Kuliner Asli Bali di Jogja : Ayam Betutu Hajah Tini

January 13, 2021

AYAM BETUTU HAJAH TINI JOGJA

Sajikan Kuliner Asli Bali : Ayam Betutu Hingga Nasi Campur. HALAL!

 

Kamu tinggal di Jogja, atau sedang berada di Jogja, tapi pengen makan makanan khas bali yang halal? Sabi… Datang aja ke salah satu destinasi kuliner di Jogja Selatan : AYAM BETUTU HAJAH TINI JOGJA! Lokasinya ada di Jl. Wiyoro Lor No. 23 Wiyoro, Baturetno, Banguntapan, Bantul, DIY. Sesuai namanya, rumah makan ini menyajikan menu khas ayam betutu sebagai menu andalan. Meski berada di Jogja, Ayam Betutu Hajah Tini menghidangkan menu dengan citarasa khas Bali, yang pastinya halal nan thayyiban…

 

Lokasi rumah makan ayam betutu jogja ini nggak begitu jauh dari rumahku, hanya sekitar tiga sampai lima menit perjalanan. Dulu, setiap hari, sebelum berhenti bekerja dari kantor itu, aku nggak pernah absen lewat depan rumah makan ini. Lha wong deket banget dari kantor… Dilihat dari luar, rumah makan ini terlihat seperti rumah biasa, dengan material bangunan didominasi kayu. Tapi tenang saja, bagian luarnya ada papan penunjuk rumah makan berwarna mencolok. Jadi kemungkinan kesasar itu kecil banget, gaes. Apalagi sekarang ada peta online, tinggal buka googlemaps dan ketik keyword “ayam betutu hajah tini.”

 

Ayam Betutu adalah kuliner khas bali yang diolah menggunakan rempah. Tini Pariantini, pemilik rumah makan AYAM BETUTU HAJAH TINI JOGJA, mengolah ayam betutu dari dari ayam kampung pilihan yang dimasak dengan rempah khas Bali. Ia sudah berpengalaman dalam mengolah makanan khas Bali, karena ia sendiri berasal dari Bali. Asli! Bumbu dan rempah yang digunakan, cara mengolah ayam betutu, sama persis dengan di Bali. Sebelum dimasak, ayam dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang, dilapisi alumunium foil.

 



 

“Di Rumah MAKAN AYAM BETUTU HAJAH TINI JOGJA, bumbu ayam betutunya meresap sampai ke dalam daging ayamnya. Rasa ayam betutu cenderung gurih dan pedas dengan aroma daun jeruk serta jahe. Tapi rasa yang dominan adalah kunyitnya, gurih dengan sedikit sensasi pahit. Teksturnya empuk dan lembut, sampai dagingnya mudah lepas dari tulang-tulangnya…”

 

Ada dua pilihan porsi ayam betutu yang ditawarkan, yaitu ayam betutu ekoran dan ayam betutu potongan. Ayam betutu ekoran cocok banget buat makan rame-rame. Ada yang special nih pada menu ayam betutu ekoran : bagian dalamnya ada daun singkong berbumbu, yang cocok banget dimakan bareng ayam betutunya. Kali pertama ke sana bareng temen-temen, jadi sekalian pesan ayam betutu ekoran. Aku suka banget nasi ayam betutunya +daun singkong. Kalau ayam betutu potongan, KAWAN RANSEL bisa menikmatinya dalam porsi paket.

 

Ayam Betutu nikmat dimakan bersama nasi hangat, dengan sambal matah yang segar. Jangan lupa makan sambal matahnya, gaes. Karena sambal matahnya itu segerr bangettt. Pedas dan asinnya pas, sedikit gurih… Lihat foto sambal matahku, menggoda banget, kan! Selain menyajikan ayam betutu, AYAM BETUTU HAJAH TINI JOGJA juga menyajikan hidangan khas bali lainnya. Ada sate lilit, plecing kangkung, dan beujek kacang panjang.

 

Aku sangat merekomendasikan sate lilit dan plecing kangkungnya, kamu harus coba! Sate lilit terbuat dari daging ayam giling yang dicampur bersama parutan kelapa muda yang diberi bumbu rempah, baru dibakar sampai sedikit gosong. Rasanya gurih, sedikit pedas, dan aroma bumbu rempahnya kuat. Aslinya sate lilit dililitkan di batang serai, tapi di sini sate lilit dililitkan di batang bambu biasa.

 




 

Nah, aku juga suka banget sama plecing kangkungnya nih, apalagi sambalnya itu loh. Kangkung rebus dinikmati bersama sambal terasi tomat yang diuleg kasar dan kacang tanah goreng itu nikmatnya ruar biasa, gaes. Kalau beujek itu sebenernya salah satu masakan khas Bali juga. Bahan dasarnya adalah kacang panjang rebus dan bumbu santan kuning. Keduanya dimasak terpisah, baru kemudian dicampur dengan cara di-beujek atau diremas-remas. Sayur ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain, misalnya tauge. Kalau beujek kacang panjang ini aku nggak terlalu suka. Haha!

 

Rumah makan ini juga menyediakan nasi campur, loh. Nasi campur adalah makanan khas bali lainnya berupa nasi putih yang disajikan bersama sayur dan lauk yang beragam. Di rumah makan ini, seporsi nasi campur terdiri dari nasi, ayam betutu, sate lilit, kulit crispy, kacang tanah, telur dadar, sayur bejeuk kacang panjang, +plus sambal matah segar. Kalau pesan nasi campur, KAWAN RANSEL sudah bisa menikmati beragam masakan khas bali dalam satu hidangan. Jadi kalau mau makan ayam betutu, atau menu khas Bali lainnya nggak usah jauh-jauh ke Bali~ Cuss ke sini ajaa…

 

Ayam kremes dan aneka kerang juga layak kamu coba jika berkunjung ke rumah makan ini.

 



 

Ingat, RANSEL MUNGIL selalu merekomendasikan kuliner enak dengan harga terjangkau *Kalaupun mahal dikit, pasti worth it!

 

#

 

‒ Teks & Foto : Nisya Rifiani ‒

Don’t copy any materials in this blog without permission

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe