Candi Ijo. Pilihan Wisata dengan Keindahan Sunset yang Begitu Memukau.

October 21, 2019

CANDI IJO dibangun sekitar abad ke-9 Masehi oleh umat Hindu. Bangunan candi ini tersusun dari 17 struktur bangunan dan 11 teras yang berundak. Puncak teras dibuat pagar keliling dan tersusun dari delapan lingga patok. CANDI IJO ini terdiri dari satu bangunan candi utama dan 3 candi perwara. Keindahan candi dengan paduan lingkungan yang begitu asri berhasil menyita perhatian banyak orang...

Kali ini, aku akan cerita tentang wisata candi ini...
Sumber : www.visitingjogja.com

TRAVEL AND ADVENTURE

CANDI IJO
PILIHAN WISATA DENGAN KEINDAHAN SUNSET YANG BEGITU MEMUKAU

Lokasi Candi Ijo
CANDI IJO terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jarak destinasi wisata ini hanya sekitar 19 km aja dari Kota Yogyakarta,dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit saja. Tidak terlalu panjang perjalanannya... Akses menuju ke sana didominasi jalanan kota dengan aspal mulus. Tapi siap-siap ya, jalanan cukup terjal dan menantang ketika memasuki Desa Sambirejo. Oleh karena itu, KAWAN RANSEL harus berhati-hati saat berkendara, sebelum berangkat pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima!

Ini dia rute perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta...
Arahkan kendaraan menuju Jln. Jogja – Solo, melajulah sampai di pertigaan Candi Prambanan. Kemudian belok kanan atau menuju arah selatan memasuki Jln. Prambanan – Piyungan. KAWAN RANSEL akan menjumpai papan petunjuk untuk menuju ke Candi Ijo, dan berbeloklah ke kiri mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan. Gunakan map online untuk memudahkanmu menuju CANDI IJO.

[ Map ]


CANDI IJO
Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

#

TRIP JOGJA merupakan salah satu penyedia travel agent di Jogja yang siap melayani perjalanan wisata kamu. Bagi KAWAN RANSEL yang berminat, bisa cek website profile-nya di https://tripjogja.co.id untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai paket wisata di Jogja. Praktis banget nge-trip bareng TRIP JOGJA.

Fasilitas Candi Ijo
CANDI IJO menyediakan beberapa fasilitas pendukung agar para wisatawan betah berlama-lama berada di sana. Ada fasilitas umum seperti toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat. Ada juga musholla yang dapat digunakan umat muslim untuk beribadah, jadi nggak ketinggalan sholat fardhu. Area parkir di Candi Ijo juga cukup luas lho, sehingga dapat digunakan oleh untuk memarkir motor, mobil, mini bus, hingga bus. Di sana juga terdapat papan informasi sejarah candi, KAWAN RANSEL dapat membacanya untuk menambah pengetahuan dan mengetahui sejarah dari Candi Ijo. Ada juga beberapa gazebo yang tersebar di area candi dimana wisatawan dapat menggunakannya untuk duduk santai sambil menikmati indahnya candi.

Selain itu, CANDI IJO kini dilengkapi dengan berbagai spot foto menarik yang ciamik. KAWAN RANSEL dapat sepuasnya ber-selfie atau berfoto ria bersama teman-teman atau rombongan. Banyak orang yang memilih duduk bersantai di rerumputan hijau dan berfoto dengan background candi. Tidak hanya menjadi destinasi wisata dengan spot ciamik saja, tetapi CANDI IJO juga menyuguhkan wisata kuliner yang mengenyangkan dan lezat. Di Lokasi Wisata Jogja terdapat warung-warung makan berjejeran menyediakan berbagai menu makanan lezat yang siap mengisi perut. Rasa lezat dan nikmat dari menu makanan dan minuman membuat banyak orang ketagihan dan ingin kembali lagi ke candi ini.

Baca Juga :
Candi Gampingan. Jejak Peninggalan Sejarah Mataram Kuno.
 
Harga Tiket Masuk Candi Ijo
Harga tiket masuk CANDI IJO sebesar Rp 5.000,- untuk wisatawan domestik (dalam negeri) dan untuk wisatawan mancanegara (luar negeri) dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- Dengan biaya tiket masuk yang terjangkau tersebut, KAWAN RANSEL bisa menikmati indahnya candi dengan berbagai keindahan yang disuguhkan. Kendaraan roda dua (motor) dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,- dan kendaraan roda empat (mobil) dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,-.

Jam Buka Candi Ijo
Jam operasional Wisata CANDI IJO mulai dari jam 06.00 hingga 17.30 WIB. Destinasi wisata yang ada di Jogja ini sering dikunjungi wisatawan ketika siang menjelang sore hari. Wisatawan ingin duduk sejenak sambil menyaksikan matahari yang perlahan-lahan mulai menghilang. Candi Ijo disebut menjadi salah satu destinasi dengan keindahan sunset atau matahari terbenam yang begitu memukau. Datanglah di waktu yang tepat untuk menikmati keindahannya.

CANDI IJO dapat menjadi pilihan wisata untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam maupun mengoleksi foto-foto yang instagramable. Sangat disayangkan jika kamu sedang pergi ke Kota Jogja tetapi tidak mampir untuk sejenak singgah di wisata keren ini.

‒ Redaksi #BlogRanselMungil ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

2 comments

  1. Halo... Candi Ijo ini deket Borobudur nggak sih Kak? Soalnya kalau di Borobudur kan bisa sekalian mampir ke Candi Ijo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jauh tuh, sudah beda provinsi... kalau berkunjung ke candi ijo, kamu bisa sekalian berkunjung ke candi abang, candi ratu boko, candi prambanan, candi sambi sari, banyak sih...

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe