Oldtown White Coffee. Di Sini Bisa Nikmati Menu Kopitiam. Lengkap!

August 12, 2019

EAT AND CULINARY

OLDTOWN WHITE COFFEE
DI SINI BISA NIKMATI MENU KOPITIAM, LENGKAP!

Suasana tempat makan yang cozy bergaya kopitiam dengan ragam kuliner kaya rasa dan selera, kini bisa kamu dapatkan di OldTown White Coffee. Lokasinya strategis, ada di jantung Kota Yogyakarta, yaitu di  Jl. C. Simanjuntak Yogyakarta, ‒tepatnya di seberang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Aku sudah bertandang ke sana… 

Outlet OldTown White Coffee sebelumnya sudah buka di beberapa kota besar di Indonesia. Kini, Oldtown White Coffee membuka outlet barunya di Kota Yogyakarta. Fresh banget! Karena baru dibuka pada medio Juli 2019 lalu. Bangunan OLDTOWN WHITE COFFEE berdiri tegak di Jl. C. Simanjuntak No. 78A Kota Yogyakarta, maka selanjutnya kita sebut OldTown Simanjuntak Yogyakarta, ya. Tak hanya mengandalkan nama dan popularitas, OldTown Simanjuntak Yogyakarta menjanjikan hidangan juara di restonya.

“Kawan Ransel tak perlu khawatir, ragam kuliner yang disajikan cukup lengkap. Berkonsep fusion, mulai dari Asian Food, Western Food, dan Kuliner Khas Nusantara, ada pilihan menunya. Lengkap!”


Sesuai tajuk restoran itu sendiri, OldTown Simanjuntak Yogyakarta menyajikan white coffee. Namun, kopi yang disajikan berbeda dengan kopi di coffee shop lainnya, di sini sajian white coffee terdiri dari campuran tiga jenis biji kopi yaitu Arabica, Liberia, dan Robusta. speciality coffee pun macam-macam, mulai dari White Coffee Series, Freezy Series, Fresh Brew Series, V60 Pour Over Series, hingga Cold Brew Series. Bagi Kawan Ransel yang ingin mencicipi minuman selain kopi, bisa memesan Speciality Tea dan/atau Chocolate Series.



Kedatanganku dan teman-temanku saat jam makan siang disambut dengan harum aroma kopi yang menyeruak di seluruh ruangan ketika pertama kali menjejakkan langkah ke dalam restoran. Tempat berista meracik kopi memang berada di lantai dasar, berkonsep open bar jadi kamu bisa melihat barista meracik kopi atau minuman pesananmu. Tak mau hanya menikmati aroma sedapnya, aku pun mencicipi salah satu menu kopi, yaitu Sparkling Yuzu Coffee.

Minuman yang disajikan dingin ini diracik dari buah yuzu (salah satu turunan jeruk mandarin), rasanya manis-asam nan menyegarkan, dipadu dengan sentuhan cold brew coffee, kopi yang diseduh dengan air es, dan sparkling water dengan sedikit rasa lemon yang menghadirkan sensasi asam. Jika kamu menginginkan taste yang lebih manis lagi, kamu bisa menambahkan gula cair yang disajikan bersama minuman ini. Di mulut rasanya mengejutkan, karena menu serupa jarang ditemukan di tempat lain. Langsung jadi minuman favorit aku!


SPARKLING YUZU COFFEE (Cold)
Fruity Yuzu dicampur dengan kopi dingin, dengan sedikit lemon segar dan disajikan dengan thyme.
37K.

Untuk menu berat, aku mencicipi dua menu, dari Western Series yaitu Signature Seafood Pasta, dan dari Asian Series yaitu Hainan Chicken Rice. Sembari menunggu hidangan utama tiba, cobalah aneka kudapan pembuka, atau makanan pendamping lainnya. Aku menyarankan menu Kaya and Butter Toast, yakni roti panggang karamel dengan isian selai kaya dan butter. Walaupun namanya roti panggang, ternyata menu ini cukup ringan, kamu tidak cukup kenyang dengan makan setangkup roti gurih-manis dengan isi perpaduan selai kaya-butter dan madu ini.




KAYA & BUTTER TOAST 
Signatur Kaya & Butter Toasted Brown Bread Sandwitch.
32K.

Beranjak ke menu berat... Aku paling suka Signature Seafood Pasta. Tampilannya terlihat sederhana dan simple, namun rasanya enak nan lezat. Pasta jenis linguine dimasak bersama dengan garlic & olive oil, yang memunculkan rasa gurih pada pasta. Pasta disajikan dengan kerang tahu yang ditata di sekeliling pasta, ditambah dengan dua tiger prawn, udang berukuran besar bertengger di atas pasta.


SIGNATURE SEAFOOD PASTA 
Pan fried linguine in garlic & olive oil, served with tiger prawns & claims.
55K.

#

Menu berat kedua yang merupakan signature adalah Hainan Chicken Rice. Banyak item di menu ini, sepiring ayam dengan kecambah, semangkuk nasi, dan semangkuk kuah, disajikan dengan tiga macam sambal berbeda.


HAINAN CHICKEN RICE

# 

Berbagai menu penutup bisa kamu pesan di OldTown White Coffee. Beberapa dessert sudah aku coba dan menjadi favoritku, diantaranya adalah Signature Ice Cream.




SIGNATURE ICE CREAM. 

#

Restoran dua lantai ini mengusung desain interior yang unik, memadukan konsep modern minimalis dengan sentuhan gaya peranakan jaman dahulu. Bagian paling depan merupakan area makan terbuka, sekaligus smoking area. Masuk ke bagian dalamnya, terlihat dinding-dinding didominasi dengan warna putih. Lantai dasar mendapat banyak sentuhan pencahayaan yang hangat. Tetap instagramable, memanjakan para pemburu foto. Di lantai dua, ada ruangan non-smoking area dan balkon. Untuk kalangan professional, OldTown Simanjuntak Yogyakarta menyediakan dua ruangan meeting room. Yang paling aku suka adalah, resto ini menyediakan mushola yang layak, ukurannya memang tidak besar tetapi dari sisi kebersihan dan pencahayaan oke.

#


HOW TO GET THERE?
OLDTOWN WHITE COFFEE 
Jl. C. Simanjuntak No. 78 A Kota Yogyakarta.
Lokasinya tepat di seberang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

[ Map ]




Operational Hours :
Minggu–Kamis : 08.00 – 22.00
Jumat‒Sabtu : 08.00 – 23.00



Note :
OldTown Simanjuntak Yogyakarta bisa diakses dari arah utara maupun selatan. Tapi lebih mudah dari utara, karena tidak perlu memotong jalanan yang cukup ramai dan padat. Area parkir dapat menampung belasan sepeda motor, dan beberapa mobil saja, memang tidak cukup besar area parkirnya. Lebih praktis menggunakan sepeda motor dibandingkan mengunakan mobil karena area parkir lebih leluasa.

‒ Teks & Foto oleh : NISYA RIFIANI / Agustus 2019 ‒






You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe