BRIcafe X Couvee : Coffee Shop & Working Space di Tengah Kota Jogja

February 21, 2023


BRICAFE X COUVEE,

COFFEE SHOP & WORKING SPACE DI TENGAH KOTA JOGJA

 

Beberapa waktu yang lalu, saya ada agenda pergi ke kota. By the way tempat tinggal saya memang jauh dari kota kok, tapi bukan di kabupaten juga. Jadi lokasinya itu di pinggiran, pinggiran kota, sekaligus pinggiran kabupaten *Jadi merasa terpencil, haha. Tempat tujuan saya nggak jauh dari Sagan Lama, sebuah kawasan yang punya ciri khas unik karena pengaruh kolonial Belanda…

 

Sayangnya, saya nggak akan cerita tentang kawasan Sagan Lama…

 

Saya mampir ke kedai kopi bernama BRIcafe X Couvee, di daerah Sagan Lama. Sesuai tajuknya, coffee shop ini merupakan hasil kolaborasi BRI, Rumah Kreatif, dan Coffee Shop COUVEE. Sebelum menjadi kedai kopi kekinian, tempat ini merupakan working space yang dikelola BUMN dan BRI, bernama Rumah Kreatif BUMN Jogja.

 

BRIcafe X Couvee menempati sebuah bangunan rumah dua lantai bergaya indisch, tepatnya di Jl. Sagan Timur No. 123 Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Tempat ini bisa dibilang asri dan rindang, karena banyak pohon dan tanaman hias. Layaknya bangunan lama, bagian depan terdapat teras dan halaman yang cukup luas.

 

Masuk ke area dalam, langsung disambut coffee bar Couvee (area tengah). Dan sesuai tajuknya, di tempat ini tentu saja terdapat layanan perbankan BRI, yang seat-nya di area yang sama. Menurut saya, ini konsep yang out of the box, bisa-bisanya menyelaraskan layanan bank dan tempat ngopi. Kalo’ nggak salah ingat, ada ATM BRI juga.

 

Untuk pemesanan kopi, bisa langsung ke coffee bar, ya. Saya menjatuhkan pilihan kepada kopi kesukaan saya, Ice Vanilla Latte. Barista pun segera sigap membuatkan pesanan saya…

 

Tak meninggalkan fungsi sebelumnya sebagai Rumah Kreatif, BRIcafe X Couvee menyediakan working space di lantai 1 maupun lantai 2. Tempatnya nyaman, cocok banget buat mahasiswa nugas atau karyawan kerja work from cafe. Tetapi menurut saya vibes-nya tidak cukup tenang, orang-orang di sana masih ngobrol leluasa tanpa memelankan suara (saat itu).

 

Bagi orang yang sulit konsentrasi di tempat bising, ini bukan tempat yang tepat…

 

Di Lantai 1, di area yang berbeda, ada area store khusus untuk pemasaran produk dari para pelaku usaha lokal. Jadi lebih mirip galeri seni menurut saya. Sebelumnya saya cukup sering mengunjungi Rumah Kreatif, tampilan terbarunya ini sangat fresh dan lebih atraktif. Saya nggak naik ke lantai 2, karena saya berencana take away saja.

 

Saya menunggu pesanan saya, kok agak lama. Ternyata banyak yang mengantre, ada pesanan online juga. Sayang beribu sayang, di sana tidak tersedia kursi tunggu khusus pelanggan yang take away. Padahal lumayan nunggunya… Mau duduk di kursi customer di counter customer service bank, kan sungkan ya. Yaudah saya berdiri saja sambil bengong.

 

Usai pesanan saya datang, sebelum pulang saya sempat duduk-duduk di seat outdoor. Halamannya cukup luas, style dan susunannya sangat menarik, beda-beda pula. Saya kira konsepnya lebih ke ruang komunal… Ini sih cocok banget buat nongkrong dan ngobrol bareng teman. Karena berada di halaman, jadi bisa ngobrol sambil ngeroko-roko.

 

Mau tau nggak, gimana rasa kopi yang saya pesan?

Enak! Kopinya terasa, dan nggak terlalu pahit, nggak terlalu manis pula. Overall, rasanya mild gitu lho… Caffe Latte memang jenis kopi yang paling cocok buat saya, karena saya enggak bisa (lagi) minum kopi hitam pahit gitu…

 

Ada banyak pilihan menu kopi lainnya, mulai dari jenis kopi espresso based, sampai flavored coffee juga ada. Kayaknya ada menu non-coffee juga, tapi saya nggak terlalu memperhatikan. Soal harga, menurut saya ono rego ono rupo, harga menentukan kualitas produk yang kita dapat.

 

Walaupun menurut saya harga kopinya masih terbilang terjangkau, di harga mulai 20K an… *ya pokoknya sekitar segitu. Rata-rata harga kopi di coffee shop di Jogja, juga sekitar segitu…

 

Begitulah ketika saya mampir tipis-tipis ke BRIcafe X Couvee yang berada di Sagan Lama.

Cerita Sagan Lama barangkali akan saya tulis juga lain kali…

 

BRICAFE X COUVEE

Jl. Sagan Timur No. 123 Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

 

[ Map ]

Map

 

-Rifia Nisya

 

 

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe