Yuk, Cobain Daging Asap Wanarasa, Kuliner Baru di Jogja

January 05, 2021

ADA RESTORAN DAGING ASAP BARU DI JOGJA, NIH! YUK, COBAIN DAGING ASAP WANARASA.

 

Halo, KAWAN RANSEL! Di tahun baru ini, sudah kulineran ke mana aja?

Udah tau belum? Ada Restoran Daging Asap Baru di Jogja, nih! Namanya “Daging Asap Wanarasa”.

Nah, kali ini, aku mau cerita sedikit tentang restoran daging asap di Jogja ini. Tempatnya ada di kawasan utara Kota Jogja, tepatnya di Jl. Bulusan, Jetisbaran, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Untuk menuju ke sana, kita bisa lewat Jl. Palagan atau Jl. Kaliurang. G-Maps Ready dengan keyword : “Daging Asap Wanarasa”. Tempatnya asyique, deh, menu makanannya juga beda dengan yang lainnya… Yuk, simak review-ku berikut ini…

 

#

 

*

 

WOW! GIMANA RASANYA DAGING ASAP 20 JAM?

 

Apa menu yang disajkan di Restoran DAGING ASAP WANARASA JOGJA? Tentu aja DAGING ASAP, dong! Dagingnya daging sapi, bukan daging lain loh ya… Sedikit berbincang dengan salah satu pengelolanya, mereka mengatakan sebelum diolah menjadi masakan, daging dimasak dengan teknik pengasapan ala Amerika. Lamanya kurang lebih 20 jam. Lama banget hampir satu hari! Yaampun, apa pas nunggunya nggak pegel tuh?! Setelah melalui proses yang tidak sebentar itu, daging diiris tipis memanjang, untuk selanjutnya disajikan atau diolah jadi masakan.

 

Daging yang disajikan diolah ala Amerika, dengan cita rasa Indonesia. Daging asap yang sudah siap makan dan siap olah ini teksturnya lembut, empuk, dan nggak alot. Masih terasa juicy walaupun irisan dagingnya tipis. Ada sensasi smoky *ya iyalah kan daging asap. Untuk rasa original daging asap di resto ini asin gurih sedikit mendominasi rasanya. Penampakannya, bagian luar berwarna cokelat tua, dalamnya kecoklatan masih ada merah-merahnya. Tapi yang sudah diolah matang warnanya coklat khas.

 

Saat makan di Restoran DAGING ASAP WANARASA JOGJA, aku cobain tiga menu yang berbeda. Yaitu Daging Asap (Original) Sambal Matah, Daging Asap Tumis Pedas, dan Nasi Goreng Daging Asap. Hhmmm, sebenernya memang hanya ada tiga menu itu aja, sih. Ada menu lain tapi yang membedakan adalah pilihan sambal pada menu Daging Asap (Original), yaitu sambal matah atau sambal uleg. Juga pilihan porsi (small atau regular) dan menu paket dengan nasi atau tanpa nasi. Oke, karena aku lagi selo, aku akan bahas menunya satu per satu, ya. CEKIDOT!

 #

 


 

DAGING ASAP (ORIGINAL) SAMBAL MATAH

 

Menu ini adalah menu daging asap original di Restoran DAGING ASAP WANARASA JOGJA. Daging asap yang sudah matang langsung disajikan, udah gitu aja alias nggak diapa-apain lagi. Rasa daging asap original ini sudah aku ceritakan di atas. Menu ini disajikan bersama sambal dan nasi hangat, plus aneka sayuran sebagai pelengkap. Pilihan sambalnya ada dua : sambal matah dan sambal uleg. Sayuran pelengkapnya ada beberapa irisan wortel, buncis, dan labu siam yang direbus matang, serta selada segar.

 

Sebagai penggemar masakan dengan rasa yang kuat, aku tidak begitu cocok dengan menu daging asap original ini. Kayak kurang nendang gitu, lho! Pilihan sambalnya aku pilih sambal matah, lagi-lagi aku kurang cocok dengan rasa sambalnya. Memang pedas dan enak, tapi kurang gurih sedikit, dan kurang kuat rasanya. Saat sambal dimakan bersama dengan daging asap, di mulut terasa kurang menyatu.

 

Untuk padanan sayurannya yang direbus tanpa bumbu juga rasanya plain banget. Nggak tahu lagi kenapa padanan menu-menunya begitu ^^. Ada satu lagi pilihan sambal, yaitu sambal uleg, tapi waktu itu aku lupa pesan menu itu juga. Padahal alangkah menyenangkannya kalau bisa merasakan sambel uleg juga, jadi bisa membandingkan kedua sambal itu.

 

Oh, ya, hmm, nasinya perlu di-review nggak nih? Hihihi… Jadi nasi yang disajikan tipe nasi pulen, tapi hasil menanaknya saat itu agak lembek. Dan saat nasi dicetak pasti ditekan-tekan ye kan, nasinya jadi padat dan menempel satu sama lain. Nah, aku kurang suka nasi yang seperti itu. Pengennya nasi yang normal aja… Dan satu porsi nasi itu ukuranya kecil banget (baca: sedikit). Menurutku kurang banyak yah. Jadi, menurut opiniku, aku kurang cocok dengan menu ini, habis rasanya serba plain dan overall nggak nge-blend gitu lho gaes…

 

Harga Daging Asap (Original) Sambal Matah / Uleg

Small : Rp 22.000,- (belum dengan nasi)

Reguler : Rp 28.000,- (belum dengan nasi)

 

Sambal Matah / Sambal Uleg Ekstra : Rp 3.000,-

Nasi Putih : Rp 4.000,-

 #

 


 

DAGING ASAP TUMIS PEDAS

 

Menu selanjutnya! Ini menu yang aku rekomendasikan! Kalau kamu makan di Restoran DAGING ASAP WANARASA JOGJA, pesan menu ini aja : DAGING ASAP TUMIS PEDAS! Menu ini merupakan olahan daging asap original. Jadi daging asap original diolah lagi dengan cara ditumis dengan beberapa bumbu dan rempah, serta tambahan bahan lain. Tentu menjadikannya lebih kaya rasa! Tambahan bahan lain itu diantaranya potongan lombok ijo dan lombok rawit, serta bawang bombay yang banyak.

 

Dengan hadirnya bumbu dan bahan lain itu, rasa daging asapnya nggak hilang gitu aja, justru jadi lebih terasa kuat. Bawang Bombay-nya punya peran penting nih yang membuat cita rasa daging asap lebih “keluar”. Rasa pedasnya pas, berpadu dengan rasa manisnya yang juga pas. Overall rasa masakannya balance, pokoknya nyatu!

 

Harga Daging Asap Tumis Pedas : Rp 28.000,- (porsi regular, belum dengan nasi)

 #

 


 

NASI GORENG DAGING ASAP

Next, aku cobain Nasi Goreng Daging Asap. Menurutku menu yang satu ini layak jadi salah satu menu jagoan di Restoran DAGING ASAP WANARASA JOGJA. Penggunaan bumbu dan rempahnya berani, nih, rasa nasi goreng jadi benar-benar enak. Apalagi dengan tambahan daging asapnya, rasanya menyatu. Rasa daging asapnya juga nggak tenggelam begitu aja. Nasi yang digunakan jenis nasi pera, nasi yang pisah-pisah gitu lho.

 

Nasi Goreng Daging Asap disajikan bersama telur mata sapi. Agaknya mereka pengen bikin setengah matang, tapi yang disajikan matang. Lalapan dan kerupuk jadi pelengkap menu ini. KAWAN RANSEL bisa request tingkat kepedasannya.

 

Harga Nasi Goreng Daging Asap : Rp 22.000,-

 #

 


MINUMAN

 

Sejujurnya, menu minuman yang disajikan kurang bervariasi dan kurang cocok dengan menu utama. Siapa yang setuju kalau seusai makan daging itu enaknya minum yang ringan dan nyegerin??? Misalnya, jus buah atau soda buah. Tapi pilihan minuman diantaranya ada teh dan kopi, sama sekali nggak cocok kan… Bahkan jeruk pun tyda ada! Mungkin yang paling mashok adalah kelapa muda. Namun ada pilihan minuman yang layak kamu coba yaitu es tape kelapa. Tapi ini lebih ke dessert sih menurut aku…

 

Harga Minuman : Mulai Rp 3.000,- s/d Rp 10.000,-


#

 

ALAMAT DAGING ASAP WANARASA

Jl. Bulusan, Jetisbaran, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman.

 

[ Map ]

 

Map

 

#

 

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

 

‒ Teks & Foto : Nisya Rifiani ‒

Don’t copy any materials in this blog without permission

 


 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe