Taman Kenyang Sumringah, Tempat Makan Istagenik di Jogja

January 23, 2021

TAMAN KENYANG SUMRINGAH

TEMPAT MAKAN INSTAGENIK BERWARNA CERIA DI JOGJA

 

KAWAN RANSEL pernah berkunjung ke Alun-Alun Selatan Kota Jogja?

Alun-Alun Selatan adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Jogja, loh… Jika Kawan Ransel menyusuri jalan yang berada di sebelah timur Alun-Alun, kamu akan menemukan sebuah tempat makan lucu, letaknya pas banget di sudut perempatan jalan. Nama tempat makan ini “TAMAN KENYANG SUMRINGAH”. Bangunan Taman Kenyang Sumringah ini asalnya dari rumah biasa, tipe rumah jaman dulu yang luas. Di dalamnya ada ruangan-ruangan layaknya rumah tinggal, tiap ruangan ada jendela. Kalau dilihat dari visual bagian luar, nggak seperti tempat makan. Lebih seperti taman kanak-kanak…

 

DISCLAIMER

Usai liputan sebuah event dari Taman Budaya Yogyakarta, aku dan beberapa teman memutuskan untuk makan siang di TAMAN KENYANG SUMRINGAH. Itu sebelum pandemi, dan setelah itu aku belum ke sana lagi. Di tahun ini (2020/2021), −di tengah pendemi ini, aku juga nggak tahu apakah tempat makan ini masih buka atau enggak. Karena Jogja sempat menerapkan pembatasan wilayah dalam waktu yang cukup lama. KAWAN RANSEL yang mau ke tempat ini sebaiknya cek dulu, bisa intip media sosialnya : IG @sumringahid, atau intip Google Local Guide. Aku akan cerita sedikit tentang tempat ini, dan pengalaman ketika makan di sana.

 

*

 

TAMAN KENYANG SUMRINGAH ini kalau penyebutannya disingkat jadinya TK Sumringah. Ya menurutku pas banget sih… Ragam cat dindingnya berwarna-warna, ada beberapa permainan seperti ayunan dan perosotan. Di dalamnya nggak kalah berwarna, meja-meja aneka rona, juga dinding-dinding dan dekorasinya bergaya anak-anak. Ditambah dengan playground, perosotan, dan taman baca anak di sudut salah satu ruangan. Furniturnya juga kekanakan tak berkelas, meja dan kursinya bergaya kekunoan, terbuat dari besi yang dicat warna-warni. Tiap ruangan ada jendela yang selalu terbuka, karena itu tiap ruangan dilengkapi dengan kipas angin.

 

Hanya satu ruangan saja yang dilengkapi dengan AC, yaitu ruang VIP. Tapi ruangan khusus ini nggak cukup luas, jadi kurang nyaman juga. Bangunan TAMAN KENYANG SUMRINGAH ini asalnya dari rumah biasa yang disulap jadi tempat makan, jadi ketika ngobrol itu serasa menggema. Suara terkesan jadi lebih keras, apa yang sedang dibicarakan di meja kita bisa jadi terdengar di meja sebelah, begitu juga sebaliknya. Kalau kita bicara atau tertawa terlalu keras, bisa mengganggu orang lain, begitu juga sebaliknya. Cukup menggelitik privasi… Selain tempat makan indoor ada juga tempat makan outdoor, tepatnya di bagian teras, depan teras, dan bagian samping.

 

*

 

Buatku, tempat ini jelas bukan tempat yang nyaman, untuk sekadar me time, bertemu teman masih boleh lah, buat meeting bareng klien big big no. Itulah alasannya aku belum balik lagi ke sini…^^ Tapi memang harus diakui, TAMAN KENYANG SUMRINGAH ini instagenic sekali, cocok buat foto-foto. Tiap sudutnya bagus buat foto, ya tergantung angle pengambilan foto dan kamera yang dipakai, sih. Kalau nggak pandai motret, ya, jelek. Di sini, bahkan tersedia spot-spot yang memang khusus buat foto aja, memang property untuk foto gitu. Waktu pertama kali buka, tempat ini sempat nge-hits, loh.

 

TAMAN KENYANG SUMRINGAH emang paling cocok buat keluarga muda, apalagi yang punya anak kecil. Pasti seneng banget makan di sini, bunda nggak perlu khawatir karena tempat ini menyediakan fasilitas bermain yang cukup lengkap, anaknya sendiri pasti happy deh. Kalau aku, honestly kurang cocok dengan tempatnya, ya. Hal yang mungkin membuat aku balik ke sini lagi suatu saat nanti mungkin karena menu-menu makanannya… Pilihan menu di sini lengkap banget, mulai dari snack, appetizer, soup, main course, dessert, sampai beverage-nya, ada menu local dan western. Ini saatnya intip makanan pesananku : BURGER ALA SUMRINGAH.

 

Ini lho, Burger Ala Sumringah, dari awal pasti klean kemecer karena liat fotonya kan… Memang terbaik nih pesananku~ Aku senang karena pesananku nggak zonk. Tampilannya cantik, rasanya enak, porsinya juga besar, nih! Seporsi burger ini ukurannya guede, loh, disajikan bersama fried fries alias kentang goreng, dan salad sayur, +plus saus sambal.

 

Rasa buns atau rotinya sih biasa aja, yang istimewa tentu aja patti-nya! Daging sapi giling yang udah dibumbui, dipanggang garing di luar, teksturnya crunchy. Walaupun penampakannya kayak gosong gitu tapi rasanya nggak pahit sama sekali. Dan justru aku suka yang seperti itu, aku curiga kokinya bisa baca pikiran pengunjung ^^ Patty-nya ini rasanya juara banget! Saus patti-nya juga enak, manis gurih, dan ngasihnya banyak dong. Di layer bun-nya ada dua onion ring berbalut tepung yang masing-masing ukurannya cukup besar. Kejutan banget! Nggak tanggung-tanggung nih burgernya.

 

Sayur disajikan terpisah dalam bentuk salad yang terdiri dari selada, paprika, jagung, wortel, kacang polong, dengan balutan saus mayonnaise yang manis tapi segar. Sebagai penggila sayur, porsi sayur yang disajikan kurang banyak, hehe. Coba tebak apa lagi yang bikin mengenyangkan! Yup, potongan kentang goreng yang banyak. Selain potongannya yang cantik dengan taburan daun parsley kering, kentang goreng ini beneran ini bikin kenyang! Aku lebih suka menyantap burger ini dengan saos tomat dibanding saos sambal.

 

Menurutku Burger Ala Sumringah ini SEMPURNA!

Rekomended banget~ KAWAN RANSEL bisa pilih menu ini kalau bingung mau pilih menu apa. Harganya menurutku juga affordable banget kok, sekitar 37K belum termasuk pajak.

 

Pesanan temanku yang lain?

Aku sempet icip-icip menu temanku, dia pesan (kalau nggak salah) Creamy Blackpepper Chicken. Pokoknya daging  ayam panggang dengan saus blackpepper gitu, disajikan bersama fried fries dan salad juga. Temanku yang lain pesan nasi goreng. Aduh apaan sih, masa’ jajan di café lucu kaya gini pesennya nasi goreng *LOL. Ulasan tentang Creamy Blackpaper Chicken dan Nasi Goreng aku skip aja, ya. Oh, ya, aku nggak pesan minum, karena aku bawa air minum sendiri. Kedua temanku masing-masing pesan smootie dan lemon squash. Tapi karena nggak instagenic, jadi nggak aku potret, hehehe.

 

Aku yakin ada banyak menu lain yang enak-enak, terutama menu western-nya. Jadi kalau sini, pesennya menu western-western aja, atau kalau mau nyoba menu local, pilih menu yang unik. Someday, kalau lagi pengen, mungkin aku akan berkunjung lagi ke TAMAN KENYANG SUMRINGAH. Dan pastinya aku akan nyoba menu-menu western-nya, +plus bikin review yang bagus nggak apa adanya kayak gini.

 

Eh, KAWAN RANSEL udah pernah ke sini belum, sih? Jangan-jangan udah pernah, nih…

Kalau belum, jangan lupa mampir, ya. Yang udah pernah, share dong pengalam kamu di kolom komentar.

 

#

 

ALAMAT TAMAN KENYANG SUMRINGAH

Jl. Langenastran Lor No. 31 Panembahan, Kraton, Kota Jogjakarta, DIY.

 

‒ Teks & Foto : Nisya Rifiani / January 2021 ‒

Don’t copy any materials in this blog without permission

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe