lihat masakan ikannya. Bumbu yang diatasnya memikat hati untuk mencicipinya..yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dong.. apalagi ikan atau seafood sekarang banyaakkk banget pilihannya, salah satunya ini nih yang aku rekomendasikan...

      Delete
  26. Kupikir tadi iwak bugisan itu iwak di bugis ternyata di Jogja
    Dan ini sungguh menggoda penampakan menu dan harganya.
    Mau dicatat dulu bisa didatangi nanti ini..
    Mantul bener iwak-iwaknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogjaa~ hehhehe... tapi lokasinya memang namanya terkenal dengan istilah "bugisan" karena banyak orang-orang berasal dari busgis...

      Delete
  27. Lengkap banget ya mb, dari ikan tawar sampai ikan laut. Mana masaknya beraneka ragam pula. Bikin lapar tiba-tiba. Jadi kapan aku diajak ke sana mb? Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih macem-macem ikannya, macem-macem pilihan masaknya... Kayaknya deket rumahmu ya mba, cuss mampir aja, wqwq...

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe