Jelajah Wisata Bandung Pesona Priangan

February 02, 2021


MEET-UP NUSANTARA #3 INDONESIAN LOCAL GUIDE

JELAJAH WISATA BANDUNG PESONA PRIANGAN

 

“Meet-Up Nusantara #3 Coming Soon! Bandung!”

Begitulah pesan singkat yang tertulis dalam sebuah grup chat komunitas local guide (pemandu lokal) yang aku ikuti. Waahhh, aku langsung tertarik ikutan event-nya dong... Aku cepat-cepat daftar supaya nggak kehabisan kuota untuk bisa ikutan event yang diselenggarakan pada Medio Agustus 2019.

IYA, UDAH LAMA SIH, TAPI AKU TETEP MAU CERITA, BIARIN DEH YAAA…

 

 

Oh, ya, sebelumnya aku mau cerita dulu nih tentang Local Guide dan Meet-Up Nusantara...

 

SIAPA LOCAL GUIDE?

LOCAL GUIDE ialah para kontributor Google Local Guide, mereka yang berbagi informasi melalui aplikasi Google Maps / Google Local Guide. Coba kamu lihat di smartphone-mu, pasti ada aplikasi Google Maps. Kalau OS-nya Android biasanya udah tersedia di HP, kalau IOS biasanya harus download dulu. Nah, kamu juga bisa berkontribusi di Google Local Guides, baik menambahkan informasi, foto, maupun video. MEET-UP NUSANTARA (MUN) adalah sebuah agenda tahunan yang mempertemukan Local Guides dari seluruh Indonesia. Dalam ajang ini, Local Guides saling menjalin silaturahmi, berbagi ilmu, dan menambah wawasan. Semua Local Guides boleh mendaftar Meet-Up Nusantara, baik yang independen (non-komunitas), maupun yang terhubung lewat komunitas. Meet-Up Nusantara ke-3 digelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya gelaran ini diselenggarakan di Kota Batu, Jawa Timur, dan Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

ABOUT THE EVENT

Tahun 2019, Meet-Up Nusantara kembali diselenggarakan. Event nasional kali ketiga ini dipusatkan di Kota Bandung, Jawa Barat, dan berperan sebagai tuan rumah adalah BANDUNG LOCAL GUIDE. Perhelatan tahunan ini digelar selama tiga hari, rangkaian acara dimulai Jumat, 23 Agustus 2019 hingga Minggu, 25 Agustus 2019. Tema event tahunan kali ini adalah BANDUNG PESONA PRIANGAN. Tagline ini menggambarkan bagaimana semua orang bisa mengenal Jawa Barat, baik dari perspektif seni, sains, adat, maupun budaya, serta kehidupan sunda melalui satu wilayah yaitu KOTA BANDUNG. Selama tiga hari, kami melakukan banyak kegiatan. Yaitu mengikuti seminar, dan offcourse jalan-jalan ke sederet tempat wisata keren di Bandung!

 

 

“Kota Bandung punya daya tarik wisata yang beragam. Bagiku, Bandung adalah satu kota favorit. Tiga kali sudah aku berkunjung ke sana. Nah, berdasarkan event yang aku ikuti ini, aku punya beberapa referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.”

  

#1 OBSERVATORIUM BOSSCHA

Tempat ini adalah tempat yang paling ingin aku kunjungi sejak dulu, tepatnya setelah aku nonton film “Petualangan Sherina”. Wah! Ketahuan anak lama nih, hihihi… OBSERVATORIUM BOSSCHA merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Berkunjung langsung, dan melakukan peneropongan bintang langsung di malam hari jadi pengalaman tersendiri yang nggak akan pernah terlupa!

 

Baca Selengkapnya...

(Belum selesai aku review ya, gaes. Akan aku update kalau artikelnya sudah tayang di Blog #RanselMungil)

 #

 

 #2 MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

Museum ini adalah tempat yang tepat buat berwisata sambil belajar materi ilmu geologi, tanpa takut bosan, gaes. Karena informasi disajikan dalam visual yang menarik, dengan teknologi digital yang atraktif, yang pasti bisa memanjakan para pengunjung. Koleksi yang dimiliki MUSEUM GEOLOGI BANDUNG bukan hanya milik museum maupun negara, melainkan koleksi dunia juga.

 

Baca Selengkapnya...

(Belum selesai aku review ya, gaes. Akan aku update kalau artikelnya sudah tayang di Blog #RanselMungil)

 #

 

  

#3 MUSEUM POS INDONESIA

Bagi kamu yang suka surat-menyurat, hobi mengoleksi prangko, alias filateli, MUSEUM POS INDONESIA DI BANDUNG wajib kamu kunjungi! Masuk ke dalam museum rasanya seperti melewati lorong waktu, cius. Serasa diseret ke masa lampau dimana alat komunikasi serba terbatas. Dulu belum ada smartphone kaya sekarang, gaes! Museum ini ada hal-hal menarik soal cara berkomunikasi sebelum era internet…

 

Baca Selengkapnya...

(Belum selesai aku review ya, gaes. Akan aku update kalau artikelnya sudah tayang di Blog #RanselMungil)

 #

 

#4 MUSEUM GEDUNG SATE BANDUNG

MUSEUM GEDUNG SATE BANDUNG barangkali adalah museum paling keren yang pernah aku kunjungi. Museum ini merupakan smart museum yang memberikan informasi mengenai bangunan bersejarah Gedung Sate, Bandung, menggunakan teknologi digital. Museum ini disebut sebagai museum tercanggih dan museum interaktif pertama di Indonesia! Penasarannn…???

 

Baca Selengkapnya...

Menjelajah Museum Gedung Sate Bandung, Bisa Naik Sampai Menara!

 #

 



#5 MASJID LAUTZE 2 BANDUNG

Dari kejauhan, masjid ini sudah menarik perhatian para pejalan yang melintas di jalan raya. Dari luar, bangunannya tidak seperti masjid pada umumnya, rona dinding dan hiasan bangunannya terlihat kental bergaya oriental. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini merupakan pusat kegiatan umat dan mualaf center, terutama bagi muslin Tionghoa. Yuk, cobain sholat di sini!

 Baca Selengkapnya...

Masjid Lautze 2 bandung, Masjid BernuansaOriental di Kota Bandung

  #

 

#6 MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA DAN GEDUNG MERDEKA

Di museum ini tersimpan koleksi foto dokumentasi sejarah pelaksanaan Konferensi Asia Afrika. Bangunan museum mempertahankan bentuk aslinya, tapi di dalamnya ternyata keren banget, gaes! Museum ini dilengkapi panel-panel menarik dan ruang audio visual. Asyique-nya kita bisa melihat, bahkan masuk, ke ruangan konferensi bersejarah tempat berlangsungnya KAA.

 

Baca Selengkapnya...

(Belum selesai aku review ya, gaes. Akan aku update kalau artikelnya sudah tayang di Blog #RanselMungil)

 #

 


#7 HOTEL SAVOY HOMANN BANDUNG

YES! Dapet kesempatan room tour di Hotel Savoy Homann Bandung! *Room tour doang, kaga nginep. Hotel ini punya catatan sejarah tersendiri, yaitu menjadi tempat menginap tamu-tamu penting Konferensi Asia Afrika. Karena memang jarak kedua gedung memang berdekatan. Aku mengunjungi kamar Presiden Soekarno, beliau memang sering bermalam di hotel ini saat berkunjung ke Bandung.

 

 Baca Selengkapnya...

(Belum aku review ya gaes. Akan aku update kalau artikelnya sudah tayang)

#

 

#8 MIH KOCOK BANDUNG “MANG DADENG”

Sudah pernah coba mih kocok ala Bandung? Mih Kocok adalah hidangan mi yang dimasak dengan kuah kaldu sapi, mi-nya menggunakan mi yang teksturnya lembut. Yang membedakannya dengan sajian mi nusantara dari daerah lain adalah kuah kental dan sederet isiannya. MIH KOCOK MANG DADENG adalah salah satu mih kocok yang paling terkenal, cabangnya ada di beebrapa titik di Kota Bandung. Kamu harus cobain!

 

 Baca Selengkapnya...

Mih Kocok Bandung Mang Dadeng

 #

 

#9 BELANJA OLEH-OLEH DI KAWASAN CIHAMPELAS BANDUNG

Mumpung udah di Bandung, jadi sekalian jalan-jalan ke Kawasan Cihampelas Walk Broadway Street. Wuik~ keren ya namanya, kalau disingkat jadi CIWALK : pusat belanja, kuliner, dan beli oleh-oleh.

 

Baca Selengkapnya...

(Belum selesai aku review ya, gaes. Akan aku update kalau artikelnya sudah tayang di Blog #RanselMungil)

#

 


#10 MUSEUM KOTA BANDUNG

Di sini, kamu bisa belajar sejarah berdirinya Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, sekaligus perkembangan seni, budaya, dan teknologi di Kota/Kabupaten Bandung. Asyique kaannn! Nah, buat yang belum sempat berkunjung ke MUSEUM KOTA BANDUNG, simak dulu pengalamanku menjelajah museum ini. Siapa tahu kalian bisa mampir suatu saat nanti...

 

Baca Selengkapnya...

Museum Kota bandung, Wisata Edukasi danInformasi Sejarah Kota Bandung

 #

 

RIFIA NISYA

Don’t copy any materials in this blog without permission

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe