Sop Ceker Padhang Atine. Sajian Santap Malam yang Menghangatkan Badan

April 22, 2019



SOP CEKER PADHANG ATINE
SAJIAN SANTAP MALAM YANG MENGHANGATKAN BADAN

Menjamurnya restoran cepat saji tak menyurutkan hasrat para pecinta kuliner untuk berburu menu nusantara semacam sop ayam. Sop ayam bisa kamu dapatkan di penjuru KOTA JOGJA, selain sop ayam “legenda” yang berasal dari Klaten, kamu bisa mencicipi sop ayam dengan gaya berbeda, salah satunya SOP CEKER PADHANG ATINE. Kedai yang terletak di bilangan Jl. Taman Siswa, Kota Yogyakarta ini adalah salah satu tempat makan langgananku, tapi ternyata aku sudah cukup lama tak berkunjung ke sana... Aku pun penasaran, kira-kira cita rasanya berubah nggak yaaa???

#


Aku memasuki kedai SOP CEKER PADHANG ATINE. Masih seperti duluu, ada setangkup haru dalam rinduuu *elah malah nyanyi. Bhaique, mari kembali ke cerita… Kedainya tidak bertambah luas, Gaesque, karena memang lahannya hanya segitu aja sih^^. Tempat makan pelanggan terbagi dalam tiga bagian: paling depan menempati trotoar, bagian tengah dekat dengan dapur, dan paling belakang –yang ruangannya paling luas. Ah, ada yang berbeda dari tempat makan pelanggan yaitu pada bagian belakang. Dulu digunakan sebagai tempat makan lesehan tapi sekarang dihilangkan, diganti dengan meja-meja dengan bangku-bangku di dua sisinya. Selain itu, sekarang pencahayaan ruangannya lebih terang, kalo’ dulu RMG-RMG (remang-remang). Aku memilih tempat duduk di sudut kiri paling belakang, cahaya lampunya lumayan lebih terang dibanding sudut lainnya. Alasan lainnya aku pilih sudut ituuu, karena aku nggak punya tambahan lighting untuk foto, hehehe *kan mau motret makanannya juga #gimanasih.

Menu paling juara di kedai ini tentu adalah sop ceker *ya iyalaahhh, sesuai nama kedainya GTL (gitu loh...). Tapi selain ceker, kedai ini juga menyediakan sop dengan isi bagian-bagian ayam lainya yaitu seperti paha, dada, ceker, sayap, kepala, sampai ati atau ampelanya. SOP CEKER PADHANG ATINE mengusung konsep yang berbeda, tidak seperti sajian sop asal klaten yang populer itu. Satu porsi sop isinya bukan cuma bagian ayam dan kuah saja, tapi ada sayurannya juga lho, yaitu kentang, tomat, dan wortel, tapi potongannya nggak begitu banyak. Selain itu ada tambahan isian yaitu makaroni, rolade gulung, dan telur puyuh. KAWAN RANSEL bisa pesan bagian ayam yang diinginkan, atau pesan yang isinya daging ayam aja juga bisa, sesuai kesukaan kita ajaaa… Kawan Ransel bisa pesen sop ceker ayam mix (dengan bagian ayam lainnya). Sop yang sudah diracik kemudian diberi taburan irisan daun loncang segar, uniknya taburannya hanya daun loncang aja, nggak pake taburan bawang merah goreng seperti kebanyakan sop lainnya.


Aku pesan semangkuk sop dengan daging ayam +plus ceker goreng dan tempe goreng. Wuahhh, tak lama sop daging ayam pesananku udah datang nih, lumayan cepat masaknya… Kaldu ayam kuning bening menjadi dasar kuah untuk semangkok sop yang dipesan, rasanya lezat. Ada sedikit minyak pada kuahnya, mungkin dari kaldu ayamnya. Tapi harum kaldunya samar, tidak tercium tajam. Aku buru-buru menyeruput kuahnya, rasanya gurih, asin, dan manis, tapi rasanya tidak ada yang dominan. Udahh lamaaa nggak makan di sini~ Eh, rasa sop yang disajikan nggak berubah lho, tetap enak dan lezat. Kalau di warung sop lainnya, umumnya bumbu merica sudah dicampur ke dalam kuahnya, sehingga memunculkan rasa merica yang ketara. Di SOP CEKER PADHANG ATINE kita harus menambahkan merica sendiri, tapi plusnya kita bisa atur sesuai dengan selera kita. Biar makin mantap, tambahkan sambal juga, dijamin bisa menghangatkan badan kala malam.

Baca Juga :
Kuliner Enak, Lezat, dan Sederhana, Terenak Se-Asia Tenggara!

SOP CEKER PADHANG ATINE menyediakan sambal, kecap manis, dan merica bubuk di setiap meja. Sambal yang disediakan adalah sambal cabe rawit dan tomat yang cocok banget nih dipadu sama sop ayamnya, tidak merusak rasa, kan ada tuh sambal yang malah membuat rasa masakannya jadi nggak karu-karuan. Nah, kalau sambal di sini malah membuat cita rasa sop makin enak… Bagiku, yang tydac kuat makan pedas, sambalnya lumayan pedas nih (pakai dua sendok aja sudah terasa pedas). Jadi, saat menambahkan sambal, sedikit demi sedikit saja, sering-sering cicipi sampai rasanya pas sesusi selera. Umm, seperti biasa, aku nggak pernah menambahkan kecap pada makanan berkuah seperti soto, bakso, termasuk sop (karena menurutku malah merusak rasanya). Tapi balik lagi ke selera masing-masing sih, bagi yang suka kecap silakan tambahkan kecap sesuai selera kamu.


CEKER AYAM GORENG

Pertama kali aku bisa menikmati kuliner ceker ayam ya di kedai ini. Waktu itu, sekitar tahun 2012, aku diajak mas bagas makan di sini, awalnya setengah terpaksa sebenernya. Aku enggak mau, tapi mas bagas meluncurkan kalimat-kalimatnya dengan sangat meyakinkan, bahwa ceker ayam goreng di sini beda, dan rasanya enak, bla, bla, bla... Akhirnya berangkatlah aku dan mas bagas, sama dua orang teman lainnya, sebenernya aku (terpaksa) ngikut ajaahhh… Soalnya aku nggak bisa nolak juga, karenaaa mas bagas merupakan sponsor utama makan malam waktu itu, hahaha! Begitu coba, komentar yang muncul cuma satu kalimat : Elah, kok cekernya bisa enak gini yah... *Terus lanjot makan cekernya, wkwk :D. Thank you to mas bagas yang udah ngajak (atau maksa) ke warung ini. Thank you juga malam itu bayarin bon makanku, hehehe *Padahal biasanya kalo’ makan sama mas bagas, dia juga yang bayarin :p

CEKER GORENG adalah salah satu menu best seller di Kedai SOP CEKER PADHANG ATINE. Jadi, ceker ayamnya tuh digoreng kering, setelah dibumbuin tentunya, ya! Rasanya gurih-asin, cekernya digoreng garing gitu. Tulang-tulang yang kecil juga garing, jadi bisa dimakan, renyah dan gampang dikunyah.

Seporsi ceker goreng isinya empat ceker (dua pasang), entah cekernya sepasang kiri-kanan, atau kiri semua, atau kanan semua, itu tergantung penjualnya, nggak usah protes… Ceker disajikan bersama lalapan : dua potong timun dan beberapa pucuk kemangi, dan sambal untuk nyocol ceker gorengnya, disajikan dalam satu piring. Aku agak kecewa nih karena sambal ceker yang sekarang beda dengan sambal ceker yang dulu. Sambal ceker yang dulu adalah sambal terasi-tomat matang, rasanya pedas-manis, warnanya cenderung merah marun. Cocok banget dan rasanya mashoookkkk saat dimakan bareng ceker goremg. Sambal ceker goreng yang sekarang sama aja dengan sambal sop yang disajikan di setiap meja, dan menurutku kurang cocok sebagai cocolan ceker goreng. Selain ceker, menu serba goreng lainnya ada lele goreng, wader goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan telur goreng. Semua menu serba goreng disajikan bersama lalapan dan sambal.


HARGA MENU DI KEDAI SOP CEKER PADHANG ATINE

Selesai makan, aku segera menuju meja kasir yang terletak di bagian depan agak ke tengah, untuk membayar pesanan. Bandrol harga sop berbeda-beda tergantung bagian ayamnya, tapi harga sop ayam mulai Rp. 7 Ribu! Selain sop ayam, KAWAN RANSEL bisa pesan sop daging sapi lho, pilihannya ada sop daging sapi dan sop iga sapi.
Sop Daging Sapi dan Sop Iga sapi sama-sama dibandrol Rp. 20 ribu. Menu serba goreng dibandrol mula Rp. 2 Ribu. Nasi Putih Rp. 2 Ribu.

Minuman mulai Rp. 1 Ribu. Varian minumannya ada es/wedang teh dan jeruk, ‒seperti biasa standar warung makan lah yaa. Selain itu ada kopi dan aneka minuman kemasan lainnya. Tapi yang menarik di kedai ini, mereka menyajikan wedang secang, wedang tradisional yang diracik dari kayu secang dan paduan rempah alami. Minuman tradisional lainnya ada wedang jahe. Kalau saranku, pesan aja wedang secang, karena rasanya segar tapi hangat (ada campuran jahe).

Price List Sop Ayam
Sop Daging Ayam Kampung : Rp. 16 Ribu.
Sop Dada Ayam / Sop Paha Atas : Rp. 13 Ribu.
Sop Daging Ayam Biasa : Rp. 8 Ribu.

Sop Ceker Mulai Rp. 8,5 Ribu.
Sop Sayap Mulai Rp. 8 Ribu.
Sop Kepala Mulai Rp. 7,5 Ribu.
Sop Rempelo-Ati Mulai Rp. 7 Ribu.

Sop Ceker Mix Mulai Rp. 12,5 Ribu.
Bisa d-mix dengan Sayap, Kepala, Rempelo-Ati.

Yang aku sayangkan adalah jam buka gerai ini hanya malam hari.
Kenapa sih enggak buka dari pagi atau siang??? Toh tempatnya nggak dipake kalau pagi atau siang hari... (Sotoy)

LOKASI
Sop Ayam Padhang Atine berada tepat di tepi jalan Jl. Taman Siswa (Bagian Barat)

SOP CEKER PADHANG ATINE
Jl. Taman Siswa No. 120 A, Kota Yogyakarta.
Buka Jam 18.00 – Habis.

[ Map ]


‒ Teks & Foto : NISYA RIFIANI / April 2019 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

24 comments

  1. Ceker ayamnya bikin laper mbak, Garing gtu, duh sambelnya cocok buat colekan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, favorit aku nihhh, tapi kurang suka sama sambel cocolnya

      Delete
  2. Wkwkwk kayaknya kita pernah ketemu di sana dan belum kenal deh.baru dua hari yll akubke sana,buka puasa pertama hihi..aku sering banget ke sana mbak.murmer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaakkk ternyata sering ke sana toh. Kayaknya soal ceker ini kita satu selera ya mbakkk... besok kesana bareng kyu... :)

      Delete
  3. Replies
    1. Hhmmm, kenapa mb? Memang namanya "ceker" sih mbak... hahaha

      Delete
  4. ceker ayamnya bikin mupeng, laper, buka puasa belom makan apa apa lagi niy, Nisa niy paling pinter urusan makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil belajar me-review makanan dan tempat makan dengan menarique mba :)

      Delete
  5. Murah eh, kujadi ingin menikmatinya. Buka puasa di sini kira kira rekomendasi gak? Mau bawa kawan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo ki murce murah ceria, gass ajakin cemewew kamu...

      Delete
  6. Serba ceker gini auto share ke pak suami ah. Ceker itu menu kesukaannya soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga reviewnya bermanfaat buat para penggemar ceker... monggo dicoba...

      Delete
  7. Ya Allah, kenapa aku bacanya pas masih puasa gini ya? Bikin pengin aja 😆😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow~ Monmaap yhaa... Kalo dah buka mampir aja ke sini... :D

      Delete
  8. Segerrrr pastiiii. Sangat mantap kalo dimakan panas-panas nih.. maksudnya panas kuahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup iya mbak, enak dimakan pas masih anget kuahnya...

      Delete
  9. ini tempat favorit aku bebs! kalo pulang dari petshop sering makan disini. sop sapinya juga enak seger kalo abis masuk angin jos banget deh

    ReplyDelete
  10. Apakah setelah memakan sop ceker ini atimu dadi glowing karena padhang? Eaaaa. Tapi jan, nek pas kuahnya masih panas gitu, aduuuh pasti nikmat bangeeeet :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakjane dadi ketok kabeh ki mergo padhan, wkwk #apasih
      Cocok nggo buka puasa kihhh...

      Delete
  11. Huhuhu.... Puasa pas mampir kesini, lihat sup ceker langsung halu, ngebayangin lezatos. Kepo kalau seporsi sop harga 12.500 dpt ceker berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, maap ya mak ririe.. :D
      Ini isinya 4 ceker mak...

      Delete
  12. Replies
    1. Bhaique.. drpd ku diprotes dgn kata "qdrjk" ayok makan bareng

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe