Oldtown White Coffee. Di Sini Bisa Nikmati Menu Kopitiam. Lengkap!

August 12, 2019

EAT AND CULINARY

OLDTOWN WHITE COFFEE
DI SINI BISA NIKMATI MENU KOPITIAM, LENGKAP!

Suasana tempat makan yang cozy bergaya kopitiam dengan ragam kuliner kaya rasa dan selera, kini bisa kamu dapatkan di OldTown White Coffee. Lokasinya strategis, ada di jantung Kota Yogyakarta, yaitu di  Jl. C. Simanjuntak Yogyakarta, ‒tepatnya di seberang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Aku sudah bertandang ke sana… 

Outlet OldTown White Coffee sebelumnya sudah buka di beberapa kota besar di Indonesia. Kini, Oldtown White Coffee membuka outlet barunya di Kota Yogyakarta. Fresh banget! Karena baru dibuka pada medio Juli 2019 lalu. Bangunan OLDTOWN WHITE COFFEE berdiri tegak di Jl. C. Simanjuntak No. 78A Kota Yogyakarta, maka selanjutnya kita sebut OldTown Simanjuntak Yogyakarta, ya. Tak hanya mengandalkan nama dan popularitas, OldTown Simanjuntak Yogyakarta menjanjikan hidangan juara di restonya.

“Kawan Ransel tak perlu khawatir, ragam kuliner yang disajikan cukup lengkap. Berkonsep fusion, mulai dari Asian Food, Western Food, dan Kuliner Khas Nusantara, ada pilihan menunya. Lengkap!”


Sesuai tajuk restoran itu sendiri, OldTown Simanjuntak Yogyakarta menyajikan white coffee. Namun, kopi yang disajikan berbeda dengan kopi di coffee shop lainnya, di sini sajian white coffee terdiri dari campuran tiga jenis biji kopi yaitu Arabica, Liberia, dan Robusta. speciality coffee pun macam-macam, mulai dari White Coffee Series, Freezy Series, Fresh Brew Series, V60 Pour Over Series, hingga Cold Brew Series. Bagi Kawan Ransel yang ingin mencicipi minuman selain kopi, bisa memesan Speciality Tea dan/atau Chocolate Series.



Kedatanganku dan teman-temanku saat jam makan siang disambut dengan harum aroma kopi yang menyeruak di seluruh ruangan ketika pertama kali menjejakkan langkah ke dalam restoran. Tempat berista meracik kopi memang berada di lantai dasar, berkonsep open bar jadi kamu bisa melihat barista meracik kopi atau minuman pesananmu. Tak mau hanya menikmati aroma sedapnya, aku pun mencicipi salah satu menu kopi, yaitu Sparkling Yuzu Coffee.

Minuman yang disajikan dingin ini diracik dari buah yuzu (salah satu turunan jeruk mandarin), rasanya manis-asam nan menyegarkan, dipadu dengan sentuhan cold brew coffee, kopi yang diseduh dengan air es, dan sparkling water dengan sedikit rasa lemon yang menghadirkan sensasi asam. Jika kamu menginginkan taste yang lebih manis lagi, kamu bisa menambahkan gula cair yang disajikan bersama minuman ini. Di mulut rasanya mengejutkan, karena menu serupa jarang ditemukan di tempat lain. Langsung jadi minuman favorit aku!


SPARKLING YUZU COFFEE (Cold)
Fruity Yuzu dicampur dengan kopi dingin, dengan sedikit lemon segar dan disajikan dengan thyme.
37K.

Untuk menu berat, aku mencicipi dua menu, dari Western Series yaitu Signature Seafood Pasta, dan dari Asian Series yaitu Hainan Chicken Rice. Sembari menunggu hidangan utama tiba, cobalah aneka kudapan pembuka, atau makanan pendamping lainnya. Aku menyarankan menu Kaya and Butter Toast, yakni roti panggang karamel dengan isian selai kaya dan butter. Walaupun namanya roti panggang, ternyata menu ini cukup ringan, kamu tidak cukup kenyang dengan makan setangkup roti gurih-manis dengan isi perpaduan selai kaya-butter dan madu ini.




KAYA & BUTTER TOAST 
Signatur Kaya & Butter Toasted Brown Bread Sandwitch.
32K.

Beranjak ke menu berat... Aku paling suka Signature Seafood Pasta. Tampilannya terlihat sederhana dan simple, namun rasanya enak nan lezat. Pasta jenis linguine dimasak bersama dengan garlic & olive oil, yang memunculkan rasa gurih pada pasta. Pasta disajikan dengan kerang tahu yang ditata di sekeliling pasta, ditambah dengan dua tiger prawn, udang berukuran besar bertengger di atas pasta.


SIGNATURE SEAFOOD PASTA 
Pan fried linguine in garlic & olive oil, served with tiger prawns & claims.
55K.

#

Menu berat kedua yang merupakan signature adalah Hainan Chicken Rice. Banyak item di menu ini, sepiring ayam dengan kecambah, semangkuk nasi, dan semangkuk kuah, disajikan dengan tiga macam sambal berbeda.


HAINAN CHICKEN RICE

# 

Berbagai menu penutup bisa kamu pesan di OldTown White Coffee. Beberapa dessert sudah aku coba dan menjadi favoritku, diantaranya adalah Signature Ice Cream.




SIGNATURE ICE CREAM. 

#

Restoran dua lantai ini mengusung desain interior yang unik, memadukan konsep modern minimalis dengan sentuhan gaya peranakan jaman dahulu. Bagian paling depan merupakan area makan terbuka, sekaligus smoking area. Masuk ke bagian dalamnya, terlihat dinding-dinding didominasi dengan warna putih. Lantai dasar mendapat banyak sentuhan pencahayaan yang hangat. Tetap instagramable, memanjakan para pemburu foto. Di lantai dua, ada ruangan non-smoking area dan balkon. Untuk kalangan professional, OldTown Simanjuntak Yogyakarta menyediakan dua ruangan meeting room. Yang paling aku suka adalah, resto ini menyediakan mushola yang layak, ukurannya memang tidak besar tetapi dari sisi kebersihan dan pencahayaan oke.

#


HOW TO GET THERE?
OLDTOWN WHITE COFFEE 
Jl. C. Simanjuntak No. 78 A Kota Yogyakarta.
Lokasinya tepat di seberang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

[ Map ]




Operational Hours :
Minggu–Kamis : 08.00 – 22.00
Jumat‒Sabtu : 08.00 – 23.00



Note :
OldTown Simanjuntak Yogyakarta bisa diakses dari arah utara maupun selatan. Tapi lebih mudah dari utara, karena tidak perlu memotong jalanan yang cukup ramai dan padat. Area parkir dapat menampung belasan sepeda motor, dan beberapa mobil saja, memang tidak cukup besar area parkirnya. Lebih praktis menggunakan sepeda motor dibandingkan mengunakan mobil karena area parkir lebih leluasa.

‒ Teks & Foto oleh : NISYA RIFIANI / Agustus 2019 ‒






You Might Also Like

41 comments

  1. Enyaakk enyaaakkkk :D

    Sejujurnya, saya kadang kurang suka dengan menu-menu ala cafe yang porsinya terlihat seiprit, maklum kan ye, biasanya makan sebakul hahahaha.

    Tapi setelah dicoba, menu di kafe itu sedikit tapi beneran enak dan mengenyangkan :D

    Wajib mampir nih kalau ke Jogja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mba rey bisa aja...
      Sama sih mb, aku juga kurang suka kalau makan di kafe yang porsinya dikit... Makanya kalau ke kafe dan nemu makanan yang worth it (harga terjangkau, porsinya banyak, rasa enak, pasti deh aku tandain...
      Semoga bisa cepat liburan ke jogja ya mba... :)

      Delete
  2. boleh nih jadi pilihan kalo main ke jogja

    ReplyDelete
  3. Wah boleh nih kalau je jogja mampir sini. Noted dulu akh. Nanti saya buka lagi waktu di Jogja. Terima kasih reviewnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara bisa dimasukkan di wishlist kuliner dl...
      Iya sama-sama... :)

      Delete
  4. Hainan chickennya pakai toge, kayanya enak. Soalnya jarang yang pakai toge gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mana togenya banyak banget kan ya, jadi mengenyangkan...

      Delete
  5. instagramable banget dong ini cafe nya. Dan aku selama nengok adikku di Jogja dan kebetulan dia juga d UGM, blm pernah diajakin sama dia kesini huhu sad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan banget nih, lokasi restonya juga di seputaran ugm kok...
      Kalau ini terbilang baru sih, mb. Pas ke jogja cobain deh...

      Delete
  6. Sip banget.. Bisa jadi pilihan kalo ke Jogja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa liburan ke jogja, jangan lupa mampir ya...

      Delete
  7. Es kopi, es krim, seleraku bgt. Kpn2 ke jogja mmpir juga kyk ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahini es kopi jeruknya harus kamu coba nih, unik banget rasanya...

      Delete
  8. Yogyakarta memang punya banyak tempat menarik buat dikunjungi, terlebih soal kuliner. Tempat ngopi yang asyik, designnya unik dan elegan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaakkk, banget sampai bingung mau ke mana... Tempat ngopinya juga banyak...

      Delete
  9. Noted. Kalau ke Jogjakarta harus mampir. Menunya menggoda hati... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, kalo mampir ke sini, jangan lupa foto-foto yaa...

      Delete
  10. Seafood pasta membuat perut ku terdengar genderang, soalnya itu mantap banget tampilannya gimana rasanya kan, pasti enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak banget pastanya, apalagi ada udang dan kerangnyaa...

      Delete
  11. keren gilak ini sih. tempat dan makanannya kekinian banget cocok buat anak gaul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener banget... tapi buat kumpul keluarga juga nyaman

      Delete
  12. Waduh aku baca aja udah jadi kenyang heheee... Tempatnya bagus banget ya. Berarti ini sebelum lampu merah Mirota Kampus ya klo dari utara. Baeklah next klo pas lewat dan ada kesempatan bisa mampir.
    Itu kopi yuzu plus lemonnya unik banget sihh..keliatan suegerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak bener banget, kayaknya mba hastin uda hapal yaa...
      Kopi lemon ini unik banget, minuman yang aneh tapi enak

      Delete
  13. Tempatnya macam cozy ya ka, suka lihatnya sayang jauh dari daerahku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cozy banget, emang tempat anak muda nongkrong...
      Kalau suatu saat plesiran ke kota jogja, mampir aja...

      Delete
  14. Tempatnya keren, menarik dan saya gagal fokus lihat menunya.

    ReplyDelete
  15. Udang di pastanya sangat menggoda, apalagi kalau disajikan hangat. Bikin laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, mana udangnya gede banget...
      Kerangnya juga nggak kalah enak, loh

      Delete
  16. Tempatnya oke banget nih. Makanannya juga menggoda iman. Jadi pingin ke skni.

    ReplyDelete
  17. Old Town White Coffee erpaduan antara desain lama dan menu asing

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau desain ruangannya malah kekinian banget lho...
      menunya ala melayu nggak jauh beda sama menu indonesia

      Delete
  18. Tempatnya cozy bangget,, Jogja emank tempat wisata kuliner nomor wahid lah,, tapi sayang jauh bangget dari tempat saya tinggal hehe,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. betul banget, jogja-bandung emang tempatnya kulineran...

      Delete
  19. wah asyik niy mbak, buat nongkrong dan ngemil bareng keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggung ah klo cuma ngemil, makan besar sekalian mumpung menunya enak-enak...

      Delete
  20. Semakin banyak aja ya kafe-kafe yang fokus pada kopi. Ini bagus banget interiornya :) Pas banget deh berlokasi di Jogja yang juga surganya kuliner. Mau dong kapan-kapan mampir nyobain Cold Brew-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di jogja banyak banget kedai kopi... dan masing-masing punya ciri khas sendiri...

      Delete
  21. Situs Bandar Togel Online Terpercaya dan Resmi di Indonesia

    Bonus Free Chip 5K ( Setiap Hari ) - New Member
    Bonus Free Chip 5K ( Setiap Hari ) - Next Deposit
    Bonus Cashback 5% ( Khusus Live Game )
    Bonus Referral 1% ( Khusus Permainan Togel )

    Link Resmi : - http://178.128.96.111/
    Link Alternatif : - www.kelincipoker.me

    KINI KELINCI99 MENYEDIAKAN DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL UNTUK KEMUDAHAN TRANSAKSI, ONLINE 24 JAM | DAPATKAN BONUS FREECHIP Rp 5.000 SETIAP HARI HANYA DI KELINCI99 | TERIMA KASIH :)
    BANK SUPPORT :
    - BCA - OVO
    - BNI - GOPAY
    - BRI - JENIUS
    - MANDIRI - DANA
    - CIMB NIAGA

    Min. DEPO Rp 20.000,- & Min. WD Rp 20.000,-

    WhatsApp :+85581511017
    LINE : 99Kelinci
    Wechat : CS_Kelinci99
    Facebook : www.facebook.com/99Kelinci

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe